AKAR-AKAR SEJARAH KEMUNCULAN DAN PERKEMBANGAN TEORI SOSIOLOGI KLASIK

Salam Agent of Change!

    Hallo readers! Postingan saya kali ini akan membahas apa saja sih teori-teori yang termasuk ke dalam teori sosiologi klasik dan bagaimana perkembangannya. Serta disini terdapat juga analisis film Petaka Darwinisme dan film runtuhnya teori evolusi. Tulisan ini merupakan tugas dari Mata Kuliah Teori Sosiologi Klasik Semester 2. Selamat membaca! 🙂

SEJARAH TEORI SOSIOLOGI TAHUN-TAHUN AWAL

Kekuatan-Kekuatan Sosial Didalam Perkembangan Teori Sosiologi

Revolusi-revolusi politis

Revolusi Prancis pada 1789 dan berlangsung selama abad kesembilan belas adalah faktor dalam kebangkitan sosiologi.Banyak teoristis awal bukan konsekwensi-knsekwensi positif, tetapi efek negatif berubahan-perubahan yang ada, sebagian pemikir-pemikir menginginkan pada priode tersebut menginginkan kembalinya hari-hari damai dan agak tertib pada abad pertengahan, oleh karena itu sebagai gantinya, mereka mencari landasan-landasan tatanan baru didalam masyaraka.Tatanan sosial tersebut merupakan salah satu perhatian utama para teoritis sosiologi klasik, khususnya Comte, Durkheim, dan Parsons.

Revolusi Industri dan Munculnya Kapitalisme

Revolusi Industri merupakan bukan pristiwa tunggal melainkan banyak perkembangan yang saling terkait yang berpuncak pada transformasi dunia Barat dari sistem agrikultural menjadi sistem industrial.Dalam kondisi tersebut, pasar bebas dianggap ideal sebagai tempat untuk mempertukarkan banyak produk dari sistem industrial. Dalam sistem tersebutorang mendapat untung yang besar sementara sebagaian besar orang yang kerja dengan jam yang panjang demi upah yang rendah. Lalu hal tersebut menimbulkan gerakan buruh serta berbagai gerakan radikal yang bertujuan untuk menumbangkan sistem kapitalis. Dalam teori sosiologi, Karl Marx, Marx Weber, Emile Durkheim, dan Geogi Simmel, para tokoh tersebut bergelut dengan perubahan-perubahan dan masalah-masalah yang ditimbulkan pada masyarakat, merka mengembangkan program untuk membantu memecahkan masalah tersebut.

Munculnya Sosialisme

Sosialisme sebagai solusi bagi masalah-masalah industrial, Marx adalah seseorang pendukung penumbangan sistem kapitalis dan mengembangkan sosialisme, akan tetapi Marx, Weber, dan Durkheim menentang sosialisme, mereka mengusahakan pembaruan sosial didalam kapitalisme daripada revolusi sosil. Mereka takut terhadap sosialisme daripada kapitalisme.Ketakutan itu memaikan peran jauh besar dalam pembentukan teori sosiologi daripada dukungan Marx atas altenatif sosialis dan kapitalis.

Femenisme

Titik puncak kegiatan dan tulisan feminim terjadi pada momen-momen liberasionis sejarah barat modern, pada tahun 1850-an sebagai bagian dari mobilisasi melawan perbudakan dan mendapatkan hak-hak politis kelas menengah. Mobilisasi besar-besaran untuk hak pilih perempuan untuk undang-undang pembaruan industrial dan kewarganegaraan terjadi pada awal abad 20, khususnya era Pogesif di Amerika Serikat.Soal-soal feminisme disaring kedalam sosiologi dipinggiran saja,dalam karya para teoritis marginal laki-laki maupun perempuan.Kaum pria mendapat kedudukan utama dalm profesi. Sejarah politik gender dibidang profesi juga merupakan bagian dari sejarah tanggapan laki-laki kepada klaim-klaim feminis

 

Urbanisasi

Akibat Revolusi prancis Industri, sejumlah besar orang pada abad kesembilan belas dan abad kedua puluh dari tempat asalnya dipedesaan dan pindah ke latar perkotaan.Hal tersebut disebabkan oleh sistem Industri di wilayah-wilayah perkotaan. Akan tetapi migrasi menghadirkan banyak kesulitan bagi orang-orang yang harus menyusuaikan diri dengan kehidupan kota. Sifat dasar kehidupan perkotaan dan masalah-masalah menarik perhatian banyak sosiologi awal, khususnya Max Weber dan Georg Simmel.

 

Perubahan Agamis

Perubahan-perubahan sosial yang dihasilkan oleh revolusi-revolusi politis, Revolusi Industri, dan Urbanisasi mempunyai efek yang mendalam kepada beragaman.mereka ingin memperbaiki kehidupan rakyat, sosiologi diubah menjadi suatu agama.Durkhaim menulis salah satu karyanya mengenai agama.Moralitas memainkan peran utama di dalam sosiologi Durkhaeim tetapi juga didalam katya Talcott Persons.

 

Pertumbuhan Ilmu

Sewaktu ilmu Sosiologi sedang berkembang, penekanan ilmu semakin bertambah, bukan hanya di perguruan tinggi, akan tetapi juga di seluruh masyarakat. Orang-orang disosialisasikan dengan ilmu-ilmu yang paling sukses, para sosilog sejak awal menggeluti ilmu, dan banyak yang ingin memodelkan sosiologi seperti ilmu-ilmu fisil dan biologi.Akan tetapi karakteristik ilmu sosial menyulitkan adopsi model ilmiah dan hal tersebut dianggap bijaksana.Di Amerika serikat, menunjukkan bahwa orang-oang lebih menyukai sosiologi sebagai suatu ilmu yang lebih dominan.

Perkembangan Sosiologi Perancis

Sosiologi sebagai suatu disiplin tersendiri-khususnya kepada karya para empat pemikir Prancis yakni Alexis de Tocqueville, Claude Saint Simon,Auguste Comte, dan Emile Durkheim.

Alexis de Tocqueville

Tocqueville dikenal baik dalam sebuah karyanya Democracy in America (1835/1840/1969) yang sudah melegendaris dan sangat berpengaruh khususnya pada Volume. Pada mulanya, volume ini membahas,memuji, dengan sistem demkratis Amerika. Buku ini telah dianggap sebagai sumbangan awl perkembangan “ilmu politis”. Di dalam jantung teori Tocqueville terdapat tiga isu yang saling berkaitan.Sebagai produk pencerahan disini dia adalah sebagai pendukung besar,penganjur,kebebasan. Tetapi dia jauh lebih kritis terhadap kesetaraan, cenderung menghasilkan mediokritas jika di hubungkan dengan para aristokrat (sebenarnya dirinya) dari era sebelumnya yang lebih tidak egaliter.

Kesetaraan inilah juga nantinya akan di hubungkan oleh Tocqueville dengan hal yang di perhatikannya yakni pertumbuhan sentralisasi,menurutnya kaum aristokrat memiliki kekuatan mengawasi sentralisasi di pemerintahan. Selanjutnya dia menghubungkan kesetaraan dengan “individualisme” (suatu konsep dimana dia “ciptakan”dan untuk itu dia di hargai), dan para individualis yang kurang sangat peduli akan kesejahteraan “komunitas” di bandingkan dengan kaum aristokrat. Karena alasan inilah dia bersikap sangat kritis kepada demokarasi dan khususnya sosialisme. Menurutnya situasi akan lebih buruk dalam sosialisme, komitmen sosialisme ini yang di berikan kepada sentralisasi dan kesetaraan akan menimbulkan ancaman yang besar pada kebebasan.

Oleh karena itu, kekuatan teori Tocqueville terletak pada ide-ide yang saling berkaitan mengenai kebebasan,kesetaraan,dan khususnya pada sentralisasi. Namun ada suatu teori sosial yang mendalam pada karya Toc ini , akan tetapi tidak berpengaruh besar pada teori-teori dan para teoritisi yang berkenaan dengan teori sosial Prancis. Terkait dengan hal ini tentu saja ada para sosiolog yang mengakui arti penting Tocqueville,khususnya orang-orang yang berminat kedalam hubungan antara individualisme dan komunitas. Namun sampai sekarang karya tocqueville masih belum mendapat tempat yang sepatutnya di dalam teori sosial , bahkan di dalam teori sosial Prancis (Gane,2003).

Claude Henri Saint-Simon (1760-1825)

Aspek paling menarik dari Simon adalah signifikansinya bagi pengembangan baik teori konservatif (teori Comte) dan teori Marxis radikal. Dia ingin melestarikan masyarakat yang ada pada masa itu,tetapi dia tidak mengusahakan gerak kembali ke kehidupan seperti dulu pada abad pertengahan. Selain itu dia adalah seorang positivis berarti dia mempunyai kepercayaan studi sosial yang menggunakan teknik-teknik ilmiah. Di sisi radikal,dia melihat pembaruan-pembaruan sosialis,khususnya pada perencanaan sistem ekonomi. Banyak ide Simon yang di temukan di dalam karya Comte, tetapi Comte mengembangkannya dalam bentuk yang lebih sistematik (pickering,1997).

August Comte

Teori evolusioner Comte terdapat tiga tahap di dalamnya yang intelektual di sepanjang sejarah dunia. Tahap pertama yakni Tahap Teologis (sebelum 1300) sistem utamanya menekankan pada kepercayaan bahwa akar dai segala sesuatu ialah kekuatan-kekuatan supernatural dan tokoh agamis yang di teladani manusia. Tahap kedua ialah tahap metafisik antara tahun 1300 dan 1800 yang di tandai oelh kepercayaan bahwa daya abstrak seperti “alam” bukan dewa yang berpribadi yang menjelaskan hampir semua segala sesuatunya. Akhirnya pada tahun 1800 dunia memasuki tahap positivistik yang di tandai dengan adanya kepercayaan pada ilmu.kini orang cenderung membuang pencarian sebab-sebab absolut (Tuhan atau alam), sebagai gantinya memusatkan perhatian pada pengamatan sosial dan fisik untuk mencari hukum-hukum yang mengaturnya. Jelas teori Comte memfokuskan pada faktor-faktor intelektual. Ia beragumen bahwa kekacauan intelektual adalah penyebab kekuasaan sosial yaitu berasal dari sistem-sistem ide yang lebih awal (teologis dan metafisik) yang masih berlanjut dalam zaman positivistik (ilmiah). Positivisme akan datang meski tidak secepatnya. Comte tidak ingin mendukung revolusi dan bagaimanapun yang comte butuhkan adalah perubahan intelektual sehingga ada sedikit alasan untuk revolusi sosial dan politis.

EMILE DURKHEIM ( 1858-1917)

Durkheim  dilihat sebagai ahlibwaris tradisi pencerahan karena penekanannya pada ilmu dan reformisme sosialnya.  akan tetapi, dia juga dihat sebagai ahli waris tradisi konsevatif, khususnya yang diwujudkan dalam karya Comte, akan tetapi Comte mengembangkan sustu landasan akademis yang semakin kukuh sewaktu karisrnya semakin maju. Secara politis, Durkheim liberal, tetapi secara intelektual dia mengambil pendirian lebih konservatif, karyanya dipengaruhi oleh kekacauan yang ditimbulkan oleh perubahan-perubahan sosial umum , sesungguhnya sebagian besar pekerjaannya dicurahkan untuk mempelajari tatanan sosial. Pandangannya ialah bahwa kekacauan sosial bukanlah sebagia penting dari dunia moderent dan dapat dikurangi melalui pembaruan-pembaruan sosial.Sementara Marx melihat masalah-masalah dunia moderent sebagai hal yang sudah melekat di dalam masyarakat, Durkheim berpandangan demikian.Akibatnya, ide-ide Marx mengenai perlunya revorlusi sosial bertentangan secara tajam dengan feformisme Durkheim dan teoritis lainnya.Pada perkembangan sosiologi klasik, perhatia Durkheim kepada ketertiban dan pembaruan menjadi dominan.

FAKTA-FAKTA SOSIAL

Di dalam The Rules of Sociological Method (1895/1982), Durkheim beragumen bahwa mempelajari apa yang disebut fakta-fakta sosial adalah tugas istimewa sosiaologi . dia memahami fakta-fakta sosial sebagai kekuatan-kekuatan dan struktur-struktur yang bersifat eksternal bagi, dan memaksa kepada, indivividu. Di dalam Suicide     (1987/1951), Durkheim memberi alasan bahwa jika dia dapat menghubungkan perilaku seseorang individu seperti bunuhdiri dengan sebab-sebab sosial, dia akan menghasilkan alasan yang menyakinkan akan pentingnya disiplin sosiologi. Adapun argumen dasarnya ialah bahwa sifat dasar, dan perubahan-perubahan yang terjadi di dalam fakta-fakta sosiallah yang menyebabkan perbedaan – perbedaan didalm angka bunuh diri.

Durkheim membedakan antara dua tipe fakta-fakta sosial, yaitu material dan non material.adapun fokus pembicaraan pada tipe nin marterial berpa kebudayaan dan lembaga-lembaga sosial, sedangkan pada tipe material misal birokrasi, hukum dll.

Agama

            Di dalam karya utama Durkheim yang terakhir, yakni The Elementary Forms Of Religious Life (1912/1965). Durkheim memeriksa masyarakat primitif untuk menemukan akar-akar agama. Hal yang dia temukan, menurutnya ialah bahwa sumber agama adalah masyarakat itu sendiri. Masyarakatlah yang menetapkan hal-hal tertentu berrsifat agamis dan hal-hal lain bersifat profan. Pada akhirnya Durkheim berargumen bahwa masyarakat dan agama (atau, secara lebih umum, nurani kolektif) adalah hal yang satu dan sama, Durkheim mengambil pendirian yang sangat konservatif: pendirian yang tidak ingin menjungkirkan seorang dewa atau sumber masyarakatnya. Karena menyamakan masyarakat dengan Tuhan, durkheim tidak condong untuk mendesakk dilakukannya revolusi sosial.

PERKEMBANGAN SOSIOLOGI JERMAN

 

AKAR-AKAR DAN SIFAT DASAR TEORI-TEORI KARL MARX ( 1818-1883)

 

Teori-teori marx muncul dikarenakan keadaan lingkungan, khususnya adalah situasi masyarakat industry dengan pemandangan yang kontras, anatara kelompol masyarakat yang hidup serba mewah, status tinggi, dan prestise, dengan kelompok masyarakat yang bekerja keras di pabrik-pabrik, pertambangan, dengan kondisi kehidupan social ekonomi yang sangat memprihatinkan. Setidaknya ada tiga kondisi yang secara tajam dan menjadi focus utama yang dilihat oleh marx dalam perkembangan masyarakat industry tersebut(yang menjadi pokok persoalan soosiologinya) yaitu antara lain : (1).Hadirnya kelompok-kelompok social (kelas-kelas),(2) Hadirnya penguasa ekonomi secara yang efektif, (3) Munculnya hubungan dominan dan penundukan.

Hegel

 

Dua konsep menggambarkan esensi filsafat Hagel, Dialektika dan idealisme. Dialektika adalah cara berpikircdan juga gambaran dunia. Disatu sisi, adalah cara berpikir yang menekankan pentingnya proses, hubungan-hubungan, dinamika, konflik, dan kontradiksi. Hegel juga dihubungkan dengan filsafat idealisme, yang menekankan pentingnya pikiran dan produk-produk mental ketimbang dunia meterial. Sejumlah idealis percaya bahwa peoses-proses mental mereka akan tetap sama meskipun dunia fisisk dan sosial tidak lagi ada. Didalam skema Hegel, para individu berevolusi dari suatu pengertian atas benda-benda menuju pengertian atas diri hingga pengertian atas tempat.

Feuerbach

Feuerbach bersikap kritis terhadap Hegel, antara lain pada penekanannya yang berlebihan kepada kesadaran  dan roh masyarakat. Feuerbach beragumen bahwa yang diperlukan adalah dari idealisme Hegel menuju suatu fokus bukan pada ide-ide, tetapi pada realitas meterial manusia yang nyata.  Bagi Feuerbach , tuhan hanyalah suatu proyeksi manusia atas esensi manusianya kepada suatu kekuatan tidak berpribadi. Feuerbach beragumen bahwa jenis agama harus diatas dan bahwa penakllukanya harus dibantu oleh suatu filsafat yaitu manusia yang menjadi tujuan tertingginya.

Marx, Hegel, dan Feuebach

Marx secara keseluruhan dipengaruhi oleh Hegel maupun Feurbach.Marx merasa bahwa idealisme Hegel menghasilkan orientasi politis yang sangat konservatif.Marx ,emgambil masalah pendirian yang sangat berbeda, yang menegaskan bahwa masalah-masalah kehidupan modernt dapat diusut ke sumber-sumber material yang nyata, sehingga solusi-solusinya dapat ditemukan hanya pada struktur-struktur itu melalaui aksi kolektif oleh sejumlah besar orang. Marx menyerap apa yang dianggap sebagai dua unsur yang paling penting dari kedua pemikir itu, dialektika Hegel dan materialisme Feuerbach dan memadukannya ke dalam orintasinya sendiri yang khas, materialisme dialektis, yang berfokus pada hubungan-hubungan dialektis di dalam dunia material.

 

Ekonomi politis

Materialisme Marx dan fokus berikutnya pada sektor ekonomi, Marx pada teori nilai kerja, dimana dia beragumen bahwa keuntungan kaum kapitalis didasarkan pada eksploitasi tenaga kerja. Kaum kapitalis melakukan tipuan dengan membayar para pekerja , karena mereka menerima bayaran yang kurang dibandingkan nilai yang benar-benar mereka hasilkan didalam suatu priode kerja. Sistem kapitalis bertumbuh secara terus menerus hingga eksploitasi kepada pekerja dan menanamkan keuntungan-keuntungan untuk perkuasan sistem itu.

Marx juga dipengaruhi oleh gambaran para pakar ekonomi politis mengenai kengeringan sistem kapitalis dan eksploitasi oekerja.Akan tetapi mereka melukiskan keburukan-keburukan kapitalisme, Marx mengkritik para pakar ekonomi politis karena melihat keburukan-keburukan itu sebagai komponen-komponen kapitalisme yang tidak terelakkan.Ekonomi konservatif yang demikian sulit di terima Marx karena komitmennya pada perubahan radikal dari kapitalisme menuju sosialisme.

Teori-teori Marx

Marx memberikan suatu teori mengenai masyarakat kapitalis yang didasarkan pada hakikat manusia. Marx percaya bahwa manusia pada dasarnya produktif , yakni untuk dapat bertahan hidup manusia perlu bekerja. Adapun produktifitas mereka adalah cara untuk diungkapakan dorongan hati kreatif mereka yang mendasar dan dorongan secara alami yang bersifat sosial. mereka perlu bekerja sama untuk menghasilkan benda-benda yang mereka butuhkan.

Di sepanjang sejarah proses alamiah tersebut telah tumbang, mula-mula melalui kondisi-kondisi masyarakat premitif yang buruk dan kemudian oleh berbagai susunan struktural yang didirikannya oleh masyarakat sepanjang perjalanan sejarah.

Kapitalis pada dasarnya adalah suatu struktur yang mendirikan penghalang antara seseorang individu dan proses produksi, produk dari proses itu, dan orang-orang lain. Dan pada akhirnya kapitalis bahkan memecah-belah diri individu itu sendiri, hal tersebut merupakan konsep aliensi ( keterasingan ). Kaum kapitalis mempunyai sumber-sumber daya yang besar yang membantu mereka untuk mencegah datangnya sosialisme, namun hal tersebut dapat diatasi oleh kaum ploretar. Dan dengan bantuan teknologi modern, manusia dapat berinteraksi secara harmonis dengan alam dan dengan orang – orang lain untuk menghasilkan sesuatu yang dibutuhkan.

 

Teori Weber

Weber tertarik mengenai suatu isu yang umum, mengenai lembaga-lembaga di duni Barat yang mengalami progesif yang tumbuh secara rasional dengan rintangan yang kuat tampaknya dapat mencegah perkembangan serupa di negara lain.

Weber melihat birokrasi sebagai contoh klasik rasionalisasi, dan weber memasukan diskusi mengenai proses birokrasi di dalam diskusi yang luas mengenai pelembagaan politis, yang mana terdapat tipe-tipe bembedanya, yaitu sistem otorisasi legal-rasional, sistem otorisasi tradisional atau karismatik, dan sistem otorisasi legal-rasional. Weber juga membuat analisi atas rasionalisasi mengenai fenomena seperti agama, hukum, kota dan musik.

Teori Simmel

 

Simmel adalah seorang teoritis yang agal tidak lazim, adapun seorang Simmel terkenal dengan karyanya mengenai isu-isu bersekala kecil, khususnya tindakan dan interaksi individual.Dia menjadi terkenal mengenai pemikirannya yang berasal dari filsafat Kantian, mengenai bentuk-bentuk interaksi dan tipe-tipe orang yang berinteraksi.Simmel melihat bahwa memahami interaksi di antara orang-orang adalah salah satu dari tugas sosiologi.

Karya Simmel menarik bagi seluruh himpunan teoritis baru yang berminat pada budaya dan masyarakat.Meskipun orientasi makro lebih jelas di dalam philosophy of money, orientasi tersebut selalu ada di dalam katya Simmel.simmel mencermati kemunculan dunia moderent dengan ekonomi uang yang menjadi terpisah dari individu dan berkuasa.Simmel menganggap bahwa dunia moderent , perluasan kebudayaan yang lebih jelas membuat individu semakin tidak penting.

PERKEMBANGAN SOSIOLOGI INGGRIS

 

Amerliorisme

Ameriolisme adalah keinginan utuk memecahkan masalah-masalah sosial dengan memperbarui para i dividu. Mereka berhasrat mencegah kekerarasan dan revolusi dan memperbarui sistem sehingga pada dasarnya dapat berjalan terus seperti apa adanya, mereka ingin mencegah datangnya masyarakat sosialis, oleh karena itu sosioligi Inggris beroirentasi konservatif.uktur-str

Evolusi Sosial

Struktur sosial bersembunyi di bawah permukaan sosiologi Inggris, ia masuk pada bagian akhir abad kesembilan belas seiring dengan pertumbuhan minat terhadap evolusi sosial. Pengaruh penting nya adalah karya Aguste Comte, sebagian darinya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.Sejumlah pemikir tertarik kepadanya dan perhatiannya atas struktur masyarakat yang lebih besar, orientasi ilmiahnya, orientasi komparatifnya, dan teori evolusionernya.

 

Herbert Spencer ( 1820-1903 )

Spencer dilihat sebagai seorang liberal politis, dan dia mempertahankan unsur-unsur liberalisme sepanjang hidupnya, akan tetapi bahwa Spenscr konservatif selama perjalanan hidupnya dan bahwa pengaruhnya yang mendasar yang bersifat konservatif. Adapun salah satu pandangan-pandangan liberalnya, yang lebih sejalan dengan konservatismenya ialah penerimaannya atas doktrin laissez-faire, dia merasa bahwa negara tidak boleh mencampuri uruasan individu kecuali di dalam fungsi perlindungan rakyat yang agak pasif.

Perbedaan-perbedaan yang menunjukkan bahwa Spencer adalah seorang social Darwinist.Sebenarnya, dia meganut pandangan evolusioner bahwa dunia terus bertambuh semakin baik.Oleh karena itu, dunia harus dibiarkan barjalan dengan sendirinya.Dia menganut pandangan bahwa lembaga-lembaga sosial, seperti tumbuhan dan hewan, menyesuaikan diri secara progesif dan secara positif kepada lingkungan sosial.Spencrer mencoba mengembangkan hukum tiga tahap yang di kemukakan oleh Comte, dia berusaha mengembangkan suatu teori evolusioner yang berbeda di dalam dunia material yang nyata.

PERKEMBANGAN SOSIOLOGI ITALIA

Pareto mengembangkan ide-ide utamanya sebagai sangkalan terhadap Marx, Pareto tidak hanya menolak Marx, tetapi dia juga merupakan suatu bagian yang cukup besar dari filsafat Pencerahan, Poreto menekankan peran faktor-faktor nonrasional, seperti naluri manusia.

Pareto mengembangkan teori mengenai perubhan sosial yang bertentangan dengan teori Marxian, Pareto mengajukan teori elit untuk perubahan sosial, perubahan terjadi ketika kaum elit mulai merosot dan digantikan oleh elit baru yang berasal dari elit yang bukan dari pemerintahn atau unsur yang lebih tinggi dari massa. Konsepsi sistemik Pareto mengenai masyarakat itulah alasan Parson untuk mencurahkan perhatian terhadap karya Pareto, dalam bukunya pada 1937, the strukture of action, itu adalah pengaruh Pareto yang paling penting kepada Parsons.teori Parota memainkan suatu peran sentral di dalam pengembangan teori Parson dan secara lebih umum, di dalamnya fungsionalisme struktural.

Analisis film 1

Petaka Akibat Darwinisme Terhadap Kemanusiaan

            Sekitar 500 tahun yang lalu, dataran di timur tengah agama paganisme berkembang di mesopotamia. Agama ini memunculkan sejumlah mitos salah satunya adalah kepercayaan pada evolusi. Menurut legenda sumaria kehidupan satu kali muncul secara kebetulan di air dan berevolusi, kemudian dari satu species ke species yang lain.Kaum intelektual di Eropa yang berpengaruh oleh pemikiran Yunani kuno mempercayai bahwa terealisme dengan keyakinan yang sama, mereka antipati terhadap agama monokeisme. Buku karya tokoh terealisme terkemuka Burren De Hotmen The System Of Nafi dianggap sebagai rujukan utama ateisme.  Dalam hal ini, Perancis Jean Baptiste Lamarck adalah yang kemudian terbantahkan menyatakan bahwa makhluk hidup berevolusi dari satu species ke species yang lain melalui perubahan sedikit demi sedikit dalam waktu sangat lama.

            Darwin mengemukakan pandangannya di Inggris tahun 1859 melalui penerbitan bukunya The Origin Of Species.Sesungguhnya teorinya ialah penjelasan rinci mitos evolusi diperkenalkan oleh bangsa Sumaria kuno. bahwa semua beragam species berasal dari satu moyang yang sama terbentuk dari air secara kebetulan muncul dalam rentan waktu yang lama.

            Pernyataan Darwin tidaklah didasari pada bukti ilmiah sehingga tak begitu dipercayai oleh para ilmuan di zamannya. Mitologis khususnya paham bahwa keseluruhan teori tersebut sebagian besarnya adalah khayalan Darwin belaka. Catatan fosil menunjukan bahwa proses evolusi dibentuk sederhana menjadi lebih sempurna bahkan makhluk yang hidup ratusan juta yang lalu memiliki tubuh yang sama lengkapnya dengan yang lain yang hidup sekarang. Tak ada jejak bentuk transisi yang menurut Darwin pernah ada dan yang dianggap berhubungan satu species dengan yang lain.

            Di tahun-tahun berikutnya pernyataan lain dari teorinya terbantahkan satu demi satu bio kimia mengungkapkan bahwa kehidupan terlalu kompleks untuk dapat muncul secara kebetulan sebagaimana klaim Darwin. Bahkan diketahui pembentukan secara molekul paling sederhana tidaklah mungkin apalagi sebuah sel hidup. Di sisi lain anatomi menujukan bahwa hidup memiliki desain khas dan masing-masing diciptakan secara terpisah. Disingkatnya teori Darwin tidak memiliki landasan ilmiah tapi teori Darwin ini dengan cepat memperoleh dukungan politis dikarenakan pembenaran ilmiah yang diberikan kepada kekuatan yang berkuasa di abad ke 19.

Teori Ras Darwin

            Tahun 1871 Darwin menerbitkan bukunya lagi yakni The Descent Of Man di dalamnya ia mengatakan manusia berevolusi dari makhluk mirip kera. Darwin tak mampu memberikan bukti apapun yang mendukung klaimnya. Selain membuat skenario khayalann Darwin juga memiliki pemikiran yang menarik, ia berpendapat bahwa sejumlah ras-ras lainnya sepertinya masih setingkat dengan kera. Yang terpenting lagi teori tentang Darwin ia membangun keseluruhan teori ini dengan konsep perjuangan untuk mempertahankan hidupnya, menurutnya konflik sengit perjuangan berdarah melingkupi awan kehidupan yang kuat selalu menang melawan yang lemah dan hal ini mendorong perkembangannya. Darwin juga mengatakan konflik serupa terjadi pada ras-ras manusia bahkan sub judul dari bukunya “The Origin Of Species By Means Of Natural Selection, Preservation Of Favoured Races In The Struggle For Life dengan jelas mengungkapkan pandangan rasialnya. Menurutnya ras pilihan adalah bangsa berkulit putih yakni Eropa sedangkan ras Asia atau Afrika telah gagal dalam perjuangan mempertahankan hidup,namun akhirnya ras tersebut akan dihapuskan. Di masa mendatang ras tersebut beradab hampir dipastikan akan menggantikan ras-ras biadab diseluruh dunia. Bersamaan dengan kera mirip manusia juga dimusnahkan Pernyataan ini jelas bahwa Darwin adalah seorang rasis tulen yang meyakini keunggulan bangsa kulit putih dan akan memperbudak serta  memusnahkan ras-ras kelas rendah. Akan tetapi, bangsa kulit putih sedang mencari teori untuk  membenarkan tindakan mereka.

Filosofi Kolonialisme

            Sejak abad ke-16 Eropa mulai menjajah berbagai belahan dunia. Jajahan pertama adalah bangsa Spanyol di bawah pimpinan Christoper Colombus yang memperbudak penduduk asli ras masyarakat hidup dengan damai di wilayah Amerika Selatan yang kaya akan emas dan perak dirampok oleh para penjarah ini. Penduduk asli yang berusaha melepaskan malah dibantai.

Spanyol, Portugis, Belanda dan Inggris turut andil dalam memperebutkan penjajahan di abad ke-19 Inggris menjadi periung kolonial terbesar di dunia dari hindia hingga Amerika Latin. Inggris mengeruk habis sumber-sumber kekayaan alam, bangsa kulit putih demi kepentingan sendiri. hal ini tentu tidak dikenang sepanjang sejarah sebagai penjajah. Karenanya mereka berusaha mendapatakan dalih tindakannya ini mereka berdalih dengan menganggap bangsa penjajah sebagai kaum primitif bahkan makhluk mirip binatang. Pandangan ini dikemukakan pada masa colombus berlayar menuju Amerika dengan menganggap penduduk asli bukan manusia yang suci tapi species binatang yang telah berkembang membenarkan tindakan yang mereka lakukan saat ini terjadi alasan ini tidak mendapat dukungan luas bahwa waktu itu masyarakat Eropa secara luas percaya bahwa semua manusia diciptakan sama Tuhan dan semua berasal dari moyang yang sama yakni nabi Adam. Namun segalanya berubah pada abad ke-19. Perkembangan paham matrealisme menyebabkan masyarakat mengabaikan kenyataan bahwa manusia diciptakan oleh Tuhan demikianlah lahirnya rasisme. Landasan ilmiah rasisme adalah teori evolusi Darwin. Ahli Antropologi India Lalitha vidiyati menyatakan teori Darwin tentang kelangsungan hidup bagi yang terkuat disambut hangat oleh ribuan sosial masa itu dan mereka percaya bahwa manusia meraih tangga evolusi yang berbeda yang berpuncak ppada peradaban bangsa kulit putih hingga paruh kedua abad ke-19 rasisme diterima sebagai fakta oleh mayoritas ilmuan barat. Dengan pandangan rasial seperti ini Darwin memberikan dukungan penuh bagi penjajahan oleh bangsa Eropa. Imperialisme Inggris zaman victoria mengambil teori Darwin sebagai dasar dan pembenaran ilmiah.

Skandal Manusia Piltdown

Teori mengenai skandal manusia piltdown. Pada tahun  1812. ditemukannya tengkorak pitdown di Inggris, penemuan tengkorak mengumumkan tengkorak tersebut  berasal dari setengah manusia dan kera, setelah diteiliti dan membenarkan teori tersebut, otak manusia berukuran sama dengan manusia modern, tapi paham yang menyerupai kera mendadak manusia menjadi simbol Inggris, karena ditemukan di Inggris maka Piltdown menjadi nenek moyang inggris,maka mereka semua  menganggap bahwa keturunannya berasal dari kera yang berevolusi menjadi sempurna. Berbagai kelompok sangat gembira dan merayakan penemuan ini,pemerintah juga turut mengumumkan penemu tengkorak tersebut mendapat arti kesatria atas penemuanya. Ahli Paleontologi, Johans, menyatakan penemuan pitdown sangat biosentris, bangsa Inggris memiliki keunggulan. dari manusia piltdown berlangsung selama 40 tahun.Diketahui bahwa tengkorak-tengkorak ini berasal dari kera putih (ras manusia masa lampau) meskipun demikian evolusionis nekat menampilkan fosil yang mereka beri nama seperti zinjatropus ramapitekus dan hezpero pitekus. Piltdown menggambarkan bagaimana rasisme ini harus mendapatkan pembenaran dari teori evolusi imperialisme Inggris sebenarnya lebih diuntungkan.

Teori Evolusi dan pandangannya

Kalangan evolusionis tetap mempertahankan teori yang menurutnya sakral. Dimana ia berusaha untuk membuat teori palsu.Selain membuat pemalsuan, propagandanya adalah dia menganjurkan bayi cacat segera dibunuh untuk mempercepat evolusi manusia. Ia melangkah lebih jauh dengan membunuh orang yang lemah mental dan cacat langsung dibunuh saja. Saat setelah dia meninggal, kaum nazi mewarisi ide biadabnya. Mereka yang lemah, cacat  mental dikumpulkan di pusat teresialisasi khusus. Orang-orang ini dianggap parasit dan menghambat evolusi. Dalam waktu singkat dibunuh atas printah Hitler. Selain itu, dia memerintahkan muda-mudi yang bermata biru yang menjadi ras asli Jerman dianjurkan saling berhubungan seks. Kaum nazi memegang kuat  gagasan ini dan mengadakan pengukuran tengkorak ini menunjukan bahwa Jerman adalah ras ungggul. Micha P Bran sejarawan Amerika penulis buku The Nazi Doctor And The Nurremberg Lodz menyatakan fakta ini “saya pikir apa yang telah terjadi adalah adanya kesesuaian sempurna adanya  ideologi nazi dan Darwinisme sosial dan kemurnian ras cetivae terjadi perkembangan sosial yang perkembangan secara genetis terdapat genn baik dan buruk Darwinisme sosial ini berkembang di seluruh dunia. Teori ateis darwin diminta untuk membenarkannya, namun kenyataan menunjukkan bahwa kekejaman pembunuhan dan kerusakan dibumi sangat dilarang dan dikutuk oleh agama Allah dalam alquran menyuruh manusia pada keadilan kasih sayang dan kelembutan kekejaman dan kesombongan adalah terkutuk sebagaimana allah katakan dalam salah satu ayatnya dan allah tdk menyukai ”dan allah tidak menyukai kebinasaan”.

Dasar evolusi Bepijak pada Komunisme

Filsafat Yunani kuno meraih keberhasilannya berusaha menjelaskan materialis dengan dialek tika, secara singkat bahwa segala perubahan yang terjadi akibat adanya persaingan. Sejarah kemanusiaan didasarkan dari konflik antara buruh dan kelas atas. Sebagai atheis tulen, penghapusan agama dihapuskan agar konusisme dapat berkembang. Darwin muncul dengan bukunya, di dunia biologi makhluk hidup bereolusi dengan adanya pertahanan hidup. Biologi komunis senantiasa berjalan beriringan denga Darwinisme. Kini kaum komunis merupakan pendukung Darwinisme.

Satu lagi menunjukan keyakinan  buta stanli dan teori revolusi adalah penolakan hukum genetika oleh sisitem pendidikan soviet. Sejak awal abad ke20  hukum mentel telah diterima oleh ilmuan kecuali di uni soviet. Penemuan ini menggugurkan klaim lammarck dibenarkan darwin tentang pewarisan sifat-sifat dapatan kepada generasi berikutnya. Ilmuan fuarin seco meyakini sbg pukulan berat terhadap teori evolusi dan juga merumuskan teori alternatif land markis setelah lengkap memperoleh gasagan senco dan mejadikannya kepala lembaga-lemmbaga ilmiah resmi hal in stanli tidak diterima oleh lembaga-lembagaa di uni soviet selama pemerintahan protaliter stanlirigen komunis lain  yang disosgok dan didirikan di cina pada tahun 1949 stelah perang saudara yang panjang kaum komunisme meemangkan kekuasaan dibawah pimpinan mausetu mau mendirikan regen penindas dan berdarah sebagimana sekutunya stanli yang memberinya banyak dukungan. Hukuman mati yang tak terhitung jumlahnya terjadi di cina sekirtar 30 juta mati.

Analisis Film 2

Runtuhnya Teori Evolusi

            Semua yang ada di bumi dari unsur utama yakni air , beribu spesies ditemukan dan hingga seluruh alam jagad raya ini terbentuk dan tertata rapi serta sempurna tanpa campur tangan manusia. Tapi bagaimanakah awal kehidupan ini muncul ? terbukti jelas bahwa semua yang tersusun rapi dan sempurna pasti ada yang menciptakannya, dialah ALLAH penguasa alam,langit dan segala sesuatu dan isi yang ada di bumi kita pijaki ini. Ada salah satu teori yakni teori Darwin abad 19  yang mana menolak semua bukti penciptaan ini. Menyatakan bahwa spesies di bumi muncul akibat proses peristiwa kebetulan.Ia merupakan ilmuwan amatir ilmu alam. Darwin  menerbitkan sebuah buku yang berjudul “The Origin of Species” tahun 1859. Namun,popularitasnya bukan karena kebenaran ilmiahnya. Ia mengklaim bahwa semua makhluk hidup berasal dari nenek moyang yang sama dan berevolusi dalam waktu yang lama. Teori ini telah tersebar lewat sarana dan propaganda dahsyat dari pendukungnya yaitu para evolusionist. Ia sadar bahwa telah banyak fakta penting yang dapat menggugurkan teorinya yang tergambar dalam bukunya pada bab berjudul “Difficulties of Theory”. Namun, semuanya terbantah oleh majunya sains dan juga ia sama sekali tidak menanggapinya. Ada anggapan umum di masanya bahwa makhluk hidup dapat muncul dari benda tak hidup atau materi. Misalnya belatung pada daging busuk, dan sebagainya. Tetapi semua dibantahkan, diantaranya diketahui bahwa belatung pada daging busuk tidak dapat muncul sendiri melainkan adanya lalat yang meletakkan larva mikroskopis ke dalamnya.

Seorang ilmuwan biologi Perancis bernama Louis Pasteur secara ilmiah menggugurkan mitos yang meletakkan dasar bagi teori evolusi ini. Menurutnya tidak ada kondisi yang pernah diketahui seseorang dapat membuktikan bahwa makhluk – makhluk mikroskopik terbentuk di bumi tanpa induk. Eksperimen para ilmuwan ternama seperti Stanley Miller (1953) dan Alexander Oparin (1930) semakin melemahkan keabsahan teori Evolusi.Kesimpulannya ialah materi sangat mustahil menciptakan makhluk hidup. Bahkan seorang profesor geokimia yang merupakan pendukung utama teori evolusi bernama Jeffrey Bada telah mengakui kegagalan teori evolusi.

Adanya struktur rumit nan kompleks makhluk hidup dengan sel berukuraan 1/100mm menjadi penghalang teori ini. Biokimia modern juga memperkenalkan desain rumit dari molekul DNA yang tak terbayangkan sebelumnya ditemukan oleh 2 orang ilmuwan James Watson dan Francis Crick th 1955. DNA yang pada dasarnya membentuk bentuk wajah,bola mata,serta semua organ tubuh manusia. Sebuah kumpulan informasi terlengkap bernama “De Ensiklopedia Britanica”. Skenario evolusionis telah digugurkan ilmu pengetahuan masa kini. Darwin menambahkan mekanisme seleksi alam untuk memperkokoh teorinya melalui bukunya yang dipengaruhi oleh Lammarck. Namun seleksi alam terbukti hanya menghilangkan individu yang cacat. Begitupun dengan mekanisme mutan, mutasi adalah suatu proses reaksi karena adanya stimulus dari luar yang menyebabkan teracak atau terdistorsinya susunan kode genetik suatu makhluk hidup. Berbagai ekperimen dilakukan untuk membuktikan eksperimen ini ternyata hanya menghasilkan organisme yang cacat, mandul dan kontraproduktif. Richard Dawkins terdiam ketika diminta memberikan satu contoh saja tentang perbaikan informasi genetis dari proses mutasi di alam. Keseluruhan jagad raya bahkan penciptaan diri manusia adalah keajaiban fakta dari sebuah penciptaan yang berusaha disembunyikan oleh teori evolusi. Tapi darwin masih mengalami kendala, tertulis dalam bab yang berjudul “Difficulties of Theory”. Hukum warisan sifat yang ditemukan ahli botani Austria Gregoun Mondel telah menyebarkan pendapat Lammarck dan Darwin runtuh. Ilmu genetika  telah membuktikan bahwa yang diturunkan pada generasi berikutnya bukanlah sifat fisik dapatan tetapi hanya gen-gennya. Dengan kata lain seleksi alam darwin tidak berkembang sama sekali. Jadi teori ini ambruk sejak awal abad 20.

Ilmu paleontologi pun tak menemukan bukti ilmiah proses evolusi. Tidak ada catatan fosil yang menunjukkan organisme transisi. Seperti makhluk setengah ikan setengah reptil, setengah reptil setengah mamalia, dsb. Indikasi terkuat semua organisme dalam jumlah banyak muncul secara tiba-tiba dengan kata lain ada yang telah menciptakannya. Salah satu organisme yang terkena klaim organisme yaitu bernama coelacanth.akan tetapi, pukulan telak yang terjadi pada tahun 1930-an seekor coelacanth tertangkap hidup-hidup di samudera hindia ternyata hanya sejenis ikan yang hidup di kedalaman samudera dan tak pernah muncul secara sendirinya ke daratan. Dan bentuk fisiknya tak beda jauh dengan fosil yang ditemukan para ahli.

Para evolusionis mengalihkan perhatian bahwa manusia berevolusi dari makhluk mirip kera yang kebanyakan telah punah, tengkorak-tengkorak kera ditafsirkan berdasar khayalan bebas mereka dan membuat skenario evolusi manusia. Spesies kera punah bernama australopithecus ditemukan tahun 1924 oleh Raymond Dart bahwa kera dari selatan ini mirip dengan manusia namun ketika kerangka Austealo dan simpanse dibandingkan tidak ada perbedaan nyata antara keduanya. Namun dua ahli anatomi membantah pendapat ini australopithecus hanyalah spesies kera punah. Spesies seperti homo erectus,homo ergaster dan homo sapiens archaic ternyata berasal dari ras manusia yang berbeda. Richard Leakey  mengklasifikasikan mereka hanya sebatas perbedaan ras. satu-satunya pertahanan evolusionis yang tersisa PROPAGANDA . Kemampuan berkhayal evolusionis hanya terbatas dengan gambar dan fiksi mereka bahkan membuat film tapi semua bohong. Evolusionis juga melakukan pemalsuan yakni fosil Piltdown Inggris tahun 1912 oleh Charles Dalson. Satu lagi bentuk transisi antara yang dipalsukan para evolusionis adalah manusia Nebraska (babi liar),dibuat tahun 1922 serta membuat lukisanManusia Neanderthal dianggap bukti evolusi tahun 1866  ditolak pada tahun 1960,manusia Piltdown di tolak tahun 1953,zinjathropus yang ditolak tahun 1960 , ramapithecus tahun 1964 ditolak tahun 1979. Yang terpenting spesies muncul di bumi secara sempurna ialah bukti bahwa manusia diciptakan, Pencipta ini adalah ALLAH, Tuhan yang Maha Esa penguasa langit dan bumi serta segala sesuatu di antara keduanya.

Keterkaitan Anilisis Film 1 dan Film 2

            Pada film pertama Darwin mengemukakan pendapatnya tentang bagaimana proses kehidupan semua makhluk hidup pertama kali muncul di alam jagat raya ini.ia mengemukakan pendapatnya di dalam buku karangannya sendiri yang berjudul “The Origin Of Species” yang diterbitkannya tahun 1859 di inggris , ia menjelaskan bahwa spesies makhluk hidup muncul secara kebetulan dengan melalui proses evolusi serta berasal dari satu nenek moyang yang sama. Tetapi Dalam perjalanan pembuktian gagasan darwin banyak mengalami kendala dengan adanya pengaruh dari pendapat para evolusionis lain selain dirinya. Ia melalui tahap kolonialisme ,serta pada abad 19 juga telah ditemukan manusia Piltdown yakni kera-kera yang di anggapnya mirip dengan manusia Ia menamai teorinya tersebut dengan nama Teori Evolusi pada abad 20 yang berpijak pada komunisme dengan berusaha menjelaskan materialisme dengan dialek-tika. Dalam film 2  Darwin tak pernah berhenti untuk mengemukakan bukti kebenaran pendapatnya tentang teori evolusi yang diciptakannya, tetapi kebenarannya yang tertulis di dalam buku karangannya dalam bab “The difficulties of Theory” bukan karena kebenaran ilmiahnya tetapi lebih cenderung ke ideologi buku. Tapi semuanya terbantahkan dengan adanya ilmu sains yang membuktikan adanya DNA berfungsi menyusun,mengatur semua sistem dalam organ makhluk hidup. kemudian darwin mengatakan gagasannya lagi bahwa menurutnya makhluk hidup muncul akibat adanya seleksi alam namun akhirnya gagal dan hal ini telah meruntuhkan teori evolusinya pada abad 20. Di susul ilmu paleontology yang memberikan penjelasan dengan catatan fosil,telah banyak ditemukan fosil tengkorak-tengkorak kera yang dianggapnya mirip dengan kerangka manusia (adanya panca indra yang sempurna,bentuk fisik yang lengkap) ,para evolusionis ini menggunakan konstruksi gambar-gambar,lukisan,film yang menurutnya dapat menjelaskan bagaimana makhluk hidup muncul pertama kali. Namun berbagai percobaan tersebut selalu gagal. Satu-satunya bukti adanya pertahanan evolusi yakni PROPAGANDA yang terdapat bukti penemuan species mirip kera seperti homo erectus, egaster dan homo sapiens archaic. Jelas bahwa makhluk hidup yang muncul dengan bentuk yang sempurna ini pasti ada yang menciptakannya. Dialah ALLAH,Tuhan yang maha kuasa penguasa langit dan seluruh isi yang ada di dalam jagat raya ini.

Keterkaitan antara film 1 dan 2 dengan Teori Sosiologi Klasik

Film pertama dan kedua yang berisi mengenai teori evolusi Darwin yang menyatakan gagasan Darwin mengenai makhluk hidup yang muncul secara tiba-tiba dan berevolusi serta berasal dari nenek moyang yang sama. Disitu juga dijelaskan dampak- dampaknya bagi manusia serta bantahan-bantahan teori evolusi tersebut. Di dalam kedua film tersebut juga di katakan bahwa proses awal kehidupan makhluk hidup Darwin mengatakannya dengan melalui proses seleksi alam tetapi hal tersebut juga gagal dan terbantahkan. Darwin tetap ingin membuktikan kebenarannya tentang teori evolusinya meskipun teori evolusi telah runtuh sejak awal abad 20 dan dalam perjalanannya membuktikan kebenaran teori yang di gagas olehnya itu melalui khayalan,gambar,lukisan yang semuanya adalah kebohongan semata dan tetap tidak terbukti benar akan teorinya itu karena darwin sama sekali tidak menunujukan bukti ilmiah. namun tetap saja teori evolusi yang di gagas oleh ilmuwan amatir alam yakni Darwin yang menurut para evolusionist berisi tentang bualan dan khayalannya semata tetapi tetap saja memberikan inspirasi atau ketertarikan untuk mempelajari kepada para tokoh sosiologi. Salah satunya Karl Marx.

Teori dialektika yang dikemukakan Karl Marx terinspirasi dari teori evolusi yang di kemukakan Charles Darwin tentang bertahan hidup.Secara singkat dialektika mengakui bahwa segala perubahan yang terjadi dialam semesta adalah akibat dari konflik persaingan dan kepentingan pribadi antarkekuatan yang  saling bertentangan. Marx menggunakan dialektikanya tersebut untuk menjelaskan keseluruhan sejarah dunia analisis sederhana oleh dirinya serta menyatakan bahwa sejarah kemanusiaan di dasarkan pada konflik yang ada saat ini yakni antara kaum buruh dengan kelas atas dia memprediksi bahwa kaum buruh menjadi sadar akan harapan mereka satu-satunya sehingga mereka bersatu dan melakukan revolusi secara bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: