ULASAN 10 BLOG TEMAN SEJAWAT ( TUGAS UAS)

Pada postingan artikel ini, akan membahas mengenai hasil ulasan terhadap 10 blog teman yang belum tertera namanya di link blog teman. Dimana di dalamnya terdapat penilainan mengenai kelebihan, kekurangan, serta saran untuk blog tersebut. Artikel ini bertujuan untuk menjadi bahan penilaian dan masukkan terhadap blog teman agar menjadi koreksi dan perbaikan bagi blog teman. Selain itu, artikel ini di posting juga bertujuan untuk memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah Praktek Laboratorium. Berikut adalah hasil ulasan saya terhadap 10 blog teman yang belum tertera di link blog teman.

Blog 1

IMG_8641-225x300 Continue reading ULASAN 10 BLOG TEMAN SEJAWAT ( TUGAS UAS)

BAB 4 KARYA ILMIAH DAN METODE PENELITIAN ANTROPOLOGI (ANTROPOLOGI SMA KELAS XII)

Karya Ilmiah

Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Continue reading BAB 4 KARYA ILMIAH DAN METODE PENELITIAN ANTROPOLOGI (ANTROPOLOGI SMA KELAS XII)

BAB 3 RELATIVITAS, KETAHANAN, INOVASI DAN ASIMILASI BUDAYA (ANTROPOLOGI SMA KELAS XII)

asimilasi

RELATIVISME BUDAYA

Relativisme budaya ialah pemikiran bahwa perkembangan budaya tidak sama dari setiap wilayah di belahan bumi. Ada batas relatif antara budaya yang satu dengan yang lain. Lingkungan sosial, lingkungan fisik, dan perilaku manusia adalah sebuah sistem yang membentuk budaya seseorang atau sekelompok orang Jadi jika suatu budaya tidak sama, berarti ada perbedaan secara relatif antara budaya yang satu dengan yang lainnya, tergantung pada kondisi lingkungan sosial, perilaku dari manusianya, dan kondisi lingkungan fisik. Continue reading BAB 3 RELATIVITAS, KETAHANAN, INOVASI DAN ASIMILASI BUDAYA (ANTROPOLOGI SMA KELAS XII)

BAB 2 PROSES GLOBALISASI DAN STRATEGI MEMPERTAHANKAN DAN MEMPERKUAT NILAI-NILAI BUDAYA INDONESIA (ANTROPOLOGI SMA KELAS XII)

GLO

Konsepsi kebudayaan Indonesia memang sangat sulit untuk menentukan kriteria yang cocok untuk masyarakat yang hidup di negara ini. Pancasila sebagai basis ideologi, yang menyimpan nilai-nilai ‘Bhinneka Tunggal Ika’ belum cukup untuk membicarakan kebudayaan Indonesia. Continue reading BAB 2 PROSES GLOBALISASI DAN STRATEGI MEMPERTAHANKAN DAN MEMPERKUAT NILAI-NILAI BUDAYA INDONESIA (ANTROPOLOGI SMA KELAS XII)

BAB 1 KESETARAAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA (ANTROPOLOGI SMA KELAS XII)

diferensiasi-sos

Indonesia merupakan wilayah yang terdiri dari beberapa pulau dengan karateristik yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Perbedaan tersebut dapat meliputi perbedaan ras, agama, mata pencaharian, suku, adat istiadat, norma, dan lain sebagainya. Keberagaman yang ada di Indonesia menjadikan setiap individu yang berasal dari setiap daerah memiliki tingkah laku dan aktivitas yang berbeda-beda. Continue reading BAB 1 KESETARAAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA (ANTROPOLOGI SMA KELAS XII)

BAB 5 METODE ETNOGRAFI DAN MANFAATNYA DALAM MENCARI SOLUSI BERBAGAI PERMASALAHAN SOSIAL-BUDAYA

Etnografi-portio-NEW-HUMAN-PROOF62

Ethnographic fieldwork is the hallmark of cultural anthropology” adalah sebuah pernyataan dari James Spradley, yang maksudnya kajian lapangan etnografi adalah tonggak dari antropologi kultural. Belajar tentang etnografi berarti belajar tentang jantung dari ilmu antropologi, khususnya antropologi sosial. Continue reading BAB 5 METODE ETNOGRAFI DAN MANFAATNYA DALAM MENCARI SOLUSI BERBAGAI PERMASALAHAN SOSIAL-BUDAYA

BAB 4 PERUBAHAN BUDAYA DAN MELEMAHNYA NILAI-NILAI TRADISIONAL

budaya-indonesia

perubahan masyarakat dapat mengenai nilai-nilai sosial, norma-norma sosial, pola-pola perilaku organisasi , susunan lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan dalam masyarakat, kekuasaan dan wewenang, interaksi sosial dan lain sebagainya. Karena luasnya bidang dimana mungkin terjadi perubahan-perubahan tersebut, bila seseorang hendak membuat penelitian, perlulah terlebih dahulu ditentukan secara tegas, perubahan apa yang dimaksudnya. Continue reading BAB 4 PERUBAHAN BUDAYA DAN MELEMAHNYA NILAI-NILAI TRADISIONAL

BAB 3 KETERKAITAN ANTARA KEBERAGAMAN BUDAYA, BAHASA, DIALEK, TRADISI LISAN YANG ADA DI MASYARAKAT SETEMPAT (ANTROPOLOGI SMA KELAS XI)

bahasa

Bahasa dan Dialek : Pengertian, Kesamaan, Keanekaragaman, Perbedaan, Fungsi, Tradisi Lisan, Mitos, Legenda, Dongeng – Ada berapa bahasa yang sudah kalian kuasai sekarang? tentunya sangat menarik sekali jika kalian dapat menguasai lebih dari satu bahasa. Kalian akan dapat berkomunikasi secara lancar dengan berbagai orang yang berlatar belakang budaya dan bahasa yang berbeda dengan kalian. Kalian dalam segala aktivitas sehari-hari pasti menggunakan bahasa. Continue reading BAB 3 KETERKAITAN ANTARA KEBERAGAMAN BUDAYA, BAHASA, DIALEK, TRADISI LISAN YANG ADA DI MASYARAKAT SETEMPAT (ANTROPOLOGI SMA KELAS XI)

BAB 2 KETERKAITAN ANTARA KEBERAGAMAN BUDAYA, BAHASA, DIALEK, TRADISI DENGAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DALAM SUATU DAERAH DAN NUSANTARA (ANTROPOLOGI SMA KELAS XI)

DI8ALEK

Bahasa dan Dialek

Ada dua ciri bahasa yang saling bertentangan, yakni ciri universal dan ciri lokal (unik). Ciri universal bahasa, diantaranya terletak pada fonologi, morfologi, dan sematik yang ditemukan pada hampir semua bahasa yang terletak pada adjektiva mengikuti nomina, seperti rumah besar, jalan besar dan orang pandai yang juga ditemui di berbagai bahasa di dunia. Sifat universal bahasa dapat juga ditemui di persamaan kata pada beberapa bahasa di dunia. Fakta ini memperkuat dugaan para ahli bahwa pada asal mulanya bahasa manusia itu adalah satu dan sama. Continue reading BAB 2 KETERKAITAN ANTARA KEBERAGAMAN BUDAYA, BAHASA, DIALEK, TRADISI DENGAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DALAM SUATU DAERAH DAN NUSANTARA (ANTROPOLOGI SMA KELAS XI)

BAB 1 KETERKAITAN ANTARA KEBERAGAMAN BUDAYA, BAHASA, DIALEK, TRADISI DENGAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DALAM SUATU DAERAH (ANTROPOLOGI SMA KELAS XI)

bahasa-asing-ilustrasi-_130314164840-388

Coba kembangkan rasa keingintahuan dan orientasi kecakapan pada diri kalian.

Amati dan telitilah dialek yang digunakan oleh masyarakat yang menggunakan bahasa jawa Surakarta dan bahasa jawa Purwokerto. Berikan pendapat kalian mengapa kedua masyarakat jawa tersebut memiliki dialek yang berbeda? Continue reading BAB 1 KETERKAITAN ANTARA KEBERAGAMAN BUDAYA, BAHASA, DIALEK, TRADISI DENGAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DALAM SUATU DAERAH (ANTROPOLOGI SMA KELAS XI)

Skip to toolbar