Hai Kawan blogger ?
Postingan kali saya akan memberikan pengetahuan mengenai silabus sosiologi SMA kelas XI kurikulum 2013. Waktu pelaksanaan kegiatan pembelajaran Sosiologi kelas XI dilaksanakan selama empat jam pelajaran per-minggu. Dalam mendukung kegiatan pembelajaran tersebut, diperlukan suatu materi pembelajaran dan kompetensi dasar untuk dua semester yang akan disajikan sebagai berikut:
- Materi Pembelajaran ke 1
Pembentukan kelompok sosial : Dasar-dasar pembentukan kelompok; berbagai bentuk dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat; karakteristik khusus atau partikularisme dan eksklusivisme kelompok.
Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :
- Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis.
- Menalar tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis.
- Materi Pembelajaran ke 2
Permasalahan sosial dalam masyarakat : Permasalahan sosial di masyarakat; partikularisme kelompok dan dilema pembentukan kepentingan publik; berbagai jenis permasalahan sosial di ranah publik; dampak permasalahan sosial terhadap kehidupan publik; pemecahan masalah sosial untuk mencapai kehidupan publik yang lebih baik.
Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :
- Memahami permasalahan sosial dalam kaitannya dengan pengelompokan sosial dan kecenderungan eksklusi sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis.
- Melakukan respon mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat dengan cara memahami kaitan pengelompokan sosial dengan kecenderungan eksklusi dan timbulnya permasalahan sosial.
- Materi Pembelajaran ke 3
Perbedaan, kesetaraan, dan harmoni sosial : Partikularisme kelompok dan perbedaan sosial di masyarakat; kesetaraan untuk mencapai kepentingan umum atau publik; perbedaan dan kesetaraan antar kelompok dalam kehidupan publik; relasi antar kelompok dan terciptanya keharmonisan sosial dalam kehidupan masyarakat atau publik.
Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :
- Memahami arti penting prinsip kesetaraan untuk menyikapi perbedaan sosial demi terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis.
- Menerapkan prinsip-prinsip kesetaraan untuk mengatasi perbedaan sosial dan mendorong terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis.
- Materi Pembelajaran ke 4
Konflik, kekerasan, dan perdamaian : Konflik, kekerasan, dan perdamaian; pemetaan konflik (konteks, issu, pihak-pihak, dan dinamika); akar masalah dan sebab-sebab terjadi konflik; resolusi konflik (pencegahan, kelola, rekonsiliasi, dan transformasi); peran mediasi dan pihak ketiga dalam penyelesaian konflik dan menumbuhkan perdamaian.
Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :
- Memahami konflik sosial dan bagaimana melakukan respon untuk melakukan resolusi konflik demi terciptanya kehidupan yang damai di masyarakat.
- Memetakan konflik untuk mampu melakukan resolusi konflik dan menumbuh kembangkan perdamaian di masyarakat.
- Materi Pembelajaran ke 5
Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan : Konflik bersifat kekerasan dan dampaknya terhadap perpecahan atau disintegrasi sosial; perdamaian dan integrasi atau kohesi sosial; pemulihan (recovery), rehabilitasi, reintegrasi, dan transformasi sosial; reintegrasi dan koeksistensi dalam kehidupan damai di masyarakat.
Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :
- Memiliki pengetahuan mengenai bagaimana melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik, dan kekerasan di masyarakat.
- Melakukan penelitian sederhana berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan permasalahan sosial dan konflik yang terjadi di masyarakat sekitar.