Salam SosantPedia 😀
Hai,berjumpa lagi dengan postingan saya. Kali ini saya akan membagikan postingan mengenai serpihan silabus antropologi SMA/MA kelas XI, yang terdiri dari Kompetensi Dasar dan Materi Pembelajaran. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan saya tampilkan silabus antropologinya :
Untuk waktu pelaksanaan kegiatan pembelajaran Antropologi kelas XI SMA dilaksanakan selama 128 jam pelajaran
Materi Pembelajaran ke 1
Pengertian tentang Metode Etnografi ,Teknik Penelitian Etnografi Deskripsi institusi-institusi sosial (antara lain: sistem kekerabatan, sistem religi, sistem politik, sistem mata pencaharian hidup, bahasa, kesenian) dalam suatu kelompok etnik tertentu di Indonesia.
Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :
- Menggunakan pengetahuan dasar metode etnografi dalam mendeskripsikan institusi-institusi sosial (antara lain: sistem kekerabatan, sistem religi, sistem politik, sistem mata pencaharian hidup, bahasa, kesenian) dalam suatu kelompok etnik tertentu di Indonesia.
- Melakukan penelitian etnografi/membaca dengan kritis laporan-laporan penelitian etnografi dalam rangka mendeskripsikan institusi-institusi sosial (antara lain: sistem kekerabatan, sistem religi, sistem politik, sistem mata pencaharian hidup, bahasa, kesenian) dalam suatu kelompok etnik tertentu di Indonesia
Materi Pembelajaran ke 2
Persamaan dan perbedaan institusi-institusi sosial dalam berbagai kelompok etnik di Indonesia.
Kesadaran tentang kondisi masyarakat Indonesia yang Multietnik.
Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :
- Menemukan dan menunjukkan persamaan dan perbedaan institusi-institusi sosial dalam berbagai kelompok etnik di Indonesia, agar tercapai pemahaman tentang keanekaragaman dan kesamaan budaya, sehingga terbentuk sikap toleransi, saling menghargai, dan empati dalam rangka membangun masyarakat multietnik Indonesia yang rukun, aman, dan damai
- Melakukan pengamatan (observasi), wawancara (interview), membaca literatur yang relevan, dan berdiskusi untuk menemukan persamaan serta perbedaan institusi-institusi sosial dalam berbagai kelompok etnik di Indonesia, agar terbentuk sikap toleransi, saling menghargai, dan empati untuk membangun masyarakat multietnik Indonesia yang yang rukun, aman, dan damai.
Materi Pembelajaran ke 3
Konsep tentang Nilai-Nilai Kultural (cultural values)
Pewarisan nilai-nilai kultural atau proses sosialisasi dan enkulturasi.
Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :
- Menemukan nilai-nilai kultural yang disepakati bersama oleh masyarakat Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa) dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta masyarakat multi etnik Indonesia yang rukun, aman, dan damai.
- Melakukan refleksi/diskusi untuk menarik kesimpulan tentang nilai-nilai kultural nasional Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa) dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta masyarakat multi etnik Indonesia yang rukun, aman, dan damai.
Materi Pembelajaran ke 4
Nilai-nilai kultural positif yang dapat dipromosikan sebagai bagian dari budaya nasional (national culture).
Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :
- Memprmosikan nilai-nilai kultural yang disepakati bersama oleh masyarakat Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa) sebagai budaya nasional (national culture).
- Membuat program dan berbagai model untuk memprmosikan nilai-nilai kultural yang disepakati bersama oleh masyarakat Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa) sebagai budaya nasional (national culture).