• Friday, August 02nd, 2024

Menanamkan Tanggung Jawab
Oleh Agung Kuswantoro

Beberapa hari ini saya belajar Tarikh bersama dengan kedua anak saya (Mubin dan Syafa). Ada point yang menarik saat belajar perjalanan hidup Nabi Muhammad Saw, terutama pada masa anak-anak. Adapun point yang saya dapat adalah tanggung jawab sebagai anak.

Tanggung jawab saat anak itu perlu. Nabi Muhammad Saw saat anak-anak sudah mempraktikkan tanggung jawab berupa angon wedhus/menggembala kambing. Dalam menggembala kambing, ada pelajaran tanggung jawab seperti: kapan kambing diberi makan, kapan kambing harus keluar dari kandang, kapan kambing harus masuk ke kandang, dan harus menjaga kondisi kambing agar tidak mati atau kambing hilang saat digembala/diangon.

Nah, bagaimana dengan kondisi anak kita? Apakah megang HP terus? Jika masih megang hp terus, yuk kita arahkan agar memiliki tanggung jawab sesuai dengan kondisi anak. Sederhana saja seperti: anak diberikan tugas membersihkan piring setelah makan, anak menyapu halaman, membersihkan kamar setelah bangun tidur, atau pekerjaan lain yang mampu dilakukan oleh anak. Itulah tanggung jawab yang dapat ditanamkan oleh anak. Belajar dari Nabi Muhammad Saw yang bertanggung jawab atas angon wedhus-nya, mampu mengantarkan menjadi pemimpin dunia dan sukses dunia akhirat. []

Bogor, 18 Juli 2024/12 Muharrom 1446 H
Ditulis di Royal Safari Garden jam 16.45 – 16.55 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply