PENDIDIKAN LINGKUNGAN GUNA MEWUJUDKAN KAMPUS KONSERVASI BEREPUTASI

PENDIDIKAN LINGKUNGAN GUNA MEWUJUDKAN KAMPUS KONSERVASI BEREPUTASI

Perkembangan global dewasa ini mengindikasikan berbagai fenomena yang menandakan bahwa masa depan dunia terbayang-bayangi oleh lingkungan hidup yang mengkhawatirkan. Global warming merupakan salah satu bentuk refleksi dari perkembangan teknologi yang tidak seimbang dengan kepedulian manusia terhadap lingkungan hidup. Berbagai penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa peningkatan konsentrasi karbon dioksida (CO2) dalam atmosfer, yang dihasilkan terutama oleh kegiatan manusia, merupakan penyebab utama pemanasan global. Rendahnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup berdampak cukup signifikan terhadap kerusakan lingkungan.
Permasalahan lingkungan bukan sekedar permasalahan yang dapat diatasi secara fisik saja, melainkan memerlukan sumber daya manusia yang dapat mengatasi permasalahan untuk jangka panjang. Pendidikan merupakan salah satu upaya preventif yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini dalam jangka waktu panjang. Pendidikan lingkungan merupakan suatu hal yang penting untuk diberikan sejak dini, mengingat semakin banyaknya fenomena-fenomena yang melanda lingkungan akibat buruknya moral dan etika lingkungan manusia.
Salah satu alasan pentingnya pendidikan lingkungan harus diberikan sejak dini adalah interaksi dengan lingkungan hidup merupakan bagian penting dalam perkembangan kehidupan anak yang sehat dan interaksi tersebut dapat mendorong kemampuan belajar dan kualitas hidup mahasiswa ke masa yang akan datang. Selain itu pendidikan lingkungan juga perlu ditanamkan sejak masih anak-anak supaya anak dapat mengembangkan rasa cinta terhadap lingkungan. Sehingga perasaan tersebut akan tertanam dengan baik seiring bertambah dewasa kelak.
Sosialisasi pentingnya pelestarian fungsi lingkungan melalui jalur pendidikan merupakan sebuah langkah bijak, mengingat pendidikan merupakan salah satu investasi masa depan bangsa. Melalui pendidikan berbasis lingkungan, harapannya akan terbentuk generasi yang berkualitas dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Dengan demikian, penanaman karakter cinta lingkungan pada generasi muda, terutama anak-anak diharapkan menghasilkan generasi yang berwawasan lingkungan.
Melihat begitu besar manfaat dari pendidikan lingkungan ini harapannya mahasiswa mulai menggagasnya dan memulai gerakan ini. Jika pendidikan karakter berbasis lingkungan sering digembor-gemborkan tetapi minim penerapan, maka tugas mahasiswa adalah memulai dengan langkah dengan bertindak nyata untuk dirinya sendiri, orang-orang dan lingkungan disekitarnya. Jika semua mahasiswa memiliki kesadaran yang tinggi untuk mencintai lingkungan sehingga mampu untuk menjaga dan mempelihara lingkungan kampus. Maka kampus akan mudah untuk mewujudkan cita-citanya menjadi kampus konservasi bereputasi.

#2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: