KERATAN SILABUS ANTROPOLOGI SMA KELAS X KURIKULUM 2013

 Salam Agent of Change!

       Salah satu perangkat pembelajaran dalam suatu sekolah adalah silabus yang sudah pasti didalamnya memiliki Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran yang mendukung tercapainya suatu tujuan pembelajaran tersebut. Akan tetapi, disini saya hanya akan menyajikan ‘keratan atau penggalan’ dari Silabus Antropologi pada Kelas X di SMA Kurikulum 2013 , yakni Kompetensi Dasar dan Materi Pembelajaran sebagai berikut :

Alokasi Waktu : 96 Jam Pelajaran

        Sebelum memasuki Materi Pembelajaran apa yang akan dipelajari , berikut ini adalah harapan kurikulum kepada para siswa agar dapat lebih memahami dan terciptanya suatu tujuan pembelajaran seperti yang ada di dalam Kompetensi Dasar sebagai berikut :

  • Memahami Antropologi sebagai ilmu yang mempelajari keanekaragaman dan kesamaan manusia Indonesia dan cara hidupnya secara holistik dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta kerukunan nasional.
  •  Membaca berbagai literatur dan mendiskusikan hasil bacaan tentang ilmu Antropologi sebagai ilmu yang mempelajari keanekaragaman dan kesamaan manusia Indonesia dan cara hidupnya secara holistik dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta kerukunan nasional.

Dengan didukung oleh Materi Pembelajaran yang terkait dalam kompetensi dasar Satu tersebut di atas :

  1. Materi Pembelajaran.

Dalam Materi Pembelajaran ini kita akan mempelajari materi-materi antropologi sebagai berikut :

  • Pengertian mengenai Ilmu Antropologi
  • Konsep-konsep dasar Ilmu Antrpologi: Budaya (culture); Adat; Kelompok Etnik; Etnosentrisma, Relativisme Kebudayaan (cultural relativism), Emik; Etik; Holistik, Struktur Sosial; Bhinneka Tunggal Ika; Kerukunan nasional; Sikap Mental; Revolusi Mental.
  • Sub-disiplin Ilmu Antropologi
  • Tujuan, dan manfaat ilmu Antropologi.

Kompetensi Dasar yang kedua adalah sebagai berikut :

  • Mendeskripsikan penggolongan sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: agama, etnik, gender, pekerjaan, desa-kota) dalam rangka menyadari bahwa masyarakat Indonesia beraneka ragam.
  • Melakukan kajian lapangan, kajian literatur, dan berdiskusi untuk mendeskripsikan penggolongan sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: agama, etnik, gender, pekerjaan, desa-kota) dalam rangka menyadari bahwa masyarakat Indonesia beraneka ragam.
  1. Materi Pembelajaran

Dalam Kompetensi Dasar yang Ke Dua kita akan mempelajari mengenai beberapa materi berikut ini :

  • Konsep Differensiasi Sosial, yaitu penggolongan masyarakat berdasarkan kriteria: agama, etnik, gender, pekerjaan, desa-kota (disesuaikan dengan ciri khas masing-masing daerah).
  • Membangun sikap bijak, kekeluargaan, dan kemanusiaan.

Kompetensi Dasar yang ke Tiga adalah sebagai berikut :

  • Mendeskripsikan strata sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: penghasilan, pendidikan, pangkat) dalam rangka menyadari tentang adanya pelapisan sosial dalam masyarakat Indonesia.
  • Melakukan kajian lapangan, kajian literatur, dan berdiskusi untuk mendeskripsikan strata sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: penghasilan, pendidikan, pangkat) dalam rangka menyadari tentang adanya pelapisan sosial dalam masyarakat Indonesia.
  1. Materi Pembelajaran

Dalam Kompetensi Dasar yang Ke Tiga , kita akan mempelajari mengenai beberapa materi berikut ini :

  • Konsep Stratifikasi Sosial, yaitu pelapisan sosial dalam masyarakat berdasarkan kriteria: penghasilan, pendidikan, pangkat, dan lain-lain (disesuaikan dengan ciri khas masing-masing daerah).
  • Membangun sikap bijak, kekeluargaan, dan kemanusiaan.

Note : Silabus ini telah dimodifikasi oleh penulis. Semoga bermanfaat 🙂 kritik dan saran sangat dibutuhkan.

Selengkapnya bisa kalian lihat atau download Silabus Antropologi SMA K.13 KEMENDIKBUD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: