Tips Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membeli Mouse Gaming

Hi, sobat Hitech!

Libur telah tiba! Libur telah tiba! Hore! Hore! Hoooree!

Liburan kayak gini terkadang kita bosen tidak tahu mau melakukan apa? Ada juga yang sudah merencanakan jauh-jauh hari apa saja yang bakal dilakukan untuk menjalani liburan semester. Nah, mungkin bermain game ada di aktivitasmu, pasti kamu butuh mouse kan? Sehingga kali ini aku akan memagikan tips buat kamu jika kamu hendak memilih gaming mouse. Check this out!

Komputer tidak akan dapat digunakan untuk beraktivitas jika perangkat tersebut tidak dilengkapi dengan keyboard dan mouse. Begitu juga dengan bermain game di komputer, pemilihan mouse yang tepat atau sesuai dengan game yang dimainkan menjadi suatu kebutuhan seorang gamer agar ia dapat mengeluarkan kemampuan bermain gamenya hingga 100 persen.

Mungkin sebagian orang menilai bahwa yang namanya mouse bentuk dan fungsinya itu-itu saja. Padahal setiap mouse dibuat dipabriknya sudah memiliki fungsi untuk mendukung kegiatan tertentu. Contohnya saja mouse untuk bekerja atau kegiatan yang bukan bermain game. Umumnya mouse untuk kegiatan seperti yang sudah disebutkan tersebut menggunakan mouse yang tidak begitu memperdulikan desain dan tidak begitu memperdulikan DPI atau seberapa sensitif mouse tersebut. Karena yang terpenting harganya murah.

Sedangkan untuk mouse bermain game, umumnya mouse tersebut memiliki DPI yang bisa diatur sesuai selera, desain yang enak digenggam dan sensor yang bukan menggunakan optik lagi melainkan menggunakan laser.

Menurut saya, mouse untuk gamer itu dibagi menjadi tiga kategori, yaitu mouse untuk bermain game FPS atau game tembak-tembakan, mouse untuk bermain game RPG ataupun MMORPG, serta mouse yang dapat melakukan keduanya atau saya sebut mouse hybrid.

Memilih gaming mouse juga tidak boleh sembarangan. Setidaknya ada 5 hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih sebuah mouse untuk bermain game.

1. Perhatikan Kebiasaan Anda Memegang Mouse

Ada 3 jenis cara seseorang dalam memegang mouse, yaitu memegang mouse secara keseluruhan dengan telapak tangan Anda, memegang mouse seperti ingin mencakar, dan memegang mouse dengan ujung jari.

Berbeda dengan memegang mouse secara keseluruhan dengan menggunakan telapak tangan, memegang mouse dengan ujung jari umumnya tidak menempelkan telapak tangan ke mouse yang dipegang.

Dan dari cara Anda memegang mouse, Anda akan dapat menentukan mouse dengan desain seperti apa yang pas dengan tangan Anda.

2. Perhatikan Seberapa Besar Gerakan Anda Ketika Sedang Menggunakan Mouse

Hal ini dilakukan untuk menemukan seberapa agresif Anda ketika menggerakkan mouse sehingga nantinya Anda akan dapat menentukan seberapa besar DPI yang mouse Anda butuhkan. Karena jika Anda adalah seseorang yang agresif dalam menggunakan mouse, biasanya mouse yang Anda butuhkan adalah mouse dengan DPI rendah.

Sedangkan Anda yang menggerakkan mouse seperti orang malu-malu biasanya membutuhkan mouse dengan DPI tinggi.

3. Perhatikan Game yang Paling Sering Anda Mainkan

Game apa yang sering Anda mainkan?

Setidaknya ada tiga jenis game yang sudah umum di komputer, yaitu FPS (tembak-tembakan), RPG, atau mungkin juga RPG yang digabungkan dengan FPS.

Gaming mouse yang diperuntukkan untuk game FPS biasanya adalah mouse yang DPI nya bisa diatur berdasarkan keinginan sendiri kemudian ada juga tombol tambahan yang biasanya disebut tombol makro sebanyak satu atau dua buah. Sensor yang digunakan untuk gaming mouse juga umumnya menggunakan sebuah sensor laser.

Sedangkan gaming mouse yang diperuntukkan untuk game RPG biasanya adalah game yang memiliki banyak tombol. Tombol-tombol yang banyak ini sendiri umumnya digunakan untuk mengaktivasi berbagai fitur ataupun keahlian yang terdapat dalam game RPG yang dimainkan dimana jumlahnya biasanya memang banyak sehingga membutuhkan tombol yang banyak juga.

Mouse jenis ini biasanya masih menggunakan sensor optik.

Gaming mouse yang terakhir adalah gaming mouse jenis hybrid. Mouse dengan jenis ini umumnya digunakan oleh mereka para pemain game yang suka bermain kedua jenis game di atas ditambah dengan game jenis RTS(Real-Time Strategy).

Selain untuk bermain FPS, mouse jenis ini juga cocok dipergunakan untuk bermain RPG. Namun, jenis game ini biasanya memiliki kemampuan yang setengah-setengah baik untuk bermain FPS ataupun RPG.

4. Baca atau Tonton Ulasan Pengguna Lainnya

Jika Anda sudah menentukan jenis mouse yang Anda inginkan, jangan dulu terburu-buru untuk membelinya. Karena belum tentu mouse pilihan Anda itu benar-benar seperti apa yang dideskripsikan oleh produsennya.

Hal lain yang harus Anda lakukan setelah menemukan mouse incaran Anda adalah melihat reviews atau ulasan dari berbagai pengguna yang sudah langsung mencoba mouse tersebut. Dari situ Anda akan tahu apakah mouse tersebut memang seperti dugaan Anda atau malah jauh berbeda.

5. Beli Mouse yang Anda Inginkan

Ketika Anda sudah melakukan hal pada nomor 4 di atas dan ingin segera membeli mouse yang Anda inginkan. Carilah harga termurah di pusat-pusat elektronik di sekitar rumah Anda dengan sebelumnya melakukan analisis harga dulu di internet yang pada umumnya selalu lebih murah dibandingkan dengan produk yang dijual di toko-toko offline.

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:


Lewat ke baris perkakas