MATERI ANTROPOLOGI KELAS XII : PERUBAHAN SOSIAL, PEMBANGUNAN NASIONAL DAN GLOBALISASI

Salam Agent Of Change!

Setelah kita mempelajari dan memahami semua materi pembelajaran ANTROPOLOGI kelas X dan XI, maka kali ini kita akan mempelajari dan memahami apa saja materi-materi pembelajaran antropologi di Kelas XII kurikulum 2013. Materi antropologi kelas XII yang pertama adalah terkait dengan “Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional & Globalisasi”. Untuk lebih memahami pembahasan apa saja yang terdapat dalam materi ini dapat kalian lihat dan baca tulisan dibawah sebagaimana berikut :

Definisi Perubahan Sosial

Kingsley Davis mengartikan perubahan sosial ialah segala sesuatu yang berhubungan dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misalnya adalah, munculnya pengorganisasian kelompok buruh dalam masyarakat kapitalis dimana telah menyebabkan berbagai perubahan dalam hubungan patron klien antara buruh dengan majikan dan seterusnya menyebabkan perubahan-perubahan dalam organisasi ekonomi dan politik. Setiap masyarakat pasti akan mengalami perubahan dalam bidang kehidupannya. Perubahan-perubahan tersebut nampak dapat berkaitan dengan : nilai-nilai sosial, pola-pola perilaku, organisasi, lembaga kemasyarakatan, lapisan dalam masyarakat, kekuasaan dan wewenang.

Definisi Pembagunan Nasional
Pembangunan nasional disini diartikan sebagai suatu usaha yang dilakukan secara berulang-ulang dalam memperbaiki segala aspek bidang kehidupan manusia supaya tujuan hidup dapat tercapai sesuai dengan harapan. Sistem perencanaan pembangunan nasional ialah merupakan kesatuan tata cara perencanaan pembangunan dalam menghasilkan segala rencana-rencana pembagunan dalam jangka panjang oleh penyelenggaraan negara dan masyarakat baik di tingkat negara maupun daerah.

Definisi Globalisasi

Globalisasi adalah suatu proses mendunia yang telah menyebar sampai segala penjuru, bahkan saat ini pengaruh dari globalisasi sudah menembus didaerah pedesaan. Sekarang ini Globalisasi telah membawa pengaruh berbagai bidang (ekonomi, politik, komunikasi,dan lain sebagainya). Contohnya adalah terkait dalam bidang ekonomi, dalam hal ini masyarakat akan di permudahkan dalam memperoleh barang dan jasa serta dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya.Lantas hingga kini di perkotaan bahkan di pedesaan telah muncul toko-toko yang merupakan dampak dari globalisai seperti Indomart, Alfamart, Mall, dan lain sebagainya. Contoh Dampak Positif Globalisasi dalam Bidang Pertanian. Sebagai dampak positif dari Globalisasi di bidang pertanian, sekarang ini telah muncul berbagai alat pertanian yang semakin canggih yakni seperti: tlaktor,diesel, alat penggunting padi,dan sebagainya. Munculnya berbagai alat modern tersebut telah membantu pekerjaan para petani khususnya di Indonesia, sehingga pekerjaan mereka menjadi lebih cepat, menghemat waktu, biaya, dan tenaga.

Untuk membantu kalian agar lebih mudah dalam memahami konsep “Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional & Globalisasi” itu sendiri bagaimana. Disini terdapat suatu link bacaan dari salah satu sumber berita yuk klik link berikut : https://malang.memo-x.com/26913/perubahan-masyarakat-tungkal-dalam-modernisasi-status-sosial.html

Penugasan

1. Jelaskan kembali secara singkat terkait dengan materi perubahan sosial, pembanguna nasioanl dan globalisasi menurut Pemahaman Anda? temukan perbedaannya masing-masing!.
2. Analisislah kasus yang berada di link atas sesuai dengan pemahaman Anda mengenai perubahan sosial!

Sumber :

Narwoko, J. Dwi. 2006. Sosiologi : Teks dan Pengantar. Jakarta : Kencana.
Sunarto. 2015. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Semarang. MKU MKDK UNNES.

Soekanto, soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: