Archive for ◊ June, 2024 ◊

• Friday, June 28th, 2024

Jangan Sering Memilih-Milih Guru/Ustad
Oleh Agung Kuswantoro

Menurut Syaikh Az-Zurnuji dalam kitab Ta’lim – Muta’allim fasal fi ikhtiyaril ‘ilmi wal ustdazd: orang bijak (ahli hikmat dari negara Samarkan) berkata: Jika kamu pergi mengaji ke negeri Bukhoro, maka jangan tergesa-gesa memilih guru, tapi menetaplah selama dua bulan hingga kamu berpikir untuk memilih guru. Karena bila kamu langsung belajar kepada seorang alim, maka kadang-kadang cara mengajarnya seorang anak menurutmu, kemudian kamu meninggalkan dan pindah kepada orang alim, maka belajarmu tidak diberkahi. Oleh karena itu, selama dua bulan itu kamu harus berpikir untuk memilih guru, supaya kamu tidak meninggalkan seorang guru dan supaya betah bersamanya, hingga selesai. Dengan demikian, belajar dan ilmu diberkahi.

Dan inti pesan dari orang bijak tersebut adalah (1) jangan milih-milih guru, jika belum dua bulan; (2) dua bulan adalah masa untuk berpikir-pikir untuk memilih guru; (3) mantapkanlah dalam memilih guru selama dua bulan; (4) jika kurang dua bulan, lalu berganti guru, maka selama belajar tidak diberkahi, termasuk ilmunya, sehingga kemanfaatan ilmu yang dipelajari tidak berfungsi dengan baik; (5) harapannya jika sudah menentukan dan menetapkan guru tertentu selama dua bulan, insya Allah proses belajar dan ilmu yang dipelajari, kelak bermanfaat bagi santri/siswa. Mari, mantapkan dan manfaatkan waktu selama dua bulan dalam proses belajar, sekaligus proses memilih guru agar ilmunya bermanfaat dan berkah.

Ditulis di Kolam Renang GKS, jam 15.30 – 15.45 Wib./ 9 Dzulhijjah 1445/Puasa Arofah/16 Juni 2024.

• Wednesday, June 26th, 2024

Seperti Apakah Anak yang Tidak Sopan/Al Waqikh?
Oleh Agung Kuswantoro

Anak yang tidak sopan adalah anak yang tidak menghormati kedua orang tuanya, gurunya, tidak santun terhadap orang yang lebih tua, tidak mengasihi orang ang lebih muda, berbohong saat bicara, mengeraskan suara saat bicara dan tertawa dengan suara yang tinggi, lebih menyukai perkataan yang jelek, sering berkelahi, suka menghina terhadap orang lain, tidak malu terhadap perbuatan buruk yang dilakukannya, dan tidak mau mendengarkan/menerima sebuah nasihat.

Ditulis di Rumah, 9 Dzulhijjah 1445/Puasa Arofah/16 Juni 2024 jam 09.35 – 09.50 Wib.

• Monday, June 24th, 2024

Seperti Apakah Anak yang Sopan/Adib?
Oleh Agung Kuswantoro

Anak yang sopan adalah:
(1) anak yang menghormati kedua orang tuanya, gurunya, saudara (kakaknya), orang yang lebih tua dari usianya, mengasihi orang yang lebih muda dari usianya;

(2) Anak yang benar dalam ucapannya, tawadhu’/sopan dengan orang lain, sabar menghadapi musibah, tidak menjauhi dengan teman-temannya, tidak berkelahi dengan teman-temannya, tidak meninggikan suaranya saat bicara, dan tidak tertawa dengan nada yang tinggi/keras.

• Saturday, June 22nd, 2024

YUK, Liburan Tetap Ngaji di Sekolah Akhlak, Kitab Akhlaqul Lil Banin Juz 1.

NARA SUMBER:
Agung Kuswantoro
Pegiat Mahasiswa Mengaji dan Alumni Madrasah Diniyah Wustho – Ulya Salafiyah, Kauman, Pemalang

MATERI:

  1. Mengapa Anak Belajar Ilmu Akhlak?
  2. Anak yang Sopan/Adib.
  3. Anak yang Kasar/Waqikh.
  4. Anak yang Dipercaya/Amin.
  5. Anak yang Taat/Muthi’.

WAKTU PELAKSANAAN
Hari/Tanggal : Sabtu, 6 Juli 2024/ 30 Dzulhijjah 1445
Pukul : 09.00 – 11.00 Wib.
Tempat : Masjid Assidiqi (Masjid Kompleks Rektorat UNNES)

BIAYA:
GRATIS

MANFAAT:

  1. Tambah Ilmu
  2. Tambah Teman

PESERTA:
Siswa SD Kelas 4, 5 dan 6

LINK PENDAFTARAN:
https://bit.ly/SantriSekolahAkhlak

GABUNG WA GRUP: https://chat.whatsapp.com/DJGB9PNvxcL3HUz58nnGWs

NARA HUBUNG:
Umi Lu’Lu’ (0819 0187 5582)

• Wednesday, June 19th, 2024

Mengapa Seorang (Anak) Belajar Akhlak?
Oleh Agung Kuswantoro

Membaca kitab Akhlaqul Lilbanin juz satu: menjadikan saya tertarik menulis pesan-pesan dalam kitab tersebut.

Adapun bab pertama mengenai pertanyaan yang diawali “bagaimana”. Tertulis dalam kitab tersebut: Bimadza yatakhollaqul waladu? Jika saya memaknai – sebagaimana judul tulisan ini – mengapa seorang (anak) belajar akhlak?

Jawabnya:
(1) wajib bagi anak (laki-laki) untuk menggantungkan akhlak yang baik dalam hidupnya sejak kecil agar hidupnya dicintai oleh orang lain pada masa tuanya. Dengan adanya akhlak dalam diri seseorang/anak tersebut, menunjukkan bahwa dia ridho bahwa Allah sebagai Tuhannya. Dampaknya dia akan disenangi oleh keluarga dan masyarakat.

(2) wajib bagi anak (laki-laki) untuk menjauhi dari akhlak yang buruk agar tidak dibenci oleh orang. Hal ini bahwa dia tidak ridho bahwa Allah sebagai Tuhannya. Dan, dia akan dijauhi oleh keluarga serta masyarakat karena akhlak yang buruk.

• Saturday, June 15th, 2024

Mengangkat Kedua Tangan

Bagaimana posisi mengangkat kedua tangan? Dalam kitab safinatunnajah dijelaskan bahwa mengangkat kedua itu sejajar dengan kedua bahu dan jari-jemarinya tepat pada bagian atas telinga. Disunahkan mengangkat tangan dalam empat tempat yaitu:

  1. Ketika takbiratul ihrom.
  2. Ketika rukuk
  3. Ketika itidal
  4. Ketika berdiri dari tasyahud awal–orang menyebutnya tahyad awal–hal ini berbeda kalau berdiri dari sujud atau dari duduk istirahat. Duduk istirahat adalah duduk sebelum bangun menuju rokaat kedua. Disunahkan untuk duduk istirahat saat akan bangun dirokaat pertama atau ketiga jika solat tersebut adalah solat yang jumlah rokaatnya ada empat. Bangun setelah duduk istirahat tidak disunahkan mengangkat tangan.

Wallahu ‘alam


Syarat-syarat Sujud

Sujud termasuk rukun dalam solat. Agar solat kita diterima oleh Allah kita harus memperhatikan syarat sujud kita saat solat. Apa saja syaratnya? Ini syaratnya

  1. Harus bersujud dengan tujuh anggota badan yaitu satu dahi, kedua belah tangan, kedua lutut, dan bagian jari-jari kaki (jari-jari kaki dalam sujud dijejekkan atau mancal kedalam atau menghadap ke kiblat)
  2. Dahi harus terbuka. Jangan tertutup sekalipun dengan belahan rambut.
  3. Harus menekankan kepala, sekiranya beban kepala mengenai pada tempat sujud. Tempat sujud kita terlihat ada bekas setelah kita sujud jika dibawahnya atau kapuk.
  4. Tidak turun untuk keperluan selain sujud.
  5. Tidak bersujud pada sesuatu yang ikut bergerak karena gerakan dirinya. Misal mukena perempuan bagian kepala mengikuti saat sujud yaitu menghalangi tempat sujud atau peci laki-laki saat sujud yang menghalangi dahi waktu akan ke tempat sujud. Itu namanya ikut bergerak karena gerakan darinya.
  6. Mengangkat bagian bawahnya (pantat) ke atas. Jadi agak jengking atau memanjang agar pantat ke atas
  7. Bertumakninah. Tumakninah adalah berhenti sejenak dengan tujuan mengatur anggota badan. Saat ini pula kita disunahkan membaca membaca bacaan sujud SUBHANA ROBBIYAL dan seterusnya. Jadi syaratnya adalah tumakninah harus menjadi perhatian kita. Bukan cepatnya solat karena tumakninah termasuk syarat dan rukun solat juga. Waallahu ‘alam.

Anggota Sujud

Adapun tujuh anggota sujud yaitu:

  1. Dahi;
  2. kedua telapak tangan;
  3. kedua lutut;
  4. kedua jari-jari kaki yang dalam.

Waallahu ‘alam.
Ditulis dir Rumah, 8 Dzulhijjah 1445/puasa tarwiyah/15 Juni 2024, jam 15.31-15.55 Wib.

• Saturday, June 15th, 2024

Ilmu Tauhid:  Ilmu Pertama yang Harus Dicari oleh Santri

Oleh Agung Kuswantoro

Adalah ilmu tauhid yang harus didahulukan oleh seorang santri/siswa dalam menuntut ilmu. Tujuannya agar kuat menuntut ilmu. Tujuan lainnya: agar kuat tingkat keimanan santri/siswa tersebut, sebagaimana keterangan dalam kitab ta’lim al –muta’allim fasal fi ikhtiyaril ilmi: wa yuqoddima ‘ilmat tauhidi wa ya’rifa Allah ta’ala bid dalili (ilmu tauhid harus didahulukan, supaya santri mengetahui sifat-sifat Allah berdasarkan dalil otentik).

Alasan kitab tersebut tegas agar mengetahui sifat-sifat Allah. Artinya: semakin tinggi ilmunya, maka semakin kuat imannya. Sebaliknya, semakin rendah ilmunya, maka tauhid/imannya juga semakin lemah.

Namun, jika ada fenomena: orang yang tinggi ilmu, namun sering melakukan perbuatan: berbohong, korupsi, sering tidak berbuat buruk, mencela orang, dan sikap tidak terpuji lainnya; maka perlu dicek sisi keimanannya.

Semoga kita termasuk kategori orang yang semangat menuntut ilmu agar iman menjadi kuat. Amin. []

Semarang, 7 Juni 2024/ 29 Dzulqoidah 1445, Ditulis di UPT Kearsipan UNNES, jam 14.15 – 14.20 Wib.

• Thursday, June 13th, 2024

Orang ‘Alim dan Musyawarah
Oleh Agung Kuswantoro

Setiap santri seharusnya bermusyawarah dengan orang alim dalam (pergi) menuntut ilmu dan segala urusannya. Ada macam jenis manusia, dalam kaitannya orang alim dan musyawarah yaitu: (1) orang yang benar-benar sempurna; (2) orang yang setengah sempurna; (3) orang yang tidak sempurna sama sekali.

Orang yang benar-benar sempurna ialah orang yang pendapat-pendapatnya selalu benar dan mau bermusyawarah. Orang yang setengah sempurna adalah orang yang berpendapat benar, tapi tidak mau musyawarah. Dan, orang yang tidak sempurna sekali adalah orang yang pendapatnya salah dan tidak mau musyawarah.

Nah, dari ke-3 kategori manusia tersebut, semoga kita tidak termasuk kategori manusia yang ke-3 (orang yang tidak sempurna sama sekali). Lalu Imam Ja’far mengatakan: bermusyawarahlah urusanmu kepada orang yang takut kepada Allah.

Ditulis di kolam renang GKS, Semarang, jam 16.20 – 16.25 Wib.

• Thursday, June 06th, 2024

Pisan-Pisan Ngomong Arsip Neng Pemalang

Oleh Agung Kuswantoro

Akhire klakon aku bisa ngelakoni Pengabdian Kepada Masyarakat neng Pemalang. Tepate, neng Kecamatan Pemalang.

Nyong rasane seneng nemen. Wis suwe, Nyong pengen ngelakoni kegiatan kaya kiye ning daerahku.

Rasane “berdosa” sering ngelakoni Pengabdian Kepada Masyarakat ora ning daerah kelahirane dhewek. Nyong wis ngelakoni Pengabdian Kepada Masyarakat ning daerah: Semarang, Kendal, Purwodadi, Rembang mbe daerah liyene. Tapi, justru Pemalang sing durung. Tepat tanggal 4 Juni 2024, aku mbe kancaku ngelakoni Pengabdian Kepada Masyarakat ning Kecamatan Pemalang.

Alhamdulillah sing teka akeh. Tema pengabdiane Nyong: “Penguatan Komitmen Partisipatif Terintegrasi Dalam Penyelenggaraan Kearsipan”. Sing diundang neng acara kuwe: sekretaris lurah mbe staf administrasine. Tema sing tak sampeke kuwe saking disertasine Nyong, terus tak gawe Pengabdian (diwaca: Pengabdian Kepada Masyarakat).

Aku diewangi karo kancane saka UNNES: Mas Nukha, Mas Arif, Mbe Mas Dedi. Oh ya diewangi juga karo sopir, Mas Yoan.

Bar ngelakoni Pengabdian, aku nyempatna balik omah ning Pelutan, pengen ketemu ibune/mamahe. Wong eseh dhuwe orang tua, ya kudu mampir mbe njaluk dongane wong tuwa: ben slamet, waras, berkah, mbe sukses dunia-akhirat. Iye, pora?

Syukur sing tak jaluk: bisa urip ning daerah rantau/Semarang, wis Alhamdulillah, apamaning bisa berbagi ilmu/informasi mbe wong Pemalang. Moge-moge bisa nganakna kegiatan kaya kiye maning ning daerah sing dikenal julukan kota “Ikhlas” mbe daerah penghasil nanas madu. Amin. []

Ditulis ning Semarang (Gedung auditorium jem 10.25 – 10.35 Wib. (Acara Temu Kangen purnakarya dan Warakawuri dengan unsur pimpinan UNNES tahun 2024). 6 Juni 2024 /28 Dzulqo’dah 1445.

• Wednesday, June 05th, 2024

Berpikir: Salah Satu Wujud Bersyukur

Oleh Agung Kuswantoro

Wayanwiya bihis syukro ‘ala ni’matil ‘aqli (Dalam menuntut ilmu harus didasari niat untuk mensyukuri nikmat akal). Itulah salah satu keterangan dalam kitab ta’lim al-mutakallim; fasal finniyat. Pesan yang saya dapatkan oleh mushonnef/penulis kitab tersebut – Syaikh Az-Zurnuji—adalah berpikir merupakan salah satu wujud bersyukur. Bisa jadi, ada beberapa orang – bahkan banyak – yang kurang bersyukur dengan akal. Berpikir, bukanlah hal yang mudah. Dalam berpikir dibutuhkan ilmu. Ilmu sendiri harus dicari.

Oleh karenanya, sangat penting dalam sebuah niat agar selalu bersyukur dalam mencari sebuah ilmu. Mencari ilmu: memang susah dan penuh tantangan, tetapi perlu disyukuri. Karena tidak semua orang, bisa dan mampu menuntut ilmu. Lihatlah lingkungan kita: “Berapa orang yang mau datang ke majelis ilmu/kajian; berapa orang yang mau sekolah madrasah diniyah awaliah, wustho, dan ulya; berapa orang yang mau bersekolah dasar, menengah, dan perguruan tinggi strata satu, dua, dan tiga?”

Jika masih sedikit orang yang mencari ilmu di lingkungan kita; itulah bukti bahwa menuntut ilmu, bukanlah hal yang mudah, sehingga perlu disyukuri jika ada orang yang mau menuntut ilmu/belajar. []

Semarang, 2 Juni 2024/ 25 Dzulqoidah 1445, Ditulis di Kolam Renang GKS, jam 15.40 – 15.48 Wib.