tips menghadapi tanggal tua

Tanggal tua bagi anak kost adalah momen-momen yang bikin kita ngerasa sangat dekat sama Tuhan. Rassa lapar yang menyiksa, nggak bisa ke mana-mana, cuma bisa diem di kamar ngebayangin makanan-makanan enak di luar sana. Hal-hal itu yang akan mendorong kita untuk berdoa dan berdoa agar Tuhan mengirimkan uang jajan secepatnya. Itulah salah satu sifat buruk manusia. Kalo lagi bahagia, lupa kebahagiaan itu dateng dari mana. Kalo lagi susah, baru inget siapa Tuhannya.

inilah tipis untuk menghadapi tanggal tua langsung saja,
1. Makan Yang Normal Saja
Mantan pacar saya pernah bilang, “Kalau mau berhemat silahkan, tapi jangan hemat – hemat makan. Nanti sakit!“. Saya akan bilang kalau doi benar, makan jangan dihemat, tapi bukan berarti makan itu lantas bisa berhura – hura. Coba untuk makan yang biasa – biasa saja, tapi pilih yang memenuhi kriteria makan sehat. Makan dengan sayur hijau, lauk tempe tahu dan telor itu sudah cukup untuk kebutuhan tubuh akan karbo, serat dan protein. Kecuali kamu makan di restoran bintang 5, harusnya sih menu standar begitu enggak akan lebih dari 10 ribu!

2. Untuk minuman, cobalah minum air putih aja.
Biasanya sih di warteg air putih ini gratis. Coba deh kalkulasikan, sehari 3x makan, minumnya es teh 1500. Berarti sehari minimal 4500, sebulan kasarnya hampir 150ribuan. Lagipula, kabarnya minum teh langsung setelah makan itu enggak baik untuk kesehatan. Belum lagi gulanya!

3. Berani Bilang TIDAK Kepada Teman
Ini nih yang paling susah, kalau ada temen ngajakin nongkrong atau hangout. Kalau cuma kelayapan cuci mata sih enggak masalah. Masalahnya, setiap kelayapan, selalu endingnya di rumah makan mahal, atau tempat nongkrong yang harga minumannya bisa untuk 2x makan warteg!

Maka dari itu, coba deh untuk berani menolak ajakan teman dan bilang enggak ketika diajak nongkrong. Kalau memang enggak enak mau nolak ajakan, ya cari alasan yang make sense atau sekalian jujur. Contohnya, “Enggak dulu deh, lagi tipis nih dompet!“, atau “Minggu depan deh, kalau keseringan gini mah jadinya boros“. Itu masuk akal dan harusnya dia bisa terima. Tapi jangan bilang, “Enggak dulu deh, Pilkada udah nggak langsung lagi sih“. Itu enggak nyambung!

 

4. Beli Yang Kamu Butuh, Bukan Yang Kamu Mau!
Ini penting dan sangat berpengaruh sama isi dompet kamu. Pas kemaren saya belanja keperluan hobi model kit, saya beli beberapa barang secara berlebihan. Contohnya, amplas yang selembar aja sudah kebanyakan, saya beli sampai 5 lembar di ACE karena malas untuk ke toko bangunan. Itu contoh simpel, bayangkan barang apa saja yang sudah kita beli karena kita mau selama sebulan penuh.

Maka dari itu, coba untuk mulai membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Makan, alat tulis dan hiburan adalah kebutuhan kita sebagai anak kost. Tapi makan yang berkelas, alat tulis sampe selusin dan hiburan yang makan duit adalah keinginan kita. Bedakan kedua hal tersebut, maka kita pasti bisa lebih hemat lagi!

Nah, tapi buat anak kost, ada beberapa hal yang bisa ngebuat kita ngerasa nggak terlalu tersiksa di tanggal tua. Apa aja tuh?

1. Internet

Saat tanggal tua melanda, tentunya kita jadi nggak bisa ke mana-mana. So, hiburan satu-satunya ya cuma yang ada di kamar aja. Buat yang di kostnya ada internet, seharian bisa banget diisi dengan internetan di kamar. As we know, ada motto kayak gini “Internet itu adalah penunda lapar yang paling hebat”. Gue juga termasuk orang yang sangat addicted sama internet. Bahkan, kalo lagi dapet koneksi internet yang “wow”, gue bisa berhari-hari nggak keluar kamar. Sekalinya keluar kamar, muka gue udah mirip ama kapten Jack Separoh!

 

2. Game

Yang doyan ngegame juga nih. Apalagi kalo di kamar kostnya udah ada PS atau konsol game lain. Gue juga pecandu game. Dari game off-line sampe game online gue hajar semua. Dari Tetris sampe Poker di Facebook, gue mainin semua. Kalo udah ngegame, gue biasanya bakal lupa ama apa aja. Lupa kalo nggak punya pacar, lupa kalo lagi laper, lupa kalo besok ada ujian, dan lupa kalo gue udah 4 taun menunda skripsi.

3. Pacar

Untuk poin yang ini kayaknya agak jarang sih ada pacar yang tetep “setia” di tanggal tua. Seperti tweet gue dulu:

– Pacar setia itu adalah pacar yang selalu ada di tanggal tua
– Pacar setia itu adalah pacar yang mau mijitin pacarnya di tanggal tua
– Pacar setia itu adalah pacar yang mau nguras jamban pacarnya di tanggal tua

Meskipun langka, pastinya tetap ada kok pacar yang kayak gitu. Jaman dulu, tiap tanggal tua, gebetan gue suka ngasih duitnya ke gue sebelum berangkat dinner. Jadinya, ntar pas udah di warung, orang-orang ngira gue yang ngebayarin dia. This kind of girl is irreplaceable. :’)

4. Indomie

Buat anak kost, Indomie adalah salah satu jurus andalan untuk bekal menghadapi tanggal tua. Gue dulu, biasanya kalo abis gajian di awal bulan, sebagian duitnya langsung gue beliin Indomie sekardus buat jaga-jaga di tanggal tua. So, saat tanggal tua melanda, ancaman kelaparan bisa ditanggulangi. Liat deh masa-masa suram gue dulu di saat gue tersiksa kejamnya tanggal tua:

 

Bayangkan, badan gue udah mirip ama tumpukan fosil Pithecantropus-Hydrocephalus gitu.. Badan gue cuma keliatan kayak tumpukan tulang semua, dan cuma kepala gue yang keliatan gede. Itu sih masih syukur-syukur gue bisa makan berkat Indomie. Dan tadi waktu gue iseng-iseng search di FB, gue nemu fakta bahwa ternyata Indomie tuh gak cuma menolong hidup anak-anak kost di Indonesia. Liat aja bukti di bawah ini:

 

Indomie telah menginvasi Mesir dan Nigeria!!

Biasanya Indomienya selain gue masak pake kompor atau gue makan mentah-mentah dengan diremukin, gue juga masak pake rice cooker, water-heater, maupun blender. Coba deh pake cara itu satu-satu.. Rasakan sensasinya..

sumber :
•https://www.ikurniawan.com/ketika-tanggal-tua-itu-tiba-tips-berhemat-untuk-anak-kost
•https://www.shitlicious.com/2012/10/bekal-anak-kost-untuk-menghadapi.html?m=1

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: