Kuliner Kota Sabang

Kuliner Kota Sabang – Sabang terkenal berkat wisata bahari yang memesona. Taman laut Pulau Rubiah dan Tugu 0 Kilometer adalah dua destinasi incaran yang tak pernah sepi dari wisatawan. Di tempat yang mampu memanjakan mata ini wisatawan sebenarnya juga bisa memanjakan lidah. Kami memiliki 6 rekomendasi kuliner Sabang yang enak dan legendaris yang bisa dicicipi wisatawan saat ke Sabang.

1. Mie Jalak

Seperti namanya yang unik, Mie Jalak juga memiliki rasa yang juga unik. Mie Jalak memiliki warna kekuningan dengan kuah bening yang biasanya dicampur dengan tauge, daun bawang dan ditaburi daging ikan yang dipotong dadu, Nama Mie Jalak sendiri diberi nama Jalak karena nama pembuat pertamanya bernama Pak Jalak.

2. Rujak 0 Kilometer

Ke Tugu 0 Kilometer tidak lengkap jika belum mencicipi rujak 0 kilometer. Rujak ini cukup berbeda dari rujak biasanya. Buah Rumbia ditambahkan dalam sambal rujak dan digerus halus dengan gula aren dan cabainya. Rasa sambalnya sedikit sepat tapi tetap saja terasa nikmat apalagi saat buah-buahan dicocol dengan sambal.

3. Mie Sedap

Jangan salah sangka dengan Mie Sedap satu ini bukan sebuah merk mie instan melainkan sebuah warung mie yang terletak di Jalan Pedanggangan, Kota Sabang yang sudah ada sejak zaman dulu.

Mie di sini dibuat sendiri dari resep turun-menurun dengan resep turun-menurun tanpa bantuan mesin. Dibuat dari tepung terigu dan telur tanpa bahan pengawet dan biasanya dijual sekali habis. Mie Sedap biasanya disajikan dengan baging ikan olahan dan seledri, tak lupa kaldu ayam yang panas dituangkan di dalam mangkuk Mie Sedap ini.

4. Sate Gurita

Ke Sabang tanpa menikmati Sate Gurita serasa belum lengkap karena di Sabang lebih terkenal Sate Gurita daripada jenis sate yang lain. Dagingnya yang kenyal dan alot menjadi ciri khas yang tak boleh terlewatkan saat menikmati sate ini. Biasanya dinikmati dengan lontong dan sambal bumbu padang atau sambal kacang.

5. Kedai Kopi Pantai Jaya

Di Sabang terdapat kedai kopi legendaris yang tak boleh terlewatkan namanya Kopi Pantai Jaya. Kedai ini sudah buka sejak tahun 1980 dan menyajikan kopi dari tiga daerah yakni Takengon, Tangsi, dan Sigli. Kopi-kopi ini disajikan dalam menu kopi susu, kopi hitam, dan kopi sanger. Kopi sanger sendiri merupakan sejenis kopi susu tapi ditambah gula.

6. Mie Pingsun

Mie Pingsun merupakan hidangan yang jadi primadona di Kota Sabang. Kuliner Sabang ini berisi beragam seafood mulai cumi-cumi, udang, dan ikan. Selain seafood hidangan ini juga dilengkapi dengan sayuran.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Skip to toolbar