• Kehidupan Nelayan di Rembang

    BAB I

    PENDAHULUAN

    1. Latar Belakang

    Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang mempunyai lautan yang luas dan terdiri dari ribuan kepulauan. Dari hal tersebut mempengaruhi mata pencaharian penduduk Indonesia. Karena Indonesia mempunyai lautan yang luas, maka kebanyakan mata pencaharian masyarakat Indonesia adalah nelayan.

    1. Rumusan Masalah

    Pada penelitian kali ini, penulis memfokuskan pada masalah umum dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang kebanyakan bermata pencaharian sebagai nelayan.

    1. Tujuan

    Tujuan diadakannya observasi ini adalah untuk mengetahui kehidupan yang dijalani oleh masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

    1. Manfaat

    Laporan ini semoga bermanfaat bagi para pembaca untuk bisa mengetahui gambaran dan masalah umum yang dihadapi oleh masyarakah yang berprofesi sebagai nelayan.

     

    1. Metode Penelitian

    Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode wawancara.

    1. Waktu dan Tempat

    Penulis melakukan kunjungan ke TPI Tasik Agung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang, pada hari senin tanggal 6 Oktober 2014.

    BAB II

    ISI

    Rembang merupakan sebuah kabupaten di jawa tengah yang letaknya di pantai utara. Karena letak geografisnya berada di sepanjang pantai utara, maka kebanyakan mata pencaharian masyarakat rembang adalah nelayan. Di rembang sendiri terdapat banyak tempat tempat pelelangan ikan diantaranya di daerah Tasik Agung, Binangun, Sluke, Pandangan, Kragan. Disini penulis melakukan observasi di TPI Tasik Agung. Disini penulis mengkaji tentang sekelumit gambaran kehidupan dan permasalahan umum para nelayan di Tasik Agung, Rembang dan membagi hasil observasi di beberapa aspek.

     

    Pendidikan

    merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan, tak terkecuali untuk masyarakat nelayan di Tasik Agung. Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting. Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

     

    Menurut pemaran narasumber Bapak Solikan (39), masyarakat disini sudah sadar akan pentingnya pendidikan dalam kehidupan jaman sekarang. Anak anak disini rata rata sudah lulus SMA/SMK, hal ini sudah menggambarkan bahwa masyarakat disini sudah sadar dengan pentingnya pendidikan. mereka beranggapan bahwa pekerjaan sebagai nelayan tidak menentu dan kurang menyejahterakan bagi masa depan. Sehingga pendidikan memang sangat penting bagi anak-anak mereka. Biasanya di kampung nelayan yang lain sang anak nelayan tidak boleh bersekolah dan diwajibkan untuk membantu orang tuanya melaut tetapi di Desa Tasik Agung sang anak dibebaskan untuk memilih membantu orang tuanya melaut atau bersekolah. Setelah lulus SMA/SMK biasanya anak anak disini memilih untuk pekerjaan lain yang lebih baik, da nada juga melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Tetapi ada juga yang memilih menjadi nelayan untuk membantu orang tuanya.

     

    Cara dan Proses Melaut

    Kegiatan yang sangan penting dan vital bagi seorang nelayan adalah melaut mencari ikan di laut. Karena dari kegiatan melautlah para nelayan dapat memenuhi kebutuhan mereka dan meneruskan kehidupan mereka. Dan laut merupakan sumber penghidupan bari para nelayan mereka menyadari laut sangat penting bagi kehidupan mereka. Oleh karena itu dalam melaut mereka tidak menggunakan alat alat dan bahan bahan yang dapat membahayakan ekosistem laut. Jika ekosistem laut rusak/ tidak terjaga, maka mereka akan mendapatkan dampaknya. Salah satu dampaknya adalah hasil tangkapan mereka akan berkurang.

     

    Dalam melaut, nelayan tasik agung sudah mulai menggunakan teknologi yang dapat membantu mereka dalam melaut, tetapi alat / bahannya tetap ramah lingkungan. Tetapi alat alat ini biasanya digunakan oleh kapal kapal yang sudah berskala besar. Sedangkan perahu perahu kecil hanya sedikit yang sudah menggunakan alat alat tersebut. Alat yang digunakan para nelayan Tasik Agung diantaranya adalah Global Positioning System atau yang biasa disebut GPS. GPS ini digunakan para nelayan Desa Tasik Agung untuk mendeteksi posisi pulau di tengah lautan dan posisi ikan. Alat lainnya yang digunakan oleh nelayan Tasik Agung adalah Sounder. Sounder digunakan oleh para nelayan Tasik Agung untuk mengetahui posisi kerang yang ada di lautan sehingga bisa mengetahui dimana posisi karang yang ada untuk menghindari kecelakaan. Sedangkan alat lain yang digunakan adalah Orari. Orari biasa digunakan oleh para nelayan Tasik Agung untuk berkomunikasi. Orari ini mirip dengan walkie talkie yang biasa digunakan oleh para polisi. Sedangkan untuk alat menangkap ikan mereka menggunakan jarring yang besar.

     

    Dengan alat alat tersebut para nelayan Tasik Agung berharap bisa menunjang kegiatan melaut mereka menjadi lebih baik lagi. Hasil tangkapan ikan yang mereka peroleh tidak menentu. Kapal yang berskala kecil biasanya bisa mendapatkan 4-5 buah tong ikan. Sedangkan kapal kapal yang berskala besar bisa mencapai puluhan tong ikan. Meskipun hasil tangkapan mereka tidak menentu, namun mereka tetap bersyukur karena masih bisa melakukan kegiatan melaut secara berkesinambungan dan terus menerus. Jumlah awak kapal yang dibutuhkan tiap masing masing kapal pun berbeda beda. Tergantung pada besar kecilnya kapal yang mereka gunakan. Jika kapal yang mereka gunakan kecil, maka jumlah awak kapal mereka sekitar 10an orang. Sedangkan jumlah awak kapal yang berskala besar adalah sekitar 20an orang. Sedangkan modal yang digunakan para nelayan tergantung skala kapal dan jumlah awak kapalnya. Jika modal kapal kecil sekitar 50 jutaan dan harga kapal kecil sekitar 50 jutaan. Sedangkan jika skalanya besar modalnya berkisar ratusan juta dan harga kapal skala besar harganya milyaran. Biasanya kapal kapal yang dimiliki oleh individu adalah kapal yang berskala kecil. Sedangkan kapal kapal yang berskala besar dimiliki oleh perusahaan perusahaan, salah satu perusahaannya adalah PT. Karya Mina.

     

    Dalam melaut ada suatu periode dimana antara bulan januari sampai februari ada masa terbaik untuk menangkap ikan karena sedang banyak-banyaknya. Sebelum menangkap ikan para nelayan di Desa Tasik Agung melakukan suatu prosesi upacara adat yang disebut Manakib. Suatu prosesi yang disebut syukuran agar hasil tangkapan bisa berkah dan para awak nelayan diberi keselamatan serta berkah dalam menangkap ikan. Manakib dalam tradisi jawa biasa disebut Bancakan dengan Nasi udug, kering, mie kuning, tahu, dan ayam kampung sebagai sesajinya yang setelah di doakan diberikan kepada warga sekitar. Sedangkan dalam setahun juga ada ritual/ acara syukuran kepada laut yang biasa disebut dengan istilah sedekah laut. Acara sedekah laut di tasik agung sendiri tergolong besar. Karena anggaran yang dibutuhkan ratusan juta rupiah. Para nelayan di Tasik Agung sendiri tidak mempermasalahkan biaya sedekah laut yang besar tersebut. Karena itu merupakan bentuk rasa syukur mereka para nelayan kepada laut. Hiburan yang selalu ada dalam sedekah laut adalah music dangdut.

    Pembagian Peran

    Dalam pembagian peran yang dilakukan oleh para nelayan adalah sesuai spesialisasi mereka. Sedangkan pembagian peran antara laki laki dan perempuan belum begitu ada. Sebab menurut pemaparan bapak Solikan (39) wanita yang sudah menikah hanya diberi tugas sebagai ibu rumah tangga saja.

     

    Pemasaran Ikan

    Hasil tangkapan dari para nelayan di Tasik Agung dipasarkan dengan berbagai cara. Jika hasil ikan yang dibawa oleh kapal kapal berskala besar akan diolah dan dikirim ke luar daerah. Contohnya adalah PT. Karya Mina yang mengirim hasil ikan ke luar daerah. Sedangkan hasil tangkapan ikan yang dibawa oleh kapal kapal kecil Ada yang dijual langsung ke pedagang di TPI, ada yang dijual ke pengepul/tengkulak. Tetapi mereka lebih senang menjual langsung ke pedagang karena harga jualnya yang tinggi. Sedangkan menjual ikan ke para pengepul/tengkulak biasanya harga jualnya sangat rendah.

     

    Masalah Nelayan di Desa Tasik Agung

    Masalah klasik yang biasa dihadapi oleh para nelayan adalah harga ikan yang tidak stabil dan sering naik turun. Masalah tersebut juga dialami oleh para nelayan yang ada di Tasik Agung. Mereka akan mengeluh jika harga ikannya turun, sedangkan saat harga ikannya naik mereka akan merasa senang. Naik turunnya harga ikan juga dipengaruhi oleh cuaca. Jika cuacanya bagus biasanya harganya biasa biasa saja bahkan bisa turun. Sedangkan saat cuacanya buruk maka harga ikan akan melambung tinggi. Meskipun cuaca agak buruk , menurut pak Solikin (39) para nelayan akan tetap melaut tetapi dengan hati hati yang sangat ekstra. Dalam hal tersebut biasanya saat cuaca buruk datang saat para nelayan sedang melaut, mereka para nelayan akan berlingung di pulau terdekat.

     

    Selain harga ikan yang tidak stabil dan cuaca buruk hal yang menjadi permasalahan para nelayan di tasik Agung adalah harga solar yang mahal. Karena jika harga solar akan naik lagi akan menambah biaya operasional mereka. Tetapi mau tidak mau mereka akan tetap membeli solar walaupun harganya naik sekalipun. Karena jika mereka tidak membeli, maka mereka tidak bisa melaut. Permasalahan lainnya adalah tidak adanya bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada para nelayan di Tasik Agung. Padahal para nelayan disini mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah.

    BAB III

    PENUTUP

    Kesimpulan

     

                Negara Indonesia merupakan negara kepulauan dan mempunyai lautan yang membentang luas. Hal tersebut berdampak pada mata pencaharian masyarakat. Daerah rembang letaknya di daerah pantura yang dekat dengan lautan. Khususnya Desa Tasik Agung yang 70-80% mata pencaharian masyarakatnya adalah sebagai nelayan. Sebagai seorang nelayan sudah sewajarnya mereka bekerja menangkap ikan di laut. Dan mereka juga harus menjaga lautan supaya ekosistemnya tetap seimbang. Karena hal tersebut nelayan di Desa Tasik Agung menggunakan alat dan bahan yang ramah lingkungan dalam mencari ikan supaya tidak merusak ekosistem lautan.

     

    Dalam hal melaut sendiri nelayan Tasik Agung juga mempunyai beberapa masalah dalam pekerjaannya. Antara lain adalah harga ikan yang tidak stabil, cuaca buruk, permainan tengkulak, dan tidak adanya bantuan pemerintah. Meskipun masalah – masalah tersebut tidak bisa dihindari, para nelayan di Desa Tasik Agung tetap melaut karena untuk menyambung hidup mereka.

     

    Saran

    Dalam suatu masyarakat pasti terdapat berbagai macam perbedaan di dalamnya. Kita sebagai makhluk sosial harus menyikapi perbedaan tersebut sebagai sebuah kekayaan budaya dan kearifan lokal. Persatuan dan kesatuan harus dijunjung tinggi untuk menciptakan keharmonisan dalam masyrakat.

    Categories: Pembelajaran Sosiologi

    17 thoughts on “Kehidupan Nelayan di Rembang

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    * Kode Akses Komentar:

    * Tuliskan kode akses komentar diatas:

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.