Dakwah
Oleh Agung Kuswantoro
Dakwah adalah sebuah ilmu yang harus dipahami oleh orang Islam. Setiap Muslim diharapkan memiliki jiwa dakwah. Adalah Ropingi el Ishaq yang mampu memaparkan dan menganalisis problematika dakwah. Saya setuju dengan isi buku yang Ropingi el Ishaq tulis, dimana dakwah perlu manajemen, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sebelum menyampaikan pada proses manajemennya, Ropingi el Ishaq menyampaikan pengertian dakwah, landasan manajemen dakwah, perencanaan dakwah, pengorganisasian dakwah, pelaksanaan dakwah, subjek dakwah, mengelola materi dakwah, media dakwah di era milenial, mengelola sasaran dakwah, evaluasi dakwah, institusionalisasi dakwah, dan dakwah interdisiplin.
Dengan membaca buku ini saya jadi memahami bahwa (1) Dakwah itu harus bersinergi semua komponen, bahkan aspek politik pun harus dilakukan; (2) Kemampuan dai dalam keilmuan itu harus tajam. Selain itu dai harus menjaga akhlak; (3) Ujung dari dakwah adalah perubahan perilaku dan perubahan sosial/kemasyarakatan, dimana diharapkan Masyarakat tersebut mendapatkan predikat masyarakat yang beradab. Masyarakat yang peradabannya maju; (4) Dai itu harus profesional, karena dai memiliki kepakaran; (5) Teruslah mengevaluasi dakwah kita dari semua aspek mulai dari aspek input hingga hasil/output dakwah; (6) Media dakwah harus dipilih yang tepat, sesuai dengan keadaan masyarakat; (7) Sasaran dakwah harus diperhatikan dai karena target dakwah adalah penentu materi dakwah; (8) Materi dakwah harus sesuai dengan kondisi sasaran dakwah.
Itulah yang saya tangkap dalam sebuah dakwah. Yuk, perkuat dakwah kita sesuai kemampuan keilmuan kita masing-masing. []
Ditulis di Rumah jam 06.20 – 06.35 Wib. Semarang, 1 Desember 2024/29 Jumadil Awwal 1446.
Judul : Manajemen Dakwah: Menginisiasi Tatanan Sosial Rahmatanlil ‘alamin
Penulis : Ropingi el Ishaq
Tahun : Februari 2023
ISBN : 978 – 623 – 8042 – 03 – 6
Penerbit : Madani – Instrans Publishing
Kota : Malang
Halaman : xx + 242 hlm.
Recent Comments