• Monday, July 29th, 2024

Tiga Cara Meraih Hikmah
Oleh Agung Kuswantoro

Ada tiga cara meraih hikmah yaitu: filsafat, tasawuf, dan Irfan. Filsafat merupakan upaya nalar yang terlepas dari subjektivitas untuk memahami substansi wujud dan apa yang berkaitan dengannya baik fisik maupun metafisik. Tasawuf menekankan bahwa pengenalan kepada Allah adalah tema utama yang tidak dapat diraih kecuali pencerahan batin disertai dengan pengalaman agama berdasar syariat dan akhlak. Adapun Irfan adalah pencapaian pengetahuan sempurna dalam ukuran manusia menyangkut pengenalan kepada Tuhan serta leburnya diri sang arif melalui kedekatan kepada Allah.

Ada yang menarik bagi saya bahwa irfan adalah salah satu cara mendapatkan hikmah. Selama ini yang sering saya dengar adalah filsafat dan tasawuf. Irfan jarang saya dengar. Bisa jadi pemahaman saya yang masih lemah dan masih asing dengan istilah Irfan. Mari kuatkan pemahaman dan (syukur) dipraktikkan filsafat, tasawuf, dan irfan.
Ditulis di Royal Safari Garden Bogor, 19 Juli 2024/13 Muharrom 1446 H jam 21.10 – 21.17 Wib.

Sumber:
M. Quraish Shihab. 2023. Logika Agama Edisi Baru. Jakarta: Penerbit Lentera Hati.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply