Hasil Review dan Ulasan Blog Teman

Desember 30th, 2015 by apriyani 1 comment »

Setelah melihat  10 blog milik teman, saya  memberi ulasan kepada masing-masing blog terkait kekurangan, kelebihan dan masukan.

  1. Nama pemilik blog           : Abdur Rohman

Alamat Blog          : http://blog.unnes.ac.id/rohman/

  • Kekurangan blog:
  1. Artikel yang di posting masih belum mencukupi ketentuan yang ditetapkan oleh Dosen Mata Kuliah Praktek Labolatorium.
  2. Di dalam artikel yang di posting tidak diberi paragraf sehingga pembaca merasa kurang nyaman.
  3. Pengkategorian masih kurang jelas.
  • Kelebihan blog :
  1. Tampilan blog sudah bagus dan cukup menarik, sudah menggambarkan bahwa blog tersebut merupakan blog yang berisi tentang Sosiologi & Antropologi.
  2. Artikel yang diposting di lengkapi dengan gambar yang sesuai sehingga pembaca memiliki pemahaman yang baik ketika membaca artikel tersebut.
  3. Di dalam artikel yang diposting sudah diberi daftar pustaka sebagai sumber referensi.

» Read more: Hasil Review dan Ulasan Blog Teman

Integrasi, Reintegrasi Sosial sebagai Upaya Pemecahan Konflik dan Kekerasan ( Materi Sosiologi Kelas XI Semester Genap)

Desember 24th, 2015 by apriyani No comments »

keanekaragaman-jenis

a.Integrasi Sosial
Integrasi sosial adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan. Unsur-unsur yang berbeda tersebut dapat meliputi perbedaan kedudukan sosial, ras, etnik, agama, bahasa, kebisaaan, sistem nilai, dan norma. Menurut William F. Ogburn dan Mayer Nimkof, ada 3 syarat terwujudnya integrasi sosial yaitu anggota-anggota masyarakat merasa berhasil saling mengisi kebutuhan-kebutuhan di antara mereka, masyarakat berhasil menciptakan kesepakatan (konsensus) bersama mengenai norma dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman dalam hal-hal yang dilarang menurut kebudayaan, norma-norma dan nilai sosial itu berlaku cukup lama, tidak mudah berubah, dan dijadikan secara konsisten oleh seluruh anggota masyarakat. » Read more: Integrasi, Reintegrasi Sosial sebagai Upaya Pemecahan Konflik dan Kekerasan ( Materi Sosiologi Kelas XI Semester Genap)

Perubahan Sosial dan Dampaknya ( Materi Sosiologi Kelas XII Semester Gasal)

Desember 24th, 2015 by apriyani No comments »

hihi

         Perubahan sosial adalah sebuah proses sosial yang berlangsung secara terus-menerus dalam kehidupan masyarakat. Perubahan sosial berkaitan dengan pergeseran fungsi sistem dan struktur sosial sehingga mengubah pola perilaku anggota masyarakat. Perubahan sosial ini disebabkan karena adanya dinamika anggota masyarakatdalam mencari kestabilitannya.

» Read more: Perubahan Sosial dan Dampaknya ( Materi Sosiologi Kelas XII Semester Gasal)

Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas ( Materi Sosiologi Kelas XII Semester Genap)

Desember 21st, 2015 by apriyani No comments »

      Bila diartikan secara bahasa, maka lokal berarti setempat sedangkan kearifan berarti pemikiran, gagasan, atau perilaku yang bijaksana. Jadi, kearifan lokal merupakan sebuah gagasan setempat yang berisi pandangan hidup dan pengetahuan lokal yang mengandung kebijaksanaan, kearifan, bernilai baik yang tertananam dan diikuti oleh satu generasi ke generasi berikutnya. Kearifan lokal sering juga dijadikan sebagai dasar (akal) untuk masyarakat bertindak terhadap sesuatu maupun suatu peristiwa yang terjadi. Kearifan lokal muncul dengan berevolusi bersama masyarakat dan lingkungannya, adapun persebarannya melalui sastra lisan dan menuskrip. Kearifan lokal yang bernilai luhur dan tertanam kuat pada masyarakat dijadikan sebagai alat untuk berpandangan hidup, mengambil keputusan, serta mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan masyarakat di berbagai bidang. » Read more: Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas ( Materi Sosiologi Kelas XII Semester Genap)

Ketimpangan Sosial Sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi ( Materi Sosiologi Kelas XII Semester Genap)

Desember 21st, 2015 by apriyani No comments »

unduhan (2)unduhan (2)

       Ketimpangan sosial dapat diartikan sebagai adanya ketidakseimbangan atau jarak yang terjadi ditengah-tengah masyarakat yang disebabkan adanya perbedaan status sosial, ekonomi, ataupun budaya. Ketimpangan sosial dapat disebabkan oleh adanya faktor-faktor penghambat, sehingga mencegah dan menghalangi seseorang untuk memanfaatkan akses atau kesempatan-kesempatan yang tersedia. Dua faktor penghambat tersebut adalah sebagai berikut. » Read more: Ketimpangan Sosial Sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi ( Materi Sosiologi Kelas XII Semester Genap)

Globalisasi dan perubahan komunitas lokal ( Materi Sosiologi Kelas XII Semster Gasal)

Desember 21st, 2015 by apriyani No comments »

Pengertian globalisasi
Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya popular, dan bentuk-bentuk interaksi lain. Dengan kata lain, kemunculan sebuah sistem ekonomi dan budaya global yang membuat manusia di seluruh dunia menjadi sebuah masyarakat tunggal yang global. Menurut Cohen dan Kennedy menyatakan bahwaglobalisasi adalah “seperangkat transformasi yang saling memperkuat” dunia, yang meliputi beberapa hal, sebagai berikut: » Read more: Globalisasi dan perubahan komunitas lokal ( Materi Sosiologi Kelas XII Semster Gasal)

Perubahan Sosial dan Dampaknya ( Materi Sosiologi Kelas XII Semester Gasal)

Desember 21st, 2015 by apriyani No comments »

       Setiap masyarakat pasti mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi di masyarakat meliputi perubahan norma-norma sosial, pola-pola sosial, interaksi sosial, pola perilaku, organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan masyarakat, serta susunan kekuasaan dan wewenang. Kingsley Davis mengatakan bahwa perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagiannya, yaitu kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat, bahkan perubahan dalam bentuk serta aturan organisasi sosial.

» Read more: Perubahan Sosial dan Dampaknya ( Materi Sosiologi Kelas XII Semester Gasal)

Konflik, Kekerasan dan Upaya Penyelesaiannya ( Materi Sosiologi Kelas XI Semester Genap)

Desember 21st, 2015 by apriyani No comments »

tawuranpelajar

A. Konflik Sosial
Pengertian Konflik
Kata “konflik” berasal dari bahasa Latin “configure” yang artinya saling memukul. Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konflik didefinisikan sebagai percekcokkan, perselisihan, atau pertentangan. Dengan demikian, secara sederhana, konflik merujuk pada adanya dua hal atau lebih yang bersebrangan, tidak selaras, dan bertentangan. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (atau juga kelompok) yang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya.
Konflik lahir dari kenyataan akan adanya perbedaan-perbedaan, misalnya perbedaan ciri badaniah, emosi, kebudayaan, kebutuhan, kepentingan, atau pola-pola perilaku antarindividu atau kelompok dalam masyarakat. » Read more: Konflik, Kekerasan dan Upaya Penyelesaiannya ( Materi Sosiologi Kelas XI Semester Genap)

Perbedaan, Kesetaraan dan Harmoni Sosial ( Materi Sosiologi Kelas XI Semester Genap)

Desember 21st, 2015 by apriyani No comments »
      Perbedaan dan keberagaman bukanlah sumber pemecah belah. Prinsip kesetaraan dan harmoni sosial menumbuhkan toleransi di dalam masyarakat. Di dalam masyarakat, memang ada perbedaan atau ketidaksamaan sosial. Ketidaksamaan sosial terdiri dari ketidaksamaan sosial horizontal dan ketidaksamaan sosial vertikal. Ketidaksamaan sosial horizontal adalah perbedaan antarindividu atau kelompok yang tidak menunjukan adanya tingkatan lebih tinggi atau lebih rendah (disebut juga, differensiasi sosial). Sementara itu, ketidaksamaan sosial vertikal adalah perbedaan antar individu atau kelompok yang menunjukan adanya tingkatan lebih rendah atau lebih tinggi (disebut juga, stratifikasi sosial). Dalam interaksi sosial antarindividu yang berbeda tersebut, prinsip kesetaraan perlu diterapkan. Dengan prinsip ini, harmoni sosial dapat tercipta. Harmoni sosial merupakan kondisi dimana individu hidup sejalan dan serasi dan setiap anggota masyarakat dapat menjalani secara baik sesuai kodrat dan posisi sosialnya.

» Read more: Perbedaan, Kesetaraan dan Harmoni Sosial ( Materi Sosiologi Kelas XI Semester Genap)

Berbagai Permasalahan Sosial dalam Masyarakat ( Materi Sosiologi Kelas XI Semester Gasal)

Desember 21st, 2015 by apriyani No comments »

unduhan (1)

Masalah sosial adalah suatu kondisi yang terlahir dari sebuah keadaan masyarakat yang tidak ideal, atau definisi masalah sosial yaitu keditak sesuaian unsur-unsur masyarakat yang dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial. Masalah sosial merupakan suatu kondisi yang dapat muncul dari keadaan masyarakat yang kuranga atau tidak ideal, maksudnya selama terdapat kebutuhan dalam masyarakat yang tidak terpenuhi secara merata maka masalah sosial akan tetap selalu ada didalam kehidupan.

Berikut ini pengertian masalah sosial menurut para ahli :

  • Bulmer dan Thompson : Masalah Sosial ialah suatu kondisi yang terjadi dimana dapat mengancam nilai-nilai di dalam masyarakat, sehingga dapat berakibat pada sebagian besar dari anggota masyarakat.

» Read more: Berbagai Permasalahan Sosial dalam Masyarakat ( Materi Sosiologi Kelas XI Semester Gasal)