Tips Menggunakan Jasa Pembuat Website

Saat ini penggunaan blog gratis sebagai media iklan untuk toko online tampaknya telah mulai berubah karena beberapa alasan. Alasan pertama adalah karena blog ini menawarkan fasilitas sangat terbatas, terutama dalam hal desain. Alasan lain adalah penipuan merajalela dengan dalih toko online menggunakan platform gratis. Scammer akan melalui menjadi pemilik sebuah toko online yang menawarkan produk yang sangat murah.

Karena besarnya niat untuk menipu, banyak scammer jahat yang mencoba untuk meyakinkan pelanggan potensial untuk memanfaatkan fasilitas blog gratis untuk membuat toko online, itu hanya jebakan Betmen palsu untuk korban. Nah, masih, saya tidak mengatakan semua toko online menggunakan layanan blogging gratis yang penipu lagi. Kog masih banyak perusahaan dengan platform gratis benar-benar diverifikasi dan dapat diandalkan.

Jika kita memiliki sedikit manfaat modal toko online, tidak ada yang salah dengan modal untuk menyewa pembuatan website profesional. Membuat website profesional acara keseriusan dalam melaksanakan toko online #bisnis. Kebutuhan untuk membuat biaya situs yang relatif murah, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Pilihlah jasa pembuatan website yang menyediakan garansi atau support untuk menangani gangguan teknis yang terjadi sewaktu-waktu pada website Anda. Jangan lupa juga memilih jasa pembuatan website yang fleksibel dan mudah diajak berdiskusi untuk membantu menentukan desain dan fitur website yang sesuai dengan keinginan.

Bagi Anda yang tertarik ingin memiliki sebuah toko online, mengeluarkan modal minim untuk menyewa jasa pembuatan online shop pasti akan sangat bermanfaat untuk jangka panjang. Selain tampilan website toko online Anda terlihat lebih profesional, support dari penyedia jasa pembuatan toko online tersebut akan sangat membantu.

Salah satu jasa pembuatan website yang saya rekomendasikan adalah Alinsite Indonesia. Pihak Alinsite menawarkan website profesional yang mobile friendly, seo friendly, berorientasi penjualan, namun dengan harga terjangkau untuk bisnis UKM Anda. Selain itu, Alinsite juga menyertakan layanan purna-jual seperti bantuan teknis dan bantuan editorial untuk mengelola website, serta panduan sukses memasarkan produk melalui website Anda.

Demikian tips singkat yang bisa kita jadikan acuan ketika mencari jasa pembuatan website yang sesuai dengan kebutuhan pemilik bisnis online. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi perkembangan bisnis online di Indonesia.

https://alinsite.com

After Seminar Nasional Ilmu Komputer UNNES 2016 – Green Technology

Green Technology : The research Innovation on Data Mining and Green Technology (Penelitian Inovasi Mining Data dan Teknologi Hijau)

by Dr.Eng. Suharyanto, S.T., M.Eng

Kriteria produk “Green Technology” antara lain :

  1. Meminimalkan degradasi lingkungan;
  2. Memiliki nol atau gas rumah kaca yang rendah (GHG) emisi;
  3. Aman untuk digunakan dan mempromosikan sehat dan membaik
  4. lingkungan untuk semua bentuk kehidupan;
  5. Menghemat penggunaan energi dan sumber daya alam; dan
  6. Mempromosikan penggunaan sumber daya terbarukan.

Dengan sektor Energi, Air, Penanganan limbah, Bangunan, Angkutan, Pabrik, ICT, Pertanian, Kehutanan

  1. Tujuan Green Technology :
  2. Keberlanjutan
  3. “Cradle untuk cradle” desain – sepenuhnya direklamasi atau digunakan kembali.
  4. Sumber reduction- mengurangi limbah dan polusi dengan mengubah pola produksi dan konsumsi.
  5. Inovasi- mengembangkan alternatif teknologi
  6. Viabilitas – menciptakan pusat kegiatan ekonomi di seluruh teknologi dan produk yang bermanfaat bagi lingkungan, mempercepat pelaksanaannya dan menciptakan karier baru yang benar-benar melindungi planet ini.

Penggunaaan teknologi komputer yg hijau adalah Lingkungan komputasi berkelanjutan termasuk merancang, manufaktur, menggunakan, dan membuang komputer, server, dan subsistem terkait (monitor, printer, perangkat penyimpanan, dan jaringan dan sistem komunikasi) secara efisien dan efektif dengan efek minimal atau tidak ada pada lingkungan.

  1. Kita perlu Power System Automation karena
  2. Jaringan semakin besar dan kompleks
  3. Jenis pembangkit semakin bervariasi -> energi baru yg terbarukan
  4. Tegangan sistem transmisi semakin tinggi
  5. Implementasi elektronika daya semakinmasiv
  6. Tuntutan:
    • Mutu
    • Keandalan
    • Ekonomi
  7. Tuntutan kecepatan proses

Power System Automation :

  1. Aksi pengendalian sistemtenaga secara otomatis baik lokal maupun remote melalui peralatan instrumentasi dan kontrol.
  2. Berkembang pesat karena tuntutan kualitas layanan dan didukung peralatan semakin murah namun kemampuan semakin tinggi.

Peran data science khususnya data mining Memeiliki 6 kemampuan antara lain :

  1. Anomaly detection (Outlier/change/deviation detection)
    2. Association rule learning (Dependency modelling)
    3. Clustering
    4. Classification
    5. Regression / Prediction
    6. Summarization

Otomasi Industri Sistem Tenaga Listrik antara lain:

  1. Sistem Pembangkitan (Generation)
  • Tujuan: menjaga sinkronisasi dan stabilitas kinerja (tegangan, frekuensi, harmonik dll) pembangkit listrik
  • Bila tidak dikendalikan, perubahan beban atau gangguan dapatmengganggu statibilitas tegangan dan frekuensi keluaran generator.
  • Sistem otomasimenjaga agar keluaran generator stabil meskipun ada dinamika di jaringan dan beban.
  1. Sistem Penyaluran (Transmission)
  • Biasanya menggunakan SCADA karena areanya yang luas
  • Otomasi pada gardu induk melalui:
    1. Penggunaan data dari IED (intelegent electronic device)
    2. Kontrol dan otomasi di lokal gardu induk
    3. Kontrol dan otomasi jarak jauh dari pusat sistemSCADA
  • Sudah banyak digunakan GITO (gardu induk tanpa operator) (full automatic)
  1. Sistem distribusi (Distribution)
    Istilah yang umum digunakan:
    Distribution Management System: terdapat ruang kontrol, menyediakan sebuah tampilan jaringan “seperti saat operasi” bagi operator.
    Distribution Automation System → subsistem dari DMS mencakup semua aspek realtime dari proses kontrol jaringan hilir.
  2. Beban/Konsumen

Otomasi pada beban / konsumen antara lain :

  • Penghematan konsumsi energi
  • Demand management →load peak shift
  • Smart appliances → sebuah peralatan yang cerdas yang dapat digunakan secara aman dan ramah lingkungan
  • Smart building → sebuah gedung ramah lingkungan, bersih dan sehat
  • Smart home →sebuah rumah yang bersih dan sehat

 

Biografi Dr.Eng. Suharyanto, S.T., M.Eng

Lahir di Bantul, 1976

  • S1 Teknik Elektro UGM angkatan 94, lulus 1998
  • S2 Electrical and Electronic System, Saitama University, lulus 2004
  • S3 Production Sciences, Saitama University, Japan, lulus 2007
  • Maret 1999 – sekarang: Dosen Dept Teknik Elektro dan Teknologi Informasi

(DTETI), Fakultas Teknik (FT) UGM

2007: Sekjur Bidang Akademik

2011: Manajer Akademik Fakultas Teknik

2013: Kaprodi S2/S3 Teknik Elektro

2016: Ketua Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi

After Seminar Nasional Ilmu Komputer UNNES 2016 – Data Mining

Big Data tren 2016

by Romi Satria Wahono, M.Eng., Ph.D

Big Data : Big Data adalah merupakan istilah yang digunakan untuk penggunaan data yang sudah mulai meningkat. Dalam big data sendiri, dibagi atas 5 kondisi yang sebaiknya diperhatikan dalam Big Data. Yaitu :

  1. Culture (Budaya)
  2. Mining (Mengambil)
  3. Methods (Metode)
  4. Use Cases (Studi Kasus)
  5. Research (Penelitian)

Culture (Budaya)

                Tren penggunaan data semakin membuktikan bahwa data semakin penting dalam bidang apapun. Bisa kita lihat sendiri bahwa penggunaan data sudah menggunakan data seperti kedokteran, astronomi, Olahraga, ekonomi dan bisnis, dan beberapa bidang lainnya. Contohnya, sebuah survey bidang astronomi yang dilakukan oleh Sloan Digital Sky di New Mexico pada tahun 2000 menunjukkan bahwa penggunaan data pertahunnya adalah 140 TB. Berbeda dengan hasil survey di Chile, yang dilakukan oleh Large Sypnotics Survey Telescope pada 2016. Yang menunjukkan penggunaan data yang sama, namun hanya dalam waktu 5 hari.

                Data survey tersebut juga didukung oleh survey yang dilakukan oleh Excelacom pada 2016 yang menunjukkan penggunaan data setiap 60 detik di berbagai media social seperti berikut :

aghh

Akibat dari banyaknya data yang digunakan, maka muncullah suatu keadaan yang disebut dengan ‘Tsunami Data’. Dimana kita dibanjiri oleh data yang sangat banyak. Sayangnya, Data itu sendiri ternyata tidak memiliki arti sama sekali kecuali diolah. Menurut Cilve Himby, data merupakan minyak mentah baru yang perlu diolah agar menjadi berguna. John Naibett juga menuturkan bahwa saat ini dunia sedang kebanjiran data, namun miskin pengetahuan.

Mining, Metode, dan Teknologi

                Data yang tidak memiliki nilai berarti tersebut harus diolah agar menjadi pengetahuan yang menjadi manfaat bagi orang banyak. Dengan pengetahuan yang ada, maka akan dapat dilakukan beberapa hal seperti prediksi, pengambilan keputusan, pembagian kelompok, dan masih banyak lagi. Untuk menjadikannya suatu pengetahuan, himpunan data yang diperoleh diolah menggunakan metode tertentu sehingga menghasilkan pengetahuan baru.

                Dalam data mining, terdapat 5 metode yang dihasilkan yaitu estimasi, prediksi, klarifikasi, klastering, dan asosiasi. Estimasi merupakan metode untuk mencari prediksi waktu optimal dalam suatu proses. Prediksi berguna untuk mengetahui apa yang akan yang terjadi di masa mendatang. Klarifikasi sendiri pembagian jenis, namun datanya terdiri atas nominal dan numerik. Berbeda dengan Klastering adalah pembagian jenis, namun data yang digunakan numerik. Sedang asosiasi adalah metode guna menentukan jenis sesuatu

Research

Penelitian merupakan hal utama dalam kontribusi dalam ilmu pengetahuan. Hakikatnya, suatu penelitian harus dibukukan menjadi paper dan segera diindekskan supaya tidak ada plagiarism. Khusus di Indonesia sendiri, jumlah seluruh ‘paper’ yang terindeks menurut scimagoJR.com masih kalah disbanding Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Bahkan, di peringkat dunia berada di nomor 61. Mengapa hal ini bisa terjadi?

ahhh

 

  1. Big Data Culture

Semakin majunya perkembangan teknologi didunia berpengaruh terhadap produksi manusia akan beragam data yang jumlah dan ukurannya sangat besar. Berbagai macam contohnya dari klimatologi, kedokteran, farmasi, politik, ekonomi, sejarah, astronomi, keuangan, bisnis, kondisi alam, dsb…….

 

  • Pertumbuhan data : data yang telah didapatkan dikumpulkan sebagai data utama dipenyimpanan data kemudian diolah untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan akan

 

Astronomi  menurut survei Sloan Digital Sky Survey, New Mexico, 2000 sebanyak 140TB  lebih dari 10 tahun dan Large Synoptic Survey Telescope, Chile, 2016 yang akan memperoleh 140TB setiap 5 hari.

 

  • Perubahan Kultur dan Perilaku

 

Perubahan tersebut seperti banyaknya data yang masuk melalui media sosial. Media sosial menjadi sumber informasi dan data yang sangat dibutuhkan. Tidak hanya media sosial beragam aplikasi juga menjadi sangat vital dalam pertumbuhan data yang merubah kultur dan perilaku manusia didunia.

 

  • Datangnya Tsunami Data
  1. Image result for kapasitas memori
  2. Google memproses 100 PB per hari, 3 juta server
  3. Facebook memiliki 300 PB dari data pengguna per hari
  4. Youtube punya 1000PB penyimpanan video

Makna dan Nilai Data

Data adalah entitas yang tidak memiliki arti, meskipun kemungkinan memiliki nilai. Menurut pak Romi data seperti minyak mentah yang sangat berharga namun jika tidak diolah sama sekali tidak ada manfaat dan fungsinya. Kita kaya akan data namun kita malah miskin pengetahuan.

 

  1. Big Data Mining

Data harus diolah sedemikian rupa agar menjadi sumber pengetahuan dan juga tercapai tujuan untuk kemanfaatan data bagi manusia.

Data memiliki nilai terendah jika belum bisa menjadi informasi dan sumber pengetahuan. Namun data akan bernilai sangat tinggi jika sudah bisa memberi informasi dan sumber pengetahuan.

Dengan pengetahuan tersebut, maka manusia dapat :

 

  • Melakukan estimasi dan prediksi
    apa yang terjadi di depan
  • Melakukan analisis tentang
    asosiasi, korelasi dan
    pengelompokan antar data dan atribut
  • Membantu pengambilan keputusan dan
    pembuatan kebijakan

 

 

Mining dari Data ke Pengetahuan, Kumpulan data diolah dengan metode data mining dan setelah diolah menjadi sumber informasi dan pengetahuan.

 

Contoh dari proses mining dari data ke pengetahuan adalah :

  • Prediksi Kelulusan Mahasiswa

 

  • Prediksi Calon Legislatif DKI Jakarta

 

  • Para Pebisnis Pengetahuan :

 

Google – perusahaan media / advertising terbesar didunia, tidak menciptakan konten

Gojek – perusahaan angkutan umum, tanpa memiliki kendaraan,

Grab – perusahan angkutan umum yang juga tidak punya armada

 

Evolution of Sciences

  • Before 1600: ilmu empiris
  • 1600-1950s: ilmu teoris

Setiap disiplin telah berkembang komponen teoritis

model teoritis memotivasi percobaan dan generalisasi pemahaman

  • 1950-1990: ilmu Komputasi

Sebagian besar disiplin telah tumbuh sepertiga, cabang komputasi (mis empiris, teoritis, dan ekologi komputasi, atau fisika, atau linguistik.)

ilmu komputasi tradisional berarti simulasi. Ini tumbuh dari ketidakmampuan kita untuk menemukan solusi bentuk tertutup untuk model matematika yang kompleks

  • Ilmu Data: 1990-sekarang

Banjir data dari instrumen ilmiah baru dan simulasi

Kemampuan untuk ekonomi menyimpan dan mengelola petabyte data online

Internet membuat semua arsip tersebut diakses secara universal

Data mining adalah tantangan baru yang besar

 

  1. Big Data Methods and Technologies

 

Data Mining Methods

 

  1. Estimasi : Estimasi (perkiraan) adalah sebuah proses pengulangan
  2. Prediksi : hasil dari kegiatan memprediksi atau meramal atau memperkirakan.
  3. Klasifikasi : penyusunan bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang ditetapkan;
  4. Klastering : Metode penganalisaan data, yang sering dimasukkan sebagai salah satu metode Data Mining, yang tujuannya adalah untuk mengelompokkan data dengan karakteristik yang sama ke suatu ‘wilayah’ yang sama dan data dengan karakteristik yang berbeda ke ‘wilayah’ yang lain.
  5. Asosiasi : Asosiasi atau perkumpulan adalah suatu kehidupan bersama antar individu dalam suatu ikatan

Dataset (Himpunan Data)

  1. Estimasi Waktu Pengiriman Pizza
  2. Prediksi Harga Saham
  3. Klasifikasi Kelulusan Mahasiswa
  • Pengetahuan Berupa Pohon Keputusan
  • Klasifikasi Sentimen Analisis
  1. Klastering Bunga Iris
  • Pengetahuan Berupa Klaster
  • Klastering Jenis Pelanggan
  1. Aturan Asosiasi Pembelian Barang
  • Pengetahuan Berupa Aturan Asosiasi
  • Aturan Asosiasi di Amazon.com

 

  1. Big Data Use Cases
  2. Private and Commercial Sector :
  3. Pemasaran: rekomendasi produk, analisis keranjang pasar, penargetan produk, retensi pelanggan
  4. Keuangan: dukungan investasi, manajemen portofolio, peramalan harga
  5. Keamanan: deteksi penipuan, kontrol akses, deteksi intrusi, deteksi virus
  6. Web dan Internet: mesin pencari cerdas, pemasaran web

 

Contoh Big Data Use Cases pada Sektor Kerahasiaan dan Komersial:

 

  1.  Use Case: Product Recommendation
  2. Use Case: Penentuan Kelayakan Kredit
  3. Use Case: Software Fault Prediction

 

  1. Public and Government Sector :
  • Keuangan: tingkat peramalan tukar, analisis sentimen
  • Perpajakan: pemantauan adaptif, deteksi penipuan
  • Kedokteran dan Healt Care: hipotesis penemuan, prediksi penyakit dan klasifikasi, diagnosis medis
  • Pendidikan: Alokasi mahasiswa, peramalan sumber daya
  • Analisis kompensasi pekerja: Asuransi
  • Keamanan: bom, deteksi gunung es
  • Transportasi: simulasi dan analisis, estimasi beban
  • Hukum: analisis paten hukum, hukum dan aturan analisis
  • Politik: prediksi pemilu

Contoh Big Data Use Cases Pada Sektor Pemerintah dan Publik :

 

Use Case: Deteksi Pencucian Uang

Use Case: Prediksi Kebakaran Hutan

Use Case: Prediksi Koruptor

 

 

  1. Big Data Research

Mengapa Melakukan Publikasi Ilmiah?

Statistik Jumlah Publikasi menurut (ScimagoJR.Com) Indonesia masih berada jauh dibawah Singapura bahkan Malaysia dari tahun ketahun.

 

Rangking Publikasi Ilmiah menurut (ScimagoJR.Com) Indonesia berada pada urutan ke 61 dunia. Dengan total papers 20.166 dokumen.

 

Mengapa Indonesia Sedikit Publikasi?

  • Budaya Indonesia adalah lisan dan bukan tulisan
  • Budaya akademik di Indonesia baru mulai untuk mengajar, dan bukan untuk meneliti
  • Rendahnya minat penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian
  • Kurangnya penghargaan dan insentif dari universitas
  • Kurang mengerti bagaimana cara menulis paper untuk jurnal dan prosedur pengirimannya
  • Tidak memahami metodologi penelitian dengan baik

 

Apa Yang Dikejar di Penelitian?

Research is a considered activity, which aims to make an original contribution to knowledge (Dawson, 2009)

  • Original Contribution: Kontribusi Orisinil
  • To Knowlegde: Untuk Pengetahuan

 

 

Penelitian Yang Memiliki Kontribusi?

  • Penerapan algoritma genetika untuk penjadwalan mata kuliah (salah)
    • Penerapan algoritma genetika berbasis guided local search strategies untuk penjadwalan mata kuliah
      (Yang, 2011) ( benar )

 

  • Penerapan algoritma C4.5 untuk penentuan kelulusan mahasiswa tepat waktu: Studi Kasus STMIK XYZ (salah)
  • Penerapan algoritma C4.5 dengan penghitungan entropi berbasis metode ABC untuk penentuan kelulusan mahasiswa tepat waktu ( benar )

 

Hanya penelitian dengan kontribusi ke pengetahuan yang bisa menembus jurnal-jurnal internasional terindeks

 

 

Level Indexing untuk Publikasi Penelitian

  1. [HIGH] Thomson Reuters Web of Science
  • Since 1963, formerly produced by ISI, 12032 journals are indexed
  • Pengindeks journal yang memiliki level paling baik
  • https://wokinfo.com
  1. [MEDIUM] Scopus
  • Launched by Elsevier in 2004, 20000 journals, conference papers and other are indexed
  • Pengindeks journal level standard, biasa untuk syarat menyelesaikan PhD
  • https://scopus.com
  1. [LOW] Google Scholar
  • Launched in 2004, mengindeks semua publikasi ilmiah yang online

 

* Organisasi pengindeks journal selain di atas (EBSCO, DBLP, ProQuest, dsb), boleh dikatakan selevel dengan Google Scholar

Tentang Romi Satria Wahono, M.Eng., Ph.D

Lahir di Madiun 1974

  • SMA Taruna Nusantara Magelang (1993)
  • Eng, M.Eng and Ph.D in Software Engineering
    Saitama University Japan (1994-2004)
    Universiti Teknikal Malaysia Melaka (2014)
  • Research Interests in Software Engineering and
    Machine Learning
  • LIPI Researcher (2004-2007)
  • Professional Member of IEEE, ACM and PMI
  • IT Award Winners from WSIS (United Nations), LIPI, Kemdikbud, Pustekkom, etc
  • Industrial IT Certs and Partners (TOGAF, ITIL, CCNA, ISACA, RapidMiner, Bizagi, etc)
  • Founder and CEO:
    • PT IlmuKomputerCom Braindevs Sistema
    • PT Brainmatics Cipta Informatika

Sistem Komputer

Pengertian Sistem

Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.

Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Pengertian Sistem Komputer

Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat unak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras hardware).

Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah  apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.

Komponen-komponen Komputer

Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :

  1. Hardware ( Perangkat Keras )
  2. Processing Device
  3. Input Device
  4. Output Device
  5. Storage Device
  6. Software ( Perangkat Lunak )
  7. Operating System
  8. Application Program
  9. Language Program
  10. Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )

  1. Hardware ( Perangkat Keras )

Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.

Processing Device (CPU)

CPU ( Central Processing Unit ) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasidengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.

Input Device

Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :

  1. Keyboard
  2. Pointing Device
  3. Mouse
  4. Touch screen
  5. Digitizer Grapich Tablet
  6. Scanner
  7. Microphone

Output Device

Output Device adalah perangkat keras komputer yang erfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke ertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. latnya antara lain adalah :

  1. Monitor
  2. Printer
  3. Speaker

Storage Device

Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat enyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. Terbagi menjadi dua yaitu :

  1. Internal Storage
    Adalah media penyimpanan yang terdapat didalam komputer yaitu : RAM ( Random Access Memory ) Untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ). Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:Input Storage Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.

    Program Storage Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.

    Working Storage Digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.

    Output Storge Digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

    ROM ( Read Only Memori )
    Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa  cold booting atau  warm booting. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali, yaitu :

    PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali.

    EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.

    EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory),  dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.

    2.    External Storage
    Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama, yaitu :
    a.    Floppy Disk
    b.    Hard Disk
    c.    CD Room
    d.    DVD

    2.    Software ( Perangkat Lunak )
    Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

    Operating System
    Sistem operasi atau  operating system ialah Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware  komputerPerangkat lunak yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem komputer. Ada beberapa macam system operasi diantaranya adalah :

    1.    Linux
    2.    Windows
    3.    Mac OS

    Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta  penginstalan dan
    pembuangan software. Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.

    Application Program
    Yaitu program komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang
    industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi atau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.Contoh :
    1.    Microsoft Word
    2.    Microsoft Excel
    3.    CorelDraw X4
    4.    Dll

    Language Program
    Language Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan
    bahasa Pemrograman, seperti :Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer, seperti :
    1.    Visual basic
    2.    Turbo pascal
    3.    Delphi

    3.    Brainware
    Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.

Nyolong from : https://wongpakong.blogspot.com/2011/12/pengertian-komputer-sistem-komputer-dan.html

Dont Learn to Hack, But Hack to Learn