Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat

Artikel ini mengulas mengenai beberapa Blog Sejawat (blog milik teman-teman di Jurusan Sosiologi dan Antopologi, Universitas Negeri Semarang). Adapun tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memenuhi tugas ujian akhir semester mata kuliah Praktek Laboratorium yang diampu oleh Bapak Kunco Bayu Prasetyo S,Ant., M.A

Check this out ……

Blog No. 1

BAGUS

  1. Nama pemilik blog                        :  Bagus Mustofa
  2. Alamat blog atau http                    :  https://blog.unnes.ac.id/bagusmustofa/
  3. Kelebihan atau keunggulan    : Blog dengan nama “Bahagia itu Sederhana” ini memiliki tampilan backgroud yang berbeda. Pemilik blog mengubah tampilan background dengan gambar batik yang menjadi ciri kebudayaan yang dimiliki Indonesia.
  1. Kekurangan atau kelemahanya       : Secara keseluruhan, tampilan blog masih terlihat sangat sederhana dan kurang menarik. Beberapa tugas yang diberikan untuk mengisi blog dengan postingan pun belum terlihat, seperti silabus dan seluruh materi pembelajaran sosiologi dan antropologi SMA. Selain itu, blog masih belum dilengkapi dengan profil pemilik, kategori, jumlah pengunjung, dan friend’s blog yang juga menjadi tugas yang diberikan beberapa waktu lalu.
  1. Saran dan usulan tambahan atau perbaikan : Ada baiknya blog segera dilengkapi dengan tugas-tugas yang telah diberikan agar tampilan terlihat lebih menarik dan isi dapat bermanfaat.

Blog No. 2

FAJAR

  1. Nama pemilik blog                    : Fajar Subehi
  2. Alamat blog atau http                : https://blog.unnes.ac.id/fajarsubehi/
  3. Kelebihan atau keunggulan  : Blog ini memiliki ide tampilan yang sangat kreatif. Pemilik blog seolah ingin mengarahkan pengunjung pada jiwa nasionalisme yang terlihat melalui background yang berupa burung Garuda dan gambar tampilan awal yang bertuliskan “Satukan Tekad Bela Negara”. Beberapa tugas yang diberikan pun sudah dikerjakan dengan sangat baik, seperti profil pemilik yang menggambarkan identitas diri pemilik blog dan gambaran blog, sudah ada kategori, silabus, dan beberapa materi ajar SMA.
  1. Kekurangan atau kelemahanya  : Meskipun demikian, dalam blog ini masih terdapat beberapa kekurangan. Secara umum, gambar tampilan awal yang memiliki resolusi rendah membuat gambar tampak pecah, gambar background burung Garuda yang ingin ditampilkan tidak terlihat secara utuh, hanya terlihat sayap dan kaki burungnya saja. Berdasarkan tugas yang diberikan masih terdapat beberapa kekurangan, seperti dari tiga silabus baru ada satu yang di posting yaitu silabus untuk kelas X, friend’s blog yang baru berjumlah lima orang, penghitung jumlah pengunjung yang belum terlihat, pengkategorian yang masih belum tertata dengan rapi, dan beberapa materi ajar SMA yang belum di posting.

Berikut ini beberapa materi ajar sosiologi SMA yang belum di upload :

  • Perbedaan, kesetaraan dan harmoni sosial.
  • Konflik, kekerasan, dan upaya penyelesaiannya.

Berikut ini beberapa materi ajar antropologi SMA yang belum di upload :

  • Konsep dasar, peran fungsi, dan keterampilan Antropologi dalam mengkaji Kesamaan dan keberagaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa.
  • Budaya, perwujudan, unsur, Isi atau substansi Budaya, dan nilai Budaya.
  • Internalisasi nilai-nilai budaya dalam pembentukkan kepribadian dan karakter.
  • Perilaku menyimpang dan sub kebudayaan menyimpang.
  • Budaya lokal, budaya nasional, budaya asing, hubungan antar budaya di era globalisasi.
  • Keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa dialek, tradisi dengan kehidupan masyarakat dalam suatu daerah.
  1. Saran dan usulan tambahan atau perbaikan : Secara keseluruhan blog sudah baik, namun akan lebih baik jika beberapa tugas yang belum diselesaikan dapat segera diselesaikan.

Blog No. 3

FIRDAUS

  1. Nama pemilik blog                        : Firdaus Muara Triharto Sihombing
  2. Alamat blog atau http                    : https://blog.unnes.ac.id/firdaussihombing/
  3. Kelebihan atau keunggulan : Secara umum, tampilan gambar awal yang memperlihatkan keluarga pemilik blog sangat berbeda dari blog milik teman-teman yang lain. Dari tugas diberikan, sudah terdapat profil pemilik blog dilengkapi gambar, deskripsi diri, dan deskripsi blog yang sangat menarik. Selain itu, sudah terdapat penghitung jumlah pengunjung blog, pengkategorian, dan beberapa materi ajar sosiologi SMA.
  1. Kekurangan atau kelemahanya     : Dalam blog berjudul Blog Pribadi ini masih terdapat beberapa kekurangan secara umum yaitu dari tampilan blog yang masih sangat sederhana. Belum ada backgroud yang dapat memperindah tampilan, tema yang digunakan pun masih sangat standar, serta pengaturan widget yang belum rapih. Sementara itu, dari tugas yang diberikan masih terdapat beberapa kekurangan, seperti hanya terdapat satu silabus yang di posting yaitu silabus sosiologi kelas X, terdapat hanya satu kategori, belum adanya friend’s blog, serta baru ada delapan materi ajar sosiologi yang di posting.
  1. Saran dan usulan tambahan atau perbaikan : Ada baiknya tampilan blog lebih diperindah lagi. Selain itu, tugas-tugas yang belum diselesaikan dapt segera diselesaikan.

Blog No. 4

TYAS

  1. Nama pemilik blog                    : Ayu Prihaningtyas
  2. Alamat blog atau http                : https://blog.unnes.ac.id/tyasayu/
  3. Kelebihan atau keunggulan       : Secara umum tampilan blog  simpel dan menarik. Dominasi tema dengan warna putih dan gambar tampilan awal berupa tumbuhan hijau menjadikan blog terlihat lebih kalem. Berdasarkan tugas yang di berikan, sudah terdapat pengkategorian, friend’s blog, dan silabus kelas X XII dan XII.
  1. Kekurangan atau kelemahanya    : Secara tampilan masih sangat sederhana tampilan widget berupa Recent Post yang masih terdapat di sisi sebelah kanan dan kiri blog membuat blog terlihat kurang tertata dengan rapih. Dari tugas yang diberikan belum semuanya dikerjakan, seperti penghitung jumlah pengunjung blog, belum adanya pengkategorian sosiologi atau pun sosiologi SMA, dan materi ajar sosiologi dan antropologi SMA yang keseluruhannya belum di upload.
  1. Saran dan usulan tambahan atau perbaikan : Ada baiknya tampilan blog lebih ditata kembali agar terlihar jelas dan rapih. Selain itu tugas yang belum diselesaikan dapat segera diselesaikan.

Blog No. 5

LEVINA

  1. Nama pemilik blog                    : Levina Thirza Astria
  2. Alamat blog atau http                : https://blog.unnes.ac.id/levina/
  3. Kelebihan atau keunggulan   : Secara umum, pemilihan tema dan konten yang terdapat di dalam blog sudah sangat menarik. Bedasarkan tugas yang diberikan, sudah terdapat profil pemilik blog dengan gambar yang sangat cantik. Hehe Terdapat pula penghitung jumlah pengunjung blog, silabus, friend’s blog, pengkategorian dan materi ajar sosiologi dan antropologi SMA.
  1. Kekurangan atau kelemahanya   : Secara keseluruhan tema yang sangat menarik namun sepertinya sudah banyak digunakan oleh teman-teman yang lain. Masih terdapat beberapa kekurangan dari tugas yang diberikan, seperti di dalam halaman profil masih belum dicantumkan tujuan dari pembuatan blog. Materi ajar yang di posting masih terdapat beberapa yang belum dibuat Read More dan perataan tulisan yang belum semuanya diatur membuat tampilan postingan terlihat kurang rapih. Selain itu, belum semua materi ajar sosiologi dan antropologi SMA di posting ke dalam blog.
  1. Saran dan usulan tambahan atau perbaikan : Secara keseluruhan blog sudah baik, namun akan lebih baik jika secara tampilan dapat menggunakan tema lain dan membuat kreasi yang lebih menarik lagi lebih diperhatikan pula penataan widget pada blog agar isi blog dapat terlihat dengan jelas dan menarik pengunjung. Selain itu tugas yang belum diselesaikan dapat segera diselesaikan.

Blog No. 6

ARSI

  1. Nama pemilik blog                    : Arsi Mafirotul Wakhida
  2. Alamat blog atau http                : blog.unnes.ac.id/arsiwakhida/
  3. Kelebihan atau keunggulan      : Secara tampilan keseluruhan terlihat sangat menarik dan kreatif. Ide yang ditampilkan berdasarkan ketertarikan pemilik blog terlihat dari gambar kartun doraemon yang  ditampilkan berdekatan dengan profil pemilik. Selain itu, terdapat pula gambar awal berupa pemandangan alam dan background semakin melengkapi keindahan tampilan blog. Tugas yang diberikan berupa kategori, penghitung jumlah pengunjung, profil pemilik, silabus, friend’s blog, dan materi ajar sosiologi dan antropologi SMA sudah semuanya lengkap. Nilai positif dapat diberikan dari penggunaan bahasa Inggris di dalam menu, kategori, dan widget.
  1. Kekurangan atau kelemahanya     : Secara keseluruhan blog ini sudah sangat baik, namun dalam hal pemilihan judul atau nama blog sebaiknya lebih disederhanakan lagi dan menggunakan kata atau pun kalimat yang lebih menarik. Selain itu, dari penugasan yang diberikan masih terdapat beberapa pengaturan perataan gambar dalam postingan materi pembelajaran sosiologi SMA yang terlihat kurang rapih. Profil pemilik blog pun masih terdapat di dua tempat dengan judul yang berbeda, yaitu dalam menu: Profile Lovable Women dan dalam widget bagian sisi kanan : Author’s Profile.
  1. Saran dan usulan tambahan atau perbaikan : Sangat luar biasa, lebih ditingkatkan lagi kreatifitasnya dengan menambahkan menu-menu lain atau pun widget yang dapat menunjang penampilan atau pun kebermanfaatan blog. Ada baiknya profil dibuat dalam satu tempat saja.

Blog No. 7

CEPE

  1. Nama pemilik blog                    : Andhika Cahya
  2. Alamat blog atau http                : https://blog.unnes.ac.id/blognyadika/
  3. Kelebihan atau keunggulan      :Secara tampilan tema terlihat jelas. Dari tugas yang diberikan, blog sudah dilengkapi dengan postingan materi ajar sosiologi dan antropologi SMA, silabus, penghitung jumlah pengunjung, profil pemilik dan tujuan blog, kategori, dan friend’s blog.
  1. Kekurangan atau kelemahanya   : Tema yang dipilih terlihat masih sangat sederhana dan kurang adanya kreatifitas pemilik blog. Belum terdapat kategori sosiologi SMA dan antropologi SMA dalam blog berjudul Blognya Dika ini. Selain itu, masih belum adanya konsistensi penulisan judul dalam postingan, seperti masih terlihat penggunaan huruf kapital dalam beberapa postingan. Penataan widget yang terlihat masih kurang rapih bahkan masih terdapat dua widget kategori dalam blog ini.
  1. Saran dan usulan tambahan atau perbaikan : Secara keseluruhan sudah baik, namun agar pengunjung dapat lebih tertarik mencari informasi yang terdapat di dalam blog, tampilan blog dapat kembali diatur. Dapat pula ditambahkan background atau gambar tampilan awal.

Blog No. 8

RYAN

  1. Nama pemilik blog                    : Rahadyan Kuswardhana
  2. Alamat blog atau http                : https://blog.unnes.ac.id/rahadyankswr/
  3. Kelebihan atau keunggulan : Secara umum judul atau nama blog sangat menginspirasi. Dominasi warna hitam sepertinya menggambarkan kepribadian pemilik dan dapat memperjelas tulisan yang ada di dalam blog. Dari tugas yang diberikan sudah terdapat profil pemilik blog, kategori, penghitung jumlah pengunjung, dan friend’s blog.
  1. Kekurangan atau kelemahanya : Meskipun sudah sangat menarik, namun background blog terlihat masih sangat polos. Berdasarkan tugas yang diberikan, masih terdapat beberapa kekurangan, seperti masih belum terdapat kategori antropologi SMA. Selain itu materi ajar yang di posting ke dalam blog baru terdapat materi ajar sosiologi dan belum ada materi ajar antropologi SMA.
  1. Saran dan usulan tambahan atau perbaikan : Sudah baik, namun alangkah lebih baik lagi jika tugas dapat segera diselesaikan. Secara tampilan dapat diberikan kombinasi agar blog terlihat menarik dan kreatif.

Blog No. 9

MARISKA

  1. Nama pemilik blog                    : Mariska Yunita Apsari
  2. Alamat blog atau http                : https://blog.unnes.ac.id/mariskayunita/
  3. Kelebihan atau keunggulan      :Secara umum pemilihan tema blog sangat berwarna. Dari tugas yang diberikan, blog sudah dilengkapi dengan friend’s blog, kategori, silabus, dan penghitung jumlah pengunjung. Selain itu, terdapat pula profil pemilik blog dan materi ajar sosiologi dan antropologi SMA yang dilengkapi dengan gambar ilustrasi sesuai dengan judul materi membuat postingan terlihat semakin menarik.
  1. Kekurangan atau kelemahanya  : Dalam blog berjudul Ruang Ilmu ini masih terdapat beberapa kekurangan, seperti pemilihan tema yang terlihat masih standar. Berdasarkan tugas yang diberikan, masih belum terdapat tujuan blog pada halaman profil, belum adanya kategori sosiologi SMA membuat materi ajar sosiologi yang di posting masih dijadikan satu dengan kategori sosiologi. Selain itu terdapat beberapa materi ajar sosiologi antropologi SMA yang belum dituliskan daftar pustaka atau refrensinya dan masih terdapat pula postingan yang belum di read more, sehingga tampilan postingan terlihat sangat panjang.
  2.  dan usulan tambahan atau perbaikan : Secara keseluruhan sudah sangat baik, namun alangkah lebih baik lagi jika lebih mengkreasikan tampilan blog melalui pemilihan tema, penambahan background, dan gambar tampilan awal. Selain itu, beberapa tugas yang masih belum diselesaikan seperti kategori dan read more pada beberapa postinganl dapat segera diselesaikan.

Blog No. 10

QUTWAH

  1. Nama pemilik blog                    : Qudwah Hayati
  2. Alamat blog atau http                : https://blog.unnes.ac.id/qudwahhayati/
  3. Kelebihan atau keunggulan      : Secara umum tampilan blog sudah sangat menarik. Kombinasi huruf, tema, dan gambar background sangat kreatif dan jelas. Terkait tugas yang diberikan sudah terpenuhi semua, kategori, silabus, pengjitung jumlah pengunjung, friend’s blog, profil, dan materi ajar sosiologi antropologi SMA. Selain itu adanya menu News dan Jurnal Komunitas semakin menambah nilai positif blog ini.
  1. Kekurangan atau kelemahanya  : Masih terdapat satu materi sosiologi yang belum di posting yaitu mengenai Konflik, Kekerasan, dan Upaya Penyelesaiannya.
  1. Saran dan usulan tambahan atau perbaikan : Lebih ditingkatkan lagi kreatifitasnya, terkait materi ajar sosiologi SMA yang masih belum di posting, dapat ditambahkan ke dalam blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: