foto burung dikawasan Konservasi via Nationalgeograpic
burung dikawasan Konservasi via Nationalgeograpic

Keanekaragaman hayati merupakan prasyarat bagi kehidupan di bumi ini. bumi yang luas ini dihuni dari dari berbagai organisme atau mahluk hidup, baik biotik maupun abiotik. Bumi adalah satu-satunya planet yang memiliki  kehidupan  di lingkup tata surya. Anugrah terindah dari tuhan semesta alam yang telah menciptakan bumi dan langit berdampingan.

mahluk hidup di bumi hidup pada lapisan Biosfer yang area cakupannya meliputi seluruh kerak bumi. laut daratan dan udara. semua itu adalah cakupan alami biosfer. di dalam biosfer sendiri memiliki berbagai macam jenis keanekaragaman mahluk hidup yang nanti kita sebut dengan Keanekaragaman hayati.

Berbicara tentang keanekaragaman hayati, pasti akan merujuk pada sebuah kata konservasi. keanekaragaman sendiri menggambarkan keadaan bermacam-macam suatu benda yang terjadi akibat adanya perbedaan dalam hal, bentuk, tekstur, ataupun jumlah. sedangkan hayati berarti sesuatu yang hidup.

keanekaragaman hayati atau sering kita sebut dengan biodiversitas merupakan salah satu unsur yang menjadi pilar sebuah kehidupan. dari keanekaragam hayati terciptalah sebuah kesinambungan alam yang ideal, alam memiliki daya lenting sendiri tanpa harus dibantu manusia. namun manusia bisa mendukung setidaknya tidak memperburuk keadaan.

” Tulisan Ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan”