Analisis “Suku Terasing” di Tengah Kota

Assalamualaikum para blogger. kali ini saya akan memposting tugas dari mata kuliah Pengantar Antropologi. tugas ini berisi tentang analisis mengenai Suku terasing di Tengah Kota. Selamat membaca yaa..

Pendapat saya mengenai artikel “Suku Terasing” di Tengah Kota yaitu bagaimana pentingnya ilmu Antropologi untuk perkembangan penelitian dimasyarakat ,khususnya di Indonesia .seperti halnya dalam artikel tersebut masalah dapat dikemukakan oleh Semiarto seorang Dosen Netropologi yang sengaja melakukan Penelitian di kawasan Cibubur , Semiarto mengatakan bahwa “Banyak pendatang yang kemudian tidak dapat mengikuti standar hidup ditengah kota , mereka tidakpunya akses kemanapun menjadi terasing” namun bagi Semiarto fenomena itu adalah suatu kewajaran , kondisi masyarakat selalu berkembang demikian juga dengan ilmu pengetahuan.

Demikian juga Antropologi , antropologi klasik yg tadinya hanya meneliti disuatu tempat ,satuan budaya dan sosial ,sekarang lebih pada satuan isu. Di Eropa ilmu Antropologi sudah berkembang sejak abad ke-20 . Banyak orang-orang Eropa yang mendatangi berbagai Benua dan Jazirah. Mereka lalu menyusun Etnografi tersebut berdasarkan cara berpikri evolusi masyarakat. Sedangkan di Indonesia Antropologi berkembang setelah 50th menjadi bidang akademik diUI. Perkembangan Antropologi di Indonesia ditandai semakin variatifnya pusat-pusat Antropologi. Di era globalisasi ,peran antropologi semakin kuat dengan kajian yang variatif. Dikarenakan masyarakat yang tanpa kebudayaan dan jati diri akan mudah tersesat dan mengalami disorientasi sehingga kebutuhan akan kajian antropologipun semakin dirasakan perlu. Alhasil ilmu antropologi yang belum berkembang di Indonesia harus lebih dikembangkan lagi .

Tentang firma aprianti

Nama : Firma Aprianti TTL : Semarang, 28-04-1995 Program Study : Pendidikan sosiologi dan Antropologi Unniversitas Negeri Semarang blog ini berisi mengenai materi pembelajaran-pembelajaran sosiologi dan antropologi yang juga sedang saya pelajari
Tulisan ini dipublikasikan di Tugas Kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: