Manfaat Menakjubkan Daun Pandan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Menakjubkan Daun Pandan Untuk Kesehatan Tubuh – Seperti yang telah kita tahu, daun pandan umumnya dipakai sebagai aroma makanan atau pewarna makanan alami. Karena warna hijaunya yang cukup khas dan aromanya yang cukup harum, maka tak heran bila daun pandan sangat diperlukan dalam bidang kuliner. Namun tahukah Anda, selain manfaatnya di bidang kuliner, daun pandan juga punya segudang khasiat luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan.

Sejak lama, daun pandan banyak dipakai masyarakat sebagai tanaman obat. Daun pandan dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit dalam tubuh seseorang. Berikut ini merupakan manfaat menakjubkan daun pandan untuk kesehatan tubuh manusia.

Jenis-jenis Pandan:

  • Pandan wangi (Pandanus ammaryllifolius)
  • Buah merah Papua (Pandanus conoideus)
  • Pandan duri
  • Pandan laut (Pandanus tectorius)
  • Pandan putih (Pandanus baphtisii)
  • Pandan Melintir (Pandanus utilis)
  • Pandan afrika (Pandanus pygmeus)

Manfaat Menakjubkan Daun Pandan Untuk Kesehatan Tubuh

  • Mengatasi Rematik

Penyakit rematik adalah penyakit yang menyerang tulang. Umumnya, rematik sendiri banyak diderita oleh orang yang telah berusia cukup tua. Agar terbebas dari sakit rematik, pastikan untuk menggunakan daun pandan. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah pandan dapat membantu untuk menyembuhkan rematik.

  • Mengatasi Stress

Aroma daun pandan yang harum dipercaya mampu membuat pikiran Anda lebih tenang. Selain karena aromanya, nutrisi yang terdapat dalam daun pandan dipercaya sangat baik dalam mengatasi stress dan rasa gelisah. Minumlah rebusan daun pandan dua kali sehari ketika Anda merasa resah gelisah atau stress. Minumlah dengan teratur untuk membantu pikiran lebih tenang serta jauh dari stress.

  • Menjaga Kesehatan Rambut

Bila Anda menginginkan rambut sehat, lembut, hitam, berkilau, dan jauh dari masalah ketombe, maka pastikan untuk memakai daun pandan. Beberapa studi mengemukakan bahwa kandungan nutrisi yang terdapat pada daun pandan amat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Cobalah membuat masker rambut alami yang terbuat dari daun pandan.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Salah satu penyakit yang paling sering menyerang orang ialah darah tinggi. Karena pola makan yang tak sehat dan stress berat, hal ini akan memicu gejala darah tinggi lebih mudah pada seseorang. Cara mengatasinya, pakailah daun pandan sebagai minuman. Rebuslah daun pandan dengan 2 gelas air dan tunggu hingga air rebusan tinggal setengahnya. Minumlah air ini setiap pagi dan juga sore hari sampai tekanan darah normal kembali.

Klik Sumber

One thought on “Manfaat Menakjubkan Daun Pandan Untuk Kesehatan Tubuh”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.