December 16, 2015 archive

Integrasi dan Reintegrasi Sosial (Materi Sosiologi 5 untuk SMA Kelas XI)

Integrasi Sosial Pengertian Integrasi Sosial Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan bahwa integrasi adalah pembauran sesuatu yang tertentu hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat. Istilah pembauran tersebut mengandung arti masuk ke dalam, menyesuaikan, menyatu, atau melebur sehingga menjadi seperti satu. Dengan demikian, integrasi merujuk pada masuk, menyesuaikan, atau meleburnya dua atau lebih hal …

Continue reading

Konflik, Kekerasan, dan Upaya Penyelesaianya (Materi Sosiologi 4 untuk SMA Kelas XI)

  Konflik Sosial Kata “konflik” berasal dari bahasa Latin “configure” yang artinya saling memukul. Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konflik didefinisikan sebagai percekcokkan, perselisihan, atau pertentangan. Dengan demikian, secara sederhana, konflik merujuk pada adanya dua hal atau lebih yang bersebrangan, tidak selaras, dan bertentangan.

Continue reading

Perbedaan, Kesetaraan dan Harmoni Sosial (Materi Sosiologi 3 untuk SMA Kelas XI)

Diferensiasi Sosial Salah satu bentuk struktur sosial adalah diferensiasi sosial. Menurut kamus sosiologi diferensiasi sosial adalah klasifikasi atau penggolongan terhadap perbedaan-perbedaan tertentu yang bisaanya sama atau sejenis. Pengertian sama disini menunjuk pada klasifikasi masyarakat secara horizontal, mendatar atau sejajar.

Continue reading