Tips Untuk Bersikap Tegas Tanpa Terkesan Arogan

cara bersikap tegas tanpa terlihat arogan dan kasarTips Untuk Bersikap Tegas Tanpa Terkesan Arogan – Sering kali orang yang mempunyai sifat terlihat arogan di mata orang lain. Bahkan hal tersebut sampai membuat ada orang yang membencinya. Bersikap tegas memang penting, tapi Anda harus tahu bagaimana caranya untuk menjadi orang tegas dan bijaksana tanpa terlihat arogan sama sekali.

Definisi tegas adalah kemampuan berkomunikasi dan juga perilaku. Orang yang mempunyai sikap tegas mampu mengutarakan perasaan dan pikiran mereka dengan sikap pantas dan langsung pada sasaran tanpa terlihat kasar maupun arogan.

Orang dengan sifat tegas juga mampu untuk menghargai pikiran, perasaan dan keyakinan orang lain. Kemampuan untuk bersikap tegas tanpa terkesan kasar adalah salah satu hal yang penting untuk dikuasai dalam hidup.

Cara Bersikap Tegas Tanpa Terlihat Arogan

Nah pada kesempatan kali ini, akan kami sampaikan bagaimana tips untuk bersikap tegas tanpa terlihat kasar. Simak saja ulasan selengkapnya dalam cara bersikap tegas tanpa terlihat arogan atau kasar berikut ini.

Bayangkan Perasaan dan Keadaan Orang Lain

Perhatikan ketika Anda merasa diperlakukan tanpa respek. Pkirkan situasi ketika Anda merasa ditekan. Kemudian pikirkan bagaimana Anda ingin diperlakukan dalam situasi seperti itu.

Tentukan Batasan dalam Bersikap Tegas

Ketahui dengan pasti apa yang bersedia Anda lakukan atau kapan Anda merasa sudah melewati batas. Jika Anda sudah tahu batasannya, Anda tidak perlu menentukan batasan di tengah-tengah situasi menegangkan.

Sampaikan dengan Baik Apa yang Anda Inginkan

Bila Anda bersikap tegas, Anda akan dapat menjelaskan perasaan dan kebutuhan Anda tanpa terkesan kasar atau agresif. Keterampilan ini dapat membantu Anda membela diri sendiri dan tetap memperlakukan orang lain dengan respek. Sampaikan pendapat, pikiran, dan perasaan Anda dengan penuh penghargaan. Jika Anda tidak yakin bagaimana menjelaskan perasaan, cobalah menuliskannyanya terlebih dahulu atau melatih apa yang ingin Anda katakan.

Minta Maaf Jika Ada yang Salah

Ketegasan berarti mengakui perasaan dan kebutuhan Anda, dan semestinya Anda mampu melakukan hal itu dengan baik. Minta maaflah jika memang ada yang salah dan bukannya malah bersembunyi dalam bayang ketegasan. Ada banyak sekali manfaat dari memaafkan dan meminta maaf, bahkan dalam islampun terdapat hadits tentang memaafkan.

Perlihatkan Bahwa Anda Menghargai Mereka

Ketika Anda berkomunikasi dengan tegas, Anda juga mengakui kontribusi orang lain. Anda tetap dapat meminta apa yang Anda inginkan, tetapi Anda harus mengetahui bila orang lain telah memberi kelonggaran atau perlu menyampaikan perasaan mereka. Kalau tidak, kemungkinan Anda akan terkesan tidak tertarik dan kasar.

Pilihlah Waktu yang Tepat dalam Mengutarakan Keinginan

Jika Anda lelah atau lapar, tunggulah sampai hambatan itu terselesaikan sebelum memulai pembicaraan dengan seseorang. Jika tidak, kemungkinan besar ketenangan Anda akan cepat menguap dan Anda akan terkesan kasar jika tidak sedang merasa senang.

Tetap Berlatih dan Tidak Putus Asa

Belajar menjadi orang yang tegas membutuhkan waktu dan latihan. Mulailah melatih teknik ketegasan Anda dalam situasi-situasi kecil, seperti mengatakan pada teman Anda bahwa Anda tidak mau menonton film tertentu. Berkembanglah dari setiap pengalaman dan Anda akan segera menyadari ketegasan Anda dalam situasi lainnya.
Demikianlah bagaimana caranya untuk bersikap tegas kepada orang lain tanpa terlihat kasar atau arogan. Ketegasan adalah sifat penting yang harus dimiliki manusia, karena dengan bersikap tegas orang akan menaruh rasa hormat kepada kita. Semoga artikel ini membantu Anda, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco