Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi ~ Keyboard adalah perangkat yang tak terpisahkan dari laptop ataupun komputer. Kalau keyboard mengalami kerusakan atau tiba-tiba ngadat, nggak berfungsi.. Wah bisa kacau kan?

Keyboard

Kalau keyboard laptopmu nggak berfungsi, kamu bisa langsung ke tukang servis. Tapi sebenernya kamu juga bisa Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi sendiri, tanpa harus repot-repot membawa laptopmu ke tukang servis.

Kalau kamu mau Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi sendiri, ada 6 cara yang harus kamu lakukan, seperti yang di bawah ini:

1. Mendiagnosis masalah
Kalau kamu pas mencet-mencet keyboard, misal lagi ngetik sesuatu tapi ternyata nggak ada respon atau nggak ada huruf yang keluar saat kamu mengetik, jangan buru-buru menilai bahwa itu disebabkan keyboard laptop yang rusak.

Jika kejadian seperti itu, kamu bisa menekan semua tombol terlebih dahulu. Apakah ada beberapa atau 1 tombol yang masih berfungsi? Atau malah semua tombolnya tidak merespon ketika kamu pencet? Kalau semua tombol yang ada di keyboard laptopmu tidak berfungsi semua, bisa jadi yang rusak bukanlah keyboardmu tapi perangkat lunak yang ada di dalam laptopmu.

2. Bersihkan Tombol yang Tidak Berfungsi

Nah kalau ternyata ada beberapa tombol yang nggak berfungsi, kamu bisa mencoba membersihkan permukaan tombol yang nggak berfungsi itu dengan menggunakan kain serat yang sedikit dibasahkan.

Kamu juga bisa membuka tombol yang rusak tadi, siapa tau ada yang membuat fungsi tombol itu terganggu, seperti adanya debu dan lain sebagainya. Tapi hati-hati ya membukanya.. Jangan sampai malah menimbulkan kerusakan baru.

3. Lepaskan Tombol yang Tidak Berfungsi
Buat kamu yang mau membuka tombol yang tidak berfungsi, kamu bisa membukanya dengan bantuan gunting kuku dan tariklah keluar tombol tersebut. Terus gunakanlah hook kecil untuk menarik tombol yang rusak itu secara perlahan sampai kuncinya benar-benar tertarik keluar.

Selanjutnya kamu bisa mengangkat engsel plastik yang terliat di bawah bagian tombol tersebut dan bersihkan secara hati-hati.

Keyboard


4. Bersihkan Sensor Keyboard dengan Kain Kering

Bersihkan sensor pada keyboard secara hati-hati. Meskipun bentuknya hanya sebuah garis, sensor adalah penggerak tombol keyboard. Kamu bisa membersihkannya dengan kain serat yang kering untuk membersihkan debu atau partikel yang mengganggu fungsi tombol keyboard.

Ingat, jangan kamu bersihin pakai kain basah ya.. Soalnya bisa mempertinggi resiko kerusakan keyboard. Berhati-hatilah saat membersihkannya karena sensor keyboard adalah perangkat yang sangat peka. Jangan sampai kamu malah harus menggantinya karena harganya cukup mahal.

5. Pasang Kembali Tombol Keyboard secara Benar

Kalau kamu ngerasa udah cukup membersihkan tombol keyboardnya, silahkan pasang kembali tombol tersebut secara benar. Tutuplah bagian tombolnya secara tepat dan nggak berubah dari posisi semula kamu membukanya.

6. Uji Keyboard
Nah kalau tombol keyboard udah selesai dibersihkan dan dikembalikan ke tempat semula, kamu bisa mulai menguji keyboard tersebut. Apakah sudah bekerja secara normal kembali atau masih belum bisa bekerja juga? Jika masih belum bisa bekerja, coba kamu restart laptopmu atau aktifkanlah restore. Hal itu dilakuia=n buat mastiin aja kalau kerusakan bukanlah terjadi pada perangkat lunak laptopmu.

Keyboard

sumber : https://www.perangkatkeras.net/mengatasi-keyboard-laptop-tidak-berfungsi/

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: