cara mengatasi ngantuk

Cara mengatasi ngantuk saat bekerja atau belajar yang sering kali tidak tertahankan dan sangat mengganggu. Rasa kantuk yang menyergap kadangkala membuat rasa malas dalam bekerja maupun belajar. Kantuk yang menyerang juga mengakibatkan kinerja tidak optimal, daya serap belajar menurun drastis, tidak bisa konsentrasi penuh ketika bekerja dan belajar serta amat berbahaya dan menjadi penyebab kecelakaan dan malapetaka bila menimpa orang yang bekerja di area umum seperti sopir, satpam (sekuriti) dan pengantar pos.

cara mengatasi ngantuk

Kantuk seringkali disebabkan oleh rasa lelah akibat aktivitas padat, kurangnya asupan makanan cukup, kurang tidur akibat bergadang malam, atau memang penyakit turunan. Kantuk sangat mengganggu terutama bagi pekerja dan pelajar di tengah kesibukannya. Namun, kabar baiknya, Sobat yang suka mengantuk di saat bekerja atau di saat belajar bisa kok mengatasinya dengan cara-cara sederhana dan tetap sehat.
Cara Mengatasi Ngantuk Berlebih Saat Bekerja

Berikut ini adalah beberapa tips cara mengatasi ngantuk berlebih yang sering kali timbul saat sobat bekerja, simak yuk.

Dinginkan kondisi kepala
Cara ini bisa dilakukan dengan minum air dingin atau minum es dicampur jeruk nipis atau lemon. Rasa dingin dan kombinasi rasa masam akan membantu kondisi sadar dan mengusir rasa kantuk minggat. Bila masih ngantuk juga, maka ambil air dingin atau es, lalu basuh ke wajah, tengkuk dan kepala. Segarnya rasa dingin akan membantu membuat rasa kantuk minggat.

Ngemil dan mengunyah permen
Cara lain mengusir kantuk adalah dengan mengemil makanan ringan seperti keripik pedas, kacang, serta cemilan lain. Jangan makanan berat seperti nasi, lontong dan sebangsanya yak arena makanan berat malah menambah rasa kantuk makin menjadi-jadi. Di samping itu, menguyah permen juga membantu mengusir rasa kantuk. Banyak permen pengusir rasa kantuk seperti Kopiko, serta permen lain juga boleh. Permen karet dan kesibukan mengunyah karet juga membantu rasa kantuk lekas hilang. Bagi Sobat yang kebetulan guru sekolah atau dosen, tolong izinin siswa atau mahasiswa menguyah permen di kelas ya karena membantu mengusir rasa kantuk hilang dan tidak mengurangi konsentrasi belajar.

Olahraga ringan
Bagi pekerja kantoran, sopir, guru, dosen serta siswa dan mahasiswa, bila kantuk menyergap, maka gerak-gerakkanlah tubuh Sobat baik dengan jalan-jalan ringan, keliling kompleks sekolah, kantor, kampus, serta bisa juga ditambah dengan membasuh wajah dengan air segar. Insya Allah rasa kantuk lenyap.

Cari kesibukan
Bagi sekuriti, penjaga perpustakaan atau pekerja yang tidak membutuhkan banyak aktivitas raga, maka sibukkanlah dengan membaca buku, membaca lembar kerja, atau kalau terasa bosan, baca komik, cerpen, buku agama. Masih bosan juga? bisa dengan mengisi teka teki silang (TTS) dan Sudoku. Namun bila tengah sibuk-sibuknya bekerja yang menuntut aktivitas raga banyak, maka bergabung dengan karyawan lain dan fokus bekerja agar otak menstimulasi konsetrasi ke pekerjaan, tidak lagi terasa mengantuk.

Dengarkan musik.
Biasanya banyak tempat kerja yang menyediakan loudspeaker besar agar musik dan lagu yang diputar didengar karyawannya. Ini membantu mengaktifan otak dan mengusir rasa kantuk.

Canda Tawa
Bagi pekerja kantoran, sesama dosen, guru atau siswa di kelas, bisa dengan bercanda tawa. Awali dengan hal-hal lucu, tapi jangan memancing orang emosi ya Sobat. Nanti bukan rasa kantuk yang hilang, malah menjadi area perkelahian. Becanda ya hehe
Cara Menghilangkan Rasa Kantuk yang Berlebihan

Bagaimana kalau rasa kantuknya sangat parah? Berikut ada cara bermanfaat untuk mengatasinya.

Minum Kopi
Minum kopi membantu menghilangkan rasa kantuk yang sangat parah karena kopi mengandung kafein. Cara ini sudah umum dan sudah membudaya di masyarakat kita. Selain segar, hangat, menambah energi juga membuat mata melek ya Sobat.

Teh Hijau
Ini hampir sama dengan kopi karena sama-sama mengandung kafein pengusir rasa kantuk. Meskipun belum dikenal luas di masyarakat kita, tetapi apa salahnya dicoba agar rasa kantuk hilang.

Menyanyi sambil mendengarkan musik menghentak
Sambil menyanyi dan mendengarkan musik menghentak apalagi musiknya mmebuat badan bergoyang dan sedikit bergerak, dijamin rasa kantuk hilang. Misalnya lagu India, rock dan dangdut.

Tidur
Ini adalah terampuh dari segala obat dari rasa kantuk. Bila rasa kantuk sudah tidak bisa diobati dengan obat apapun, itu artinya tubuh, mata, jiwa dan seluruh raga dan jiwa butuh istirahat total. Luangkan waktu 15-25 menit untuk tidur (istirahat) sejenak. Bila tidak bisa, minta izin kepada atasan, guru, dosen untuk pulang istirahat. Karena banyak kecelakaan terjadi karena orang memaksakan diri bekerja di saat mengantuk berat. Biarlah bolos sehari atau beresiko ditegur atasan gara-gara tidak masuk sehari untuk tidur istirahat, asal tidak rugi terkena kecelakaan ya Sobat. Maklum, manusia pada dasarnya punya rasa lelah, capek dan punya hak untuk istirahat dan tidur. Jadi, jangan terlalu dipaksakan ya.

Itu tadi beberapa info menarik tentang bagaimana cara mengatasi ngantuk berlebih yang terkadang datang saat sobat bekerja atau belajar. Kalau dirasa bbermanfaat, jangan lupa share ya.

Baca juga:

Waspadai Bahaya Memakai Sepatu High Heels

Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Mudah

Selamat mencoba.

Published by

sofiyatulmunawaroh

Nama : Sofiyatul Munawaroh NIM : 7211415112 TTl : Cilacap.25 Agustus 1997 Alamat : Cilacap Rombel : Akuntansi B Jurusan: Akuntansi Prodi : Akuntansi S1 Fakulas: Ekonomi Angkatan: 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: