Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat

Januari 7, 2016 in Sosiologi | Comments (0)

  1. Nama Pemilik Blog               : Anisa Mar’atussholehah

Alamat Blog/http                   : https://blog.unnes.ac.id/anisamarsol79/

Kelebihan / keunggulan        : Materi yang di sajikan atau yang terdapat di blog sudah cukup lengkap, sehingga pembaca mampu memahami dengan jelas, sumber yang di cantumkan juga sudah jelas. Materi yang di upload tidak hanya mengenai Sosiologi dan Antropologi sehingga menambah variasi dari bog tersebut.

Kekurangan/kelemahan       : Judul kurang menarik, penyajian tulisan di setiap artikel juga kurang rapih dan terlalu berdempetan sehingga meyulitkan pembaca, tema yang dipakai juga kurang menarik karena sudah banyak mahasiswa lain yang menggunakan tema dengan jenis yang sama. Profil kurang lengkap (tidak ada foto). Masih banyak artikel yang menggunakan “Uncategorized”.

Saran dan Usulan                 : Mengganti nama (Judul) blog agar lebih menarik, merapihkan tulisan di setiap artikel, melengkapi profil, dan merapihkan kategori.

  1. Nama Pemilik Blog : Vivin Asafirda

Alamat Blog/ http                  : https://blog.unnes.ac.id/vivinasafirda/

Kelebihan / keunggulan        : Pada setiap artikel terdapat gambar yang mewakili isi dari artikel yang di sajikan, sehingga mampu membantu pembaca untuk lebih memahami isi dari artikel, penulisan artikel juga sudah rapih dan tertata dengan baik, judul artikel konsisten menggunakan huruf kapital semua.

Kekurangan/kelemahan       : Masih ada “Uncategorized” pada pengkategorian, nama- nama blog pada blog teman masih menggunakan judul blog sehingga pembaca tidak mengetahui blog tersebut milik siapa, profil kurang lengkap karena tidak ada tujuan dari adanya blog tersebut. Tema yang digunakan kurang menarik karena terlalu polos.

Saran dan Usulan : Menghapus “Uncategorized” pada kategori, melengkapi profil , memperbaiki nama-nama pada “blog teman”, dan mengganti tema supaya lebih menarik lagi.

  1. Nama Pemilik Blog : Firdha Indriani

Alamat Blog/http                   : http//blog.unnes.ac.id/firdhaindriani/

Kelebihan/Keunggulan         : Tema sangat menarik dan berbeda dari yang lain, pemilihan judul juga sangat kreatif dan sesuai dengan tema, pada setiap artikel sudah dilengkapi dengan foto serta penulisan yang rapih sehingga memudahkan pembaca.

Kekurangan/Kelemahan          : Profil kurang lengkap karena tidak disertai foto, masih ada “Uncategorized” pada kategori.

Saran dan Usulan                 : Menambahkan foto pada profil dan menghapuskan “uncategorized” pada kategori.

  1. Nama Pemilik Blog : Nu’ufid Rahayu Ambarwati

Alamat Blog/http                   : https://blog.unnes.ac.id/nuufidwati/

Kelebihan/Keunggulan         : Tema menarik dan penuh warna , sudah terdapat foto pada setiap artikel sehingga mampu mewakili isi dari artikel yang ada, penulisan judul konsisten, penulisan artikel sudah rapih .

Kekurangan/Kelemahan      : Pemilihan warna untuk judul terlalu gelap sehingga tulisan tidak terlalu terlihat karena sinkron dengan gambar tajuk blog, pemilihan gambar tajuk juga kurang sesuai karena hanya setengah saja sehingga judul tidak sinkron (Panjangnya tidak sama ), terdapat dua judul pada blog, pengkategorian terlalu banyak.

Saran dan Usulan                 : Menggati gambar tajuk dengan ukuran yang lebih besar, menghapus salah satu judul , mengurangi pengkategorian karena terlalu banyak.

  1. Nama Pemilik Blog : Sofiyatin

Alamat Blog/http                   : blog.unnes.ac.id/sofiyatin/

Kelebihan/keunggulan          : Terdapat foto pada setiap artikel sehingga mampu mewakili isi dari artikel, penulisan artikel sudah rapih, tema yang di gunakan simpel.

Kekurangan/Kelemahan      : Judul kurang menarik karena terlalu umum, tulisan pada setiap artikel terlalu kecil, pencarian / “search” pada blog ada dua sehingga tidak konsisten.

Saran dan Usulan                 : Menggant judul blog, dan mengahapus salah satu pencarian/ “search”.

  1. Nama Pemilik Blog             : Apriyani

Alamat Blog/http                   : https://blog.unnes.ac.id/apriyani09/

Kelebihan /keunggulan         : Materi yang disajikan dalam blog sudah cukup lengkap, dengan adanya gambar ilustrasi terkait dengan materi yang disampaikan sehingga membuat setiap materi yang dipostng tidak membosankan. Dengan tampilan yang sangat sederhana sehingga saat membuka postingan tersebut browser menjadi semakin ringan dan mudah dibuka.

Kekurangan/kelemahan       : Template blog yang terlalu simple sehingga visitor menjadi cepat bosen jika berlama-lama membuka blog ini, selain itu blog ini membuat 10 artikel dalam satu halaman sehingga sangat tidak efisien karena visitor harus menscroll halaman terlalu ke bawah

Saran dan Usulan                 : Perbaiki tampilan blog, jangan terlalu panjang dalam membuat artikel dan diusahakan memakai redaksional sendiri untuk mengurangi kejenuhan dari visitor.

  1. Nama Pemilik Blog : Rima Ayu Riyani

Alamat Blog/http                   : https://blog.unnes.ac.id/rimaayur/

Kelebihan/keunggulan          : Tampilan blog sudah cukup menarik dengan memberikan corak warna yang kontras dihalaman depan. Sehingga visitor akan merasa tertarik untuk membaca lebih jauh materi blog ini. Ditunjang dengan artikel yang pendek sehingga memudahkan visitor untuk memilih materi apa yang akan dibacanya.

Kekurangan/kelemahan           : Materi yang terdapa dalam blog ini tidak ditunjang dengan ilustrasi gambar sehingga visitor akan merasa jenuh saat membaca artikel dalam blog ini.

Saran dan Usulan                 : Perbaiki tampilan blog supaya lebih menarik lagi, dan tambahan ilustrasi gambar pada setiap artikelnya untuk lebh memudahkan pembaca dalam memahami isi dari artikel tersebut.

  1. Nama Pemilik Blog : Farika Tri

Alamat Blog/http                   : https://blog.unnes.ac.id/farikatriakcl/

Kelebihan/keunggulan          : Tampilan blog yang cukup menarik dengan paduan warna yang sangat unik, dipadukan dengan isi artikel yang banyak dalam satu halaman untuk memudahkan visitor memilih artikel mana yang akan dibaca. Dimana setiap artikel ditunjang dengan ilustrasi gambar sehingga membuat pembaca akan merasa nyaman dalam memahami isi dari artikel tersebut.

Kekurangan/kelemahan       : Tidak ada judul blog sehingga visitor baru yang mengunjungi blog tersebut akan dilanda kegalauan yang sangat dalam tentang isi blog tersebut.

Saran dan Usulan                 : Berilah judul blog yang menarik untuk blog anda untuk memudahkan visitor mengetahui tentang isi blog anda.

  1. Nama Pemilik Blog : Inggit Silvia

Alamat Blog/http                   : https://blog.unnes.ac.id/inggitsilvia/

Kelebihan/keunggulan          : Tampilan blog yang simpel dengan nuansa hitam putih yang menawan, dengan isi artkel yang tidak kalah menarik. Dengan adanya ilustrasi gmbar pada setiap artikel sehingga visitor akan lebih mudah memahami isi dari artikel tersebut.

Kelemahan/ kekurangan      : Template blog terlalu simpel. Kurang menarik sehingga visitor akan cepat jenuh karena tidak ada variasi warna yang charming. Isi artikel juga terlalu panjang, membuat visitor akan merasa kesusahan dalam menemukan artikel yang dibutuhkannya.

Saran dan Usulan                 : Perbaiki template blog, karena bagaimanapun juga visitor akan melihat tampilan blog dulu saat pertama kali berkunjung. Selanjutnya adalah, terkait isi blog jangan terlalu panjang di halaman muka karena akan membuat visitor merasa kesulitan ketika akan mencari artikel yang dibutuhkan. Tidak perlu dimasukan foto pemilik dari akun blog tersebut, yang penting esensi dari blog tersebut terpenuhi dan jangan lupa diberikan judul blog.

  1. Nama Pemilik blog : Gisella Tioriva

Alamat blog/http                   : https://blog.unnes.ac.id/gisellatioriva/

Kelebihan/keunggulan          : Tampilan template sangat dinamis dan sangat mudah untuk dibaca. Dengan bantuan ilustrasi gambar disetiap artikekl membuat blog ini nampak sangat elegan dengan tidak berlebihan dalam pemberian aksesorisnya.

Kelemahan/kekurangan           : Tampilan blog tidak ditunjang dengan pewarnaan yang menarik, sehingga visitor akan cepat merasa bosan. Juga dalam satu halaman terlalu banyak artikel yang ditampilkan akan menyulitkan visitor mencari artikel yang dicarinya. Dan tidak adanya judul blog akan memberikan dampak kegelisahan yang sangat luar biasa kepada visitor akan isi dari blog tersebut sexara umum.

Saran dan Usulan                 : Perbaikilah tampilan blogmu, karena perpaduan yang menarik antara template blog dengan isi artikel merupakan salah satu penunjang untuk menarik minat visitor untuk membaca blog kita. Dan jangan lupa diberikan judul blog.

 

 


Leave a Reply