Cara Memperbaiki Mouse Wireless Yang Rusak

Cara Memperbaiki Mouse Wireless Yang Rusak

Cara Memperbaiki Mouse Wireless Yang Rusak ~ Mouse merupakan salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai input device. Fungsinya tentu saja anda sudah tahu bukan?

Pada dasarnya mouse digunakan sebagai pointer atau penunjuk, dan memiliki beberapa fungsi penting lainnya seperti klik kanan, klik kiri dan juga scrool atau penggulung layar.

Sebagai pengguna komputer, barangkali Anda pernah mengalami mouse yang tidak berfungsi dengan baik, tidak bisa digerakkan, klik tidak berfungsi dan lain-lain.

Hal ini biasanya berkaitan dengan berbagai faktor terkait dengan software atau hardware komputer yang bermasalah.

Jadi, sebelum memutuskan untuk mengganti mouse wireless dengan yang baru, beberapa cara berikt ini bisa anda praktekkan untuk memperbaiki mouse yang bermasalah.

Trouble dan  Cara Memperbaiki Mouse Wireless yang Rusak

Berukut beberapa masalah yang umum terjadi pada mouse nirkabel dan cara memperbaikinya.

1. Koneksi bermasalah

Ketika mouse yang kita gunakan mengalami masalah loose connection atau kursor tidak merespon gerakan moouse, maka yang perlu kita lakukan adalah memeriksa koneksi wireless mouse yang tercolok di port usb komputer/laptop.

Cara Memperbaiki Mouse Wireless Yang Rusak

Bisa jadi wireless mouse receiver tidak terpasang dengan benar. Untuk memperbaikinya, unplug receiver mouse wireless dan plug atau colokkan kembali. Jika port bermasalah, silahkan ganti dengan mencolokkan mouse wireless receiver ke port yang lain.

2. Daya baterai lemah

Mouse wireless tentu saja tidak akan berfungsi normal ketika baterai mengalami low atau lemah. Untuk itu, buka cover tempat penyimpanan baterai mouse, dan ganti dengan yang baru.

mengganti baterai mouse wireless

Selain baterai lemah, masalah juga bisa terjadi ketika jangkauan sinyal dan penerima lemah. Gangguan sinyal terjadi ketika ada sinyal dari beberapa perangkat lain yang mengganggu koneksi mouse nirkabel, seperti lampu neon, radio, ponsel, dan benda logam lainnya.

Gangguan tersebut perlu dijauhkan dari mouse wireless agar perangkat mouse dan receiver dapat menangkap sinyal dengan baik.

3. Masalah software

Beberapa fitur khusus seperti tombol tambahan atau tombol akses cepat, memerlukan software tertentu untuk mendukung kinerja. Pada beberapa kasus tertentu, software tidak compatible dengan komputer atau bahkan gagal diinstal.

Untuk masalah ini, Anda boleh instal ulang software mouse wireless yang compatible.

Baca juga:

  • Merk Mouse Gaming Terbaik dan Terbaru
  • Cara Kerja Mouse Wireless
  • Jenis Jenis Mouse Komputer Dan Fungsinya

 4. Kerusakan perangkat

Pemakaian mouse wireless dalam jangka waktu lama bisa jadi penyebab mouse tidak berfungsi. Layaknya barang elektronik, mouse juga bisa mengalami kerusakan fisik. Untuk masalah ini, Anda bisa ganti dengan mouse wireless baru.

Harga mouse wireless saat ini sudah cukup murah. Di pasaran atau toko komputer harga mouse wireless bervariasi, mulai dari Rp 60 ribu hingga Rp 300 ribu. Mahal tidaknya mouse wireless tentu saja tergantung dari kualitas.

5.  Virus

Virus juga bisa menyebabkan mouse tidak bekerja dengan baik. Terkadang mengklik sendiri, kursor melompat tak terkendali, dan lainnya bisa jadi disebabkan oleh virus.

Gunakan antivirus berkualitas untuk menscan seluruh sistem komputer. Cek juga konfigurasi software tertentu yang mungkin mengalami perubahan dan menyebabkan mouse macet digunakan.

Untuk menghindari mouse wireless cepat mengalami masalah atau tidak berfungsi, sebaiknya gunakan baterai yang cukup berkualitas.

Selain itu bersihkan juga mouse pada meja pc Anda. Debu bisa juga menjadi penyebab adanya gangguan pada hardware yang kita gunakan.

sumber : https://www.perangkatkeras.net/cara-memperbaiki-mouse-wireless-yang-rusak/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: