PENGERTIAN HARDISK KOMPUTER DAN KEGUNAANNYA

PENGERTIAN HARDISK KOMPUTER DAN KEGUNAANNYA

Hardisk atau di sebut juga dengan HDD merupakan salah satu perangkat keras kompuer yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Di dalam hardisk inilah kita menyimpan seluruh data yang kita kerjakan sehari-hari, baik itu dokumen berupa file word, mp3, video sampai dengan tempat berjalannya sistim operasi komputer. 

Berbeda dengan penyimpanan pada memori RAM yang sifatnya sementara, di mana data yang tersimpan akan hilang jika komputer telah di restart ulang atau dimatikan.

Jangan lewatkan juga Jenis Jenis RAM Komputer

Hardisk sendiri akan menyimpan data anda secara permanen, jadi sekalipun komputer anda telah di restart atau di matikan, data akan tetap bisa di buka kembali, dengan catatan sebelum restart di lakukan anda telah melakukan penyimpanan atau save terlebih dahulu ke dalam hardisk.

 

Setiap hardisk mempunyai kapasitas penyimpanan yang mungkin berbeda satu sama lain, ukuran penyimpanan pada hardisk di hitung dengan satuan byte. Semakin besar kapasitas byte dari sebuah hardisk, tentu akan semakin besar juga data yang bisa anda simpan di dalamnya.

 

Penggunaan hardisk pada komputer di letakkan di dalam motherboard, secara fisik bentuk dari hardisk akan mudah kita kenali dengan adanya bentuk piringan di lengkapi dengan spindle motor yang berfungsi untuk memutar pelat hardisk berkecepatan tinggi, lihat gambar hardisk berikut ini.

Hardisk Komputer

Perputaran yang dilakukan oleh hardisk di ukur dengan RPM (rotation per minute), semakin cepat putaran yang di hasilkan hardisk, akan semakin cepat juga kinerja komputer dalam hal baca tulis atau read dan write data. Berikut gambar sebuah hardisk tampak bagian atas

Hardisk Tampak Bagian Atas

Saat ini penyedia perangkat hardisk di pasaran berlomba lomba untuk membuat hardisk dengan teknologi dan kemampuan yang semakin cepat dan kapasitas lebih besar, seperti hardisk dengan merek Seagate, Samsung, Western Digital, Toshiba, Fujitsu Hitachi dan lainnya.

 

Tidak jauh berberda dengan perangkat keras lainnya, terkadang hardisk sendiri dapat mengalami kerusakan, entah itu karena kerusakan fisik, crash, data korup sampai dengan umur hardisk yang sudah tua dan semakin lambat.

 

Untuk mencegah kehilangan data yang telah anda simpan pada hardisk komputer anda secara permanen, maka sebaiknya lakukan backup data dengan cara memindai data penting anda ke hardisk lainnya, hal ini sangat penting khususnya jika hardisk anda sudah sering bermasalah atau memunculkan gejala kerusakan.

sumber : https://www.perangkatkeras.net/pengertian-hardisk-komputer-dan/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: