Silabus Mata Pelajaran: Antropologi Kelas XI SMA (Peminatan Bahasa)

download

Satuan Pendidikan        : SMA

Kelas /Semester           : XI /1-2

Kompetensi Inti

KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan Continue reading

Silabus Mata Pelajaran: Antropologi Kelas X SMA (Peminatan Bahasa)

download

Satuan Pendidikan        : SMA

Kelas /Semester           : X/1-2

Kompetensi Inti

KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan  sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Continue reading

Video Pembelajaran Sosiologi : Kelompok-kelompok Sosial

Manusia telah diciptakan sebagai makhluk sosial dimana manusia tidak dapat hidup  tanpa manusia lainnya. Sebagai makhluk sosial kita pasti melakukan bahkan membutuhkan interaksi sosial dengan orang lain. Dalam interaksi yang terjadi dikalangan masyarakat tersebut secara sengaja maupun tidak sengaja  maka akan membentuk kelompok sosial..

Videonya : (bisa download di Youtube)

Aborsi dalam Analisis Dialektika

download (2)Aborsi berasal dari bahasa latin “abortio” yang  berarti pengeluaran hasil konsepsi dari uterus secara premature sebelum janin berumur 24 minggu yang mengakibatkan kematian. Aborsi merupakan salah satu problematik sosial yang bayak dibicarakan oleh masyarakat Indonesia. Perdebatan mengenai aborsi perlu dilakukan untuk menghasilkan dasar hukum yang kuat dan adil mengenai praktik aborsi. Dalam penetapannya, diperlukan analisis mendalam salah satunya melallui analisis dialektika.

Continue reading

Pembelajaran Konstruktivisme dan Kontekstual

download (4)

Pembelajaran Konstruktivisme

Konstruktivisme merupakan teori psikologi tentang pengetahuan yang menyatakan bahwa manusia membangun dan memanai pengetahuan dari pengalamannya sendiri. Esensi pembelajaran konstruktivistik adalah peserta didik secara individu menemukan dan mentransfer informasi yang kompleks apabila menghendaki informasi itu menjadi miliknya. Pembelajaran konstruktivistik memandang bahwa peserta didik secara terus-menerus memeriksa informasi baru yang berlawanan dengan aturan-aturan lama dan merivisi aturan-aturan tersebut jika tidak sesuai lagi.

Pembentukan teori konstruktivisme pada umunya dikaitkan dengan Jean Piaget, yang mengartikulasikan mekanisme internalisasi pengetahuan pada peserta didik. Dia menyatakan bahwa melalui proses akomodasi dan asimilasi, peserta didik membangun pengetahuan dari pngalamannya. Salah satu tujuan penggunaan pembelajaran konstruktivistik adalah peserta didik belajar cara-cara mempelajari sesuatu dengan cara memberikan pelatihan untuk mengambil prakarsa belajar.

Continue reading

Pembelajaran Menurut Aliran Kontemporer

images

Pembelajaran teori kontemporer yang adalah pembelajaran berdasarkan teori belajar kontruktivisme. Kontruktivis Von Glassersfeld mengembangkan fungsi kognitif dalam mengkontruksi pengetahuan. Disini pembelajaran berfungsi membekali kemampuan peserta didik mengakses berbagi informasi yang dibutuhkan dalam belajar dalam kaitan perolehan informasi peserta didik mempunyai kemampuan mengakses beragam informasi yang digunakan untuk belajar, maka pendidik berfungsi membekali kemampuan peserta didik dalam menyeleksi informasi yang dibutuhkan. Informasi tidak memuat sai-satunya kebenaran tetapi informasi hanya memiliki makna dalam konteks waktu, tempat, permasalahan dan bidang tertentu.
Pembelajaran kontruktivisme mengkritisi konsep pembelajaran yang selama ini, belajar mengajar dalam arti cenderung berpusat pada pendidik dipihak lain cenderung berpusat pada subjek belajar. Karena kontruktivisme berpegang pada pandangan keaktifan peserta didik dalam mengkontruksi pengetahuan berdasarkan intraksinya dalam pengalaman belajar yang diperoleh. Bentuk pembelajaran student center learning strategies dilaksanakan melalui belajar aktif, belajar mandiri, belajar kooperatif dan kolaborasi generatif learning dan problem based learning.
Continue reading

Ritual Rambu Solok

imagesSiapa yang tidak kenal dengan Tana Toraja, tempat yang begitu banyak adat istiadat dan tempat tujuan wisata yang indah. Tana Toraja berjarak 300 kilometer dari Makassar, Sulawesi Selatan, menyimpan berbagai macam adat dan budaya leluhur yang diwariskan oleh nenek moyang mereka dan tetap lestari hingga kini. Tana Toraja, disamping terkenal sebagai kawasan wisata juga merupakan penghasil produksi pertanian di provinsi Sulawesi Selatan dan juga masyarakatnya terkenal sebagai pemegang teguh adat seperti masih adanya upacara kematian yang di sebut Rambu Solok.

Continue reading

Sebuah Kritik : Primitive Runaway

download

Posted By Arsi M. Wakhida

Sebelum saya mengulas mengenai program “primitive runaway” yang ditayangkan di salah satu TV nasional, saya akan memberikan definisi terkait dengan kata “primitive”. Menurut Wkipedia, Primitif adalah suatu kebudayaan masyarakat atau individu tertentu yang belum mengenal dunia luar atau jauh dari peradaban. Primitif mempunyai arti tidak mengenal peradaban dan tidak mengenal kesopanan atau tatakrama. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “pri·mi·tif adalah 1 keadaan yg sangat sederhana; belum maju): kebudayaan –; 2 sederhana; kuno”. Jadi, primitif merupakan keadaan di suatu tempat yang masih sederhana dan belum dan tidak mengenal kesopanan atau tatakrama. Kata primitif erat kaitannya dengan konotasi negatif, tafsiran dan asosiasi tindakan, stigmatisasi, tuduhan keterbelakangan, ketertinggalan, pemaksaan dan penindasan serta asimilasi budaya luar modern.

Continue reading

Ngadas, Si Tengger di Kaki Bromo

images (1)
Tengger merupakan salah satu komunitas di Indonesia yang mendiami wilayah empat kabupaten di Jawa Timur, yaitu : Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten  Malang dan Kabupaten Lumajang. Menurut mitos yang beredar, Nama Tengger sendiri konon berasal dari legenda yang terjadi di sana. Pada jaman dahulu ada pasangan Rara Anteng dan Jaka Seger yang dianggap sebagai nenek moyang dan kemudian nama mereka disatukan menjadi TENGGER. Gunung Bromo pun tak luput dari mitos yang beredar di masyarakat. Setelah beberapa lama pasangan Rara Anteng dan Jaka Tengger berumah tangga, mereka  belum juga dikaruniai keturunan. Kemudian mereka memutuskan untuk naik ke puncak gunung Bromo guna bersemedi. Mereka mendapat petunjuk bahwa doanya untuk memiliki anak akan terkabul namun dengan syarat. Syarat tersebut yaitu bila telah mendapatkan keturunan, anak yang bungsu harus dikorbankan ke kawah Gunung Bromo. Tanpa berfikir panjang, pasangan Roro Anteng dan Jaka Seger menyanggupinya.

Setelah bertahun-tahun menunggu akhirnya mereka mendapat putra putri yang semuanya berjumlah 25. Tiba waktunya untuk Roro Anteng dan Joko Seger menapati janjinya. Namun, naluri orang tua pasti tidak tega bila harus kehilangan anaknya. Sang Dewa marah dengan mengancam akan menimpakan malapetaka, kemudian terjadilah keadaan dimana suasana menjadi gelap gulita bersamaan kawah Gunung Bromo yang menyemburkan api. Akhirnya anak bungsunya yang bernama Raden Kusuma  lenyap terjilat api dan masuk ke kawah Bromo. Pada saat itu pula ada bisikan setiap bulan Kasada pada hari ke-14, masyarakat Tengger harus mengadakan sesaji kepada Dewa di kawah Gunung Bromo.Kebiasaan ini diikuti secara turun temurun oleh masyarakat Tengger dan setiap tahun diadakan upacara Kasada di Poten lautan pasir dan kawah Gunung Bromo. Suku Tengger bukan masyarakat pelarian Kerajaan Majapahit. Mereka sudah ada sebelum warga dari kerajaan majapahit berpindah ke kaki gunung Bromo.

Indentifikasi Continue reading

Yukk, Simak Antropologi Kesehatan !!!!

download (1)

Antropologi? Ya, bicara antropologi merupakan hal yang masih asing ketika seseorang baru mengenalnya. Beberapa orang memang mengenal antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dan kebudayaannya. Namun tak sedikit pula ynag mengatakan dan menduga-duga apa itu antropologi sampai akhirnya berhembus di telinga jikalau antropologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bintang-bintang.  Secara harfiah antropologi berasal dari dua kata yaitu antrhopos dan logos yang masing-masing berart manusia dan ilmu. Jadi antropologi merupakan ilmu atau kajian mengenai manusia. Apapun yang berhubungan dengan segala aktivitas manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya dapat dibaca melalui kacamata antropologi. Nah, salah satunya adalah perilaku manusia yang berhubungan dengan kesehatan.

Continue reading