Inilah Manfaat dari Memaafkan Kesalahan Orang Lain

manfaat memaafkan kesalahan orang lainManfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain – Kita hidup didunia ini tidak akan luput dari yang namanya kesalahan. Adakalanya kita yang melakukan kesalahan, tapi adakalanya juga orang lainlah yang akan berbuat salah kepada kita. Yang terpenting adalah sikap yang harus kita ambil ketika menghadapi situasi tersebut.

Salah satu sikap terbaik yang dapat kita lakukan adalah dengan berusaha memaafkan kesalahan orang lain yang telah diperbuat kepada diri kita. Bahkan dalam hadits memaafkan kesalahan orang lain sangatlah dianjurkan sekali.

Selain itu, masih banyak sekali keuntungan dari memaafkan kesalahan orang lain. Simak saja dalam manfaat memaafkan kesalahan orang lain berikut ini.

Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Memaafkan membuat kita lebih bahagia
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bahagia lebih cenderung untuk memaafkan. Dan sejalan dengan ini, orang yang mampu memaafkan cenderung lebih bahagia, terutama ketika mereka memaafkan seseorang yang dekat dengan mereka.

Memaafkan dapat meningkatkan kesehatan
Ketika kita memikirkan dendam, tekanan darah dan denyut jantung akan meningkat. Ini menandakan bahwa stres sedang melanda. Ketika kita mengampuni, tingkat stress akan turun. Penelitian juga menunjukkan bahwa menyimpan dendam mungkin membahayakan sistem kekebalan tubuh kita, membuat kita lebih rentan terhadap penyakit.

Memaafkan membuat hubungan bertahan lama
Dengan sifat pemaaf, wanita/pria terbukti mampu membuat hubungan bertahan lebih lama. Penelitian menemukan orang yang selalu memaafkan dan bermurah hati terhadap pasangannya akan lebih mudah menyelesaikan konflik. Jika sifat keras kepala dan ego selalu ditunjukkan oleh kedua pasangan, niscaya pertengkaran akan terjadi dan berhujung perpisahan.

Memaafkan dapat mengurangi rasa sakit
Penelitian terhadap individu yang mengalami sakit punggung kronik menemukan, berlatih meditasi untuk mengendalikan rasa marah lebih berkesan mengurangi rasa sakit dan rasa tegang dibandingkan dengan terapi kesehatan biasa. Marah adalah perilaku yang bisa membuat individu berbuat negatif dan ini akan mengganggu kesehatan.

Memaafkan dapat mengusir stress
Penelitian menemukan bahwa dendam yang disimpan secara mental dapat membuat tekanan yang menyebabkan stess. Tubuhpun beraksi, otot-otot menegang, tekanan darah meningkat, dan keringat berlebihan. Apa gunanya menyimpan amarah dalam hati. Daripada kita menyimpannya dan menjadikan itu penyakit, kini saatnya saling memaafkan.

Itulah yang akan kita dapatkan jika mampu memaafkan kesalahan orang lain. Apakah kamu masih belum tertarik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco