KERATAN SILABUS ANTROPOLOGI SMA KELAS XI KURIKULUM 2013

Salam Agent of Change!

     Salah satu perangkat pembelajaran dalam suatu sekolah adalah silabus yang sudah pasti didalamnya memiliki Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran yang mendukung tercapainya suatu tujuan pembelajaran tersebut. Akan tetapi, disini saya hanya akan menyajikan ‘keratan atau penggalan’ dari Silabus Antropologi pada Kelas XI di SMA Kurikulum 2013 , yakni Kompetensi Dasar dan Materi Pembelajaran sebagai berikut :

Alokasi Waktu : 128 Jam Pelajaran

Sebelum memasuki Materi Pembelajaran apa yang akan dipelajari , berikut ini adalah harapan kurikulum kepada para siswa agar dapat lebih memahami dan terciptanya suatu tujuan pembelajaran seperti yang ada di dalam Kompetensi Dasar sebagai berikut :

  • Menggunakan pengetahuan dasar metode etnografi dalam mendeskripsikan  institusi-institusi sosial  (antara lain: sistem kekerabatan, sistem religi, sistem politik, sistem mata pencaharian hidup, bahasa, kesenian) dalam suatu kelompok etnik tertentu di Indonesia.
  • Melakukan penelitian etnografi/membaca dengan kritis laporan-laporan penelitian etnografi  dalam rangka mendeskripsikan institusi-institusi sosial  (antara lain: sistem kekerabatan, sistem religi, sistem politik, sistem mata pencaharian hidup, bahasa, kesenian) dalam suatu  kelompok etnik tertentu di Indonesia

Dengan didukung oleh Materi Pembelajaran yang terkait dalam kompetensi dasar Satu tersebut di atas :

  1. Materi Pembelajaran.

Dalam Materi Pembelajaran ini kita akan mempelajari materi-materi antropologi sebagai berikut :

  • Pengertian tentang Metode Etnografi
  • Teknik Penelitian Etnografi
  • Deskripsi  institusi-institusi sosial  (antara lain: sistem kekerabatan, sistem religi, sistem politik, sistem mata pencaharian hidup, bahasa, kesenian) dalam suatu kelompok etnik tertentu di Indonesia.

Kompetensi Dasar yang kedua adalah sebagai berikut :

  • Menemukan dan menunjukkan persamaan dan perbedaan institusi-institusi sosial  dalam berbagai kelompok etnik di Indonesia, agar tercapai pemahaman tentang keanekaragaman dan kesamaan budaya, sehingga terbentuk sikap toleransi, saling menghargai, dan empati dalam rangka membangun masyarakat multietnik Indonesia yang rukun, aman, dan damai
  • Melakukan pengamatan (observasi), wawancara (interview), membaca literatur yang relevan, dan berdiskusi untuk menemukan persamaan serta perbedaan institusi-institusi sosial dalam  berbagai kelompok etnik di Indonesia, agar terbentuk sikap toleransi, saling menghargai, dan empati untuk membangun masyarakat multietnik Indonesia yang yang rukun, aman, dan damai.
  1. Materi Pembelajaran

Dalam Kompetensi Dasar yang Ke Dua kita akan mempelajari mengenai beberapa materi berikut ini :

  • Persamaan dan perbedaan institusi-institusi sosial dalam berbagai kelompok etnik di Indonesia.
  • Kesadaran tentang kondisi masyarakat Indonesia yang Multietnik.

Kompetensi Dasar yang ke Tiga adalah sebagai berikut :

  • Menemukan nilai-nilai kultural yang disepakati bersama oleh masyarakat Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa)  dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta masyarakat multi etnik Indonesia yang rukun, aman, dan damai.
  •  Melakukan refleksi/diskusi untuk menarik kesimpulan tentang nilai-nilai kultural nasional Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa)  dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta masyarakat multi etnik Indonesia yang rukun, aman, dan damai.
  1. Materi Pembelajaran

Dalam Kompetensi Dasar yang Ke Tiga , kita akan mempelajari mengenai beberapa materi berikut ini :

  • Konsep tentang Nilai-Nilai Kultural (cultural values)
  • Pewarisan nilai-nilai kultural atau proses sosialisasi dan enkulturasi.

Kompetensi Dasar yang ke Empat adalah sebagai berikut :

  • Mempromosikan nilai-nilai kultural yang disepakati bersama oleh masyarakat Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa) sebagai budaya nasional (national culture).
  • Membuat program dan berbagai model untuk memprmosikan nilai-nilai kultural yang disepakati bersama oleh masyarakat Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa) sebagai budaya nasional (national culture).

     4. Materi Pembelajaran

Dalam Kompetensi Dasar yang Ke Empat , kita akan mempelajari mengenai beberapa materi berikut ini :

  • Nilai-nilai kultural positif yang dapat dipromosikan sebagai bagian dari budaya nasional (national culture).

Note : Silabus ini telah dimodifikasi oleh penulis. Semoga bermanfaat 🙂 kritik dan saran sangat dibutuhkan.

Selengkapnya bisa kalian lihat atau download  Silabus Antropologi SMA K.13 KEMENDIKBUD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: