Skip to toolbar

Category: Materi Belajar SMA

Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat

Kali ini saya mengulas mengenai beberapa blog milik teman-teman saya yang mungkin saja bisa menjadi rekomendasi untuk para pembaca untuk mengunjunginya.  Sebagian besar dari blog-blog di bawah ini berisi dan memang disiapkan untuk materi pembelajaran Sosiologi dan Antropologi untuk SMA maupun umum. Sehingga dapat menjadi referensi tambahan jika artikel pada blog saya tidak begitu lengkap. …

Continue reading

Karya Ilmiah dan Metode Penelitian Antropologi (Materi Antropologi 4 untuk SMA Kelas XII)

Pengertian karya ilmiah            Menurut Eko Susilo  merupakan suatu karangan atau tulisan yang diperoleh dari keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, dan penelitian dalam bidang tertentu yang disusun berdasarkan metode tertentu dan sistematis dengan menggunakan bahasa penulisan yang santun, serta isinya dapat dipetanggungjawabkan kebenarannya dan keilmiahannya.

Continue reading

Relativitas, Ketahanan, Inovasi dan Asimilasi Budaya (Materi Antropologi 3 untuk SMA Kelas XII)

Relativitas Budaya Menurut Clifford Geertz, meskipun masyarakat Indonesia telah terbentuk sejak 1945 tetapi penduduk multi etnis, multi agama, multi bahasa, dan multi rasial cenderung menelusuri identitasnya pada hal-hal yang asli seperti dari mana mereka berasal dan dibesarkan.Dalam rangka hidup berkelompok, penduduk akan mencari, membentuk atau memasuki organisasi yang anggota-anggotanya berasal dari agama, bahasa, etnik, dan …

Continue reading

Proses Globalisas dan Strategi Mempertahankan dan Memperkuat Nilai-nilai Budaya Indonesia (Materi Antropologi 2 untuk SMA Kelas XII)

Globalisasi      Globalisasi adalah suatu proses yang sebenarnya sudah lama terjadi di belahan bumi ini, akan tetapi di era sekarang ini yaitu era modern proses globalisasi lebih berkembang dan banyak dikenal orang. Hal ini terjadi karena globalisasi sekarang wujud atau hasilnya lebih konkrit, menyentuh pada sistem, dan sangat bervariatif. Globalisasi adalah suatu proses yang menempatkan …

Continue reading

Kesetaraan dan Hubungannya dengan Perubahan Sosial Budaya (Materi antropologi 1 SMA untuk Kelas XII)

Kesetaraan Sosial Budaya Kesetaraan sosial adalah tata politik sosial di mana semua orang yang berada dalam suatu masyarakat atau kelompok tertentu memiliki status yang sama. Setidaknya, kesetaraan sosial mencakup hak yang sama di bawah hukum, merasakan keamanan, memperolehkan hak suara, mempunyai kebebasan untuk berbicara danberkumpul, dan sejauh mana hak tersebut tidak merupakan hak-hak yang bersifat …

Continue reading

Metode Etnografi dan Manfaatnya dalam Mencari Solusi Serbagai Permasalahan Sosial-Budaya (Materi Antropologi 5 untuk SMA Kelas XII)

Etnografi Istilah etnografi berasal dari kata ethnos yang berarti bangsa dan graphy yang berarti tulisan. Jadi, pengertian etnografi adalah deskripsi tentang bangsa-bangsa.

Continue reading

Perubahan Budaya dan Melemahnya Nilai-nilai Tradisional (Materi Antropologi 4 untuk SMA Kelas XI)

  Bangsa Indonesia terkenal dengan kebudayaannya yang beraneka ragam. Pada setiap daerah masyarakat kita mengembangkan budayanya masing-masing. Kebudayaan yang dikembangkan di daerah-daerah dinamakan kebudayaan lokal. Kebudayaan dan masyarakat ialah satu hal yang tidak dapat dipisahkan karena masyarakat pasti memiliki budaya.

Continue reading

Persamaan dan Perbedaan Budaya, Bahasa, Dialek, Tradisi Lisan yang Ada di Masyarakat Setempat (Materi Antropologi 3 untuk SMA Kelas XI)

  Bahasa adalah alat komunikasi yang paling dasar pada setiap kelompok masyarakat. Bahasa selain sebagai alat komunikasi dan interaksi antar anggota dalam masyarakt, juga berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa. beragamanya kelompok masyarakat etnis yang ada di Indonesia menyebabkan beragamnya pula jenis bahasa yang berlaku di Indonesia. Dalam tulisan kali ini, saya akan mencoba memaparkan materi …

Continue reading

Pemetaan Budaya, Masyarakat Pengguna Bahasa Dialek, dan Tradisi Lisan di Suatu Daerah dan Nusantara (Materi Antropologi 2 untuk SMA Kelas XI)

  Dialek adalah variasi bahasa yang berbeda menurut pemakai bahasa dari suatu daerah tertentu, kelompok sosial tertentu atau kurun waktu tertentu. Dialek suatu daerah bisa diketahui berdasarkan tata bunyinya. Bahasa Indonesia yang diucapkan dalam dialek orang Tapanuli dapat dikenali karena tekanan katanya yang sangat jelas. Bahasa Indonesia dialek Bali dan Jawa dapat dikenali pada pelafalan …

Continue reading

Keterkaitan Antara Keberagaman Budaya, Bahasa Dialek, Tradisi dengan Kehidupan Masyarakat dalam Suatu Daerah (Materi Antropologi 1untuk SMA Kelas XI)

Keragaman budaya atau “cultural diversity” di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Dalam konteks pemahaman masyarakat majemuk, selain kebudayaan kelompok suku bangsa, masyarakat Indonesia juga terdiri dari berbagai kebudayaan daerah bersifat kewilayahan yang merupakan pertemuan dari berbagai kebudayaan kelompok suku bangsa yang ada didaerah tersebut.

Continue reading