KONFLIK SOSIAL : PENGERTIAN, PENYEBAB, DAN BENTUK.

     Pada kategori materi SOSIOLOGI SMA ini , nantinya saya akan menuliskan materi-materi apa saja yang termasuk ke dalam materi sosiologi SMA .
Berikut ini saya akan mengulas sedikit salah satu materi sosiologi yakni materi Kelompok Sosial, yang merupakan salah satu materi yang dipelajari di Kelas XI SMA. Kita akan membahas Pengertian, Faktor, dan Macam-macam jenis konflik sosial. Selamat membaca.

A. PENGERTIAN KONFLIK
Dalam kehidupan bermasyarakat tentunya terdapat interaksi sosial yang terjadi baik antar perseorangan atau antar kelompok, maupun antara kelopok dengan individu. Nah, di dalam interaksi tersebut, terdapat kemungkinan-kemingkinan untuk timbulnya konflik. Maka dari itu, kita akan membahas apa itu konflik sosial. Kata konflik berasal dari bahasa Latin “confegere” yang berarti saling memukul. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konflik berarti pertentangan, percekcokan, atau perselisihan. Dalam sudut ilmu sosiologi, konflik sosial dapat diartikan sebagai berbagai masalah sosial yang menimbulkan pertentangan dalam kehidupan masyarakat atau bernegara, yang disebabkan oleh adanya perbedaan pendapat atau pandangan tertentu, akibat tidak adanya rasa toleransi dan perasaan saling mengerti akan kebutuhan individu masing-masing.
Adapun pengertian konflik sosial dari salah satu ahli sosiologi salah satunya adalah Soejono Soekanto
yang mengatakan konflik sosial adalah proses sosial dimana individu atau kelompok berusaha untuk mencapai tujuannya dengan cara menantang individu atau kelompok lain yang disertai dengan ancaman atau kekerasan
B. FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB KONFLIK SOSIAL
1. Perbedaan pendapat atau pandangan
2. Individu dan Kelompok saling bergantung satu sama lain.
3. Komunikasi tidak berjalan dengan baik.
dan lain sebagainya.
C. MACAM – MACAM JENIS KONFLIK SOSIAL
beberapa macam-macam jenis konflik sosial diantaranya :
1. Konflik Sosial
2. Konflik Antar Kelompok : Konflik ini terjadi antara kelompok yang satu dengan yang lainnya, bisa jadi antar dua kelompok, atau lebih. Konflik ini biasanya terjadi karena perbedaan tujuan dan persaingan.
3. Konflik Antar Negara (Internasional) : Konflik ini terjadi antar dua negara atau lebih. Biasanya, konflik ini dipicu oleh adanya satu pihak yang keberatan dengan kebijakan-kebijakan negara yang lainnya, sehingga timbullah konflik.
Dan lain sebagainya.

Sumber Referensi :
http://www.ilmudasar.com/2016/12/Pengertian-Penyebab-Bentuk-Dampak-Konflik-Sosial-adalah.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: