Ayo Menanam Pohon ! #2

Tema : Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi
Judul : Ayo Menanam Pohon ! #2

6fea1-ayo-menanam-pohon

fifahmr.wordpress.com

“Ayo Menanam Pohon !”

Ya kegiatan itu sedang gencar dilakukan saat ini. Berbagai gerakan konservasi saat ini terus gencar dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat dan organisasi-organisasi yang ada di masyarakat itu sendiri, demi terwujudnya lingkungan yang lestari.

Akhir-akhir tahun belakangan ini telah timbul kesadaran masyarakat akan pentingnya pohon untuk kelestarian dan keseimbangan alam demi kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup. Pohon sudah menjadi sahabat kita dalam kehidupan sehari-hari, pohon dapat memberikan suasana yang berbeda, suasana indah, nyaman dan sejuk. Pohon menjadi pelindung kita dari cuaca panas. Pohon menjadi simbol dari sebuah kelestarian lingkungan, banyak manfaat dari sebuah pohon dari ujung daun sampai akar. Satu pohon memiliki sejuta manfaat bagi kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup di bumi ini.

Namun, beberapa tahun belakangan ini, pesatnya pembangungan dikota-kota besar menyebabkan banyak pohon ditebang dan dikorbankan. Hilangnya satu pohon telah memutus mata rantai kehidupan berbagai makhluk hidup karena habitat mereka yang rusak.

Dampak apabila pohon ditebang menyebabkan pemanasan global atau yang biasa disebut dengan Global Warming. Global Warming saat ini bukan lagi sebuah isu lingkungan, melainkan fakta masalah lingkungan yang sedang terjadi. Global Warming menyebabkan banyak sekali kerugian dan bencana di bumi.

Berikut ini beberapa dampak dari Global Warming :

1. Kepunahan sejumlah besar spesies
2. Es di kutub meleleh
3. Kenaikan permukaan air laut di seluruh dunia
4. Kebakaran hutan
5. Gagal panen besar-besaran
6. Hilangnya terumbu karang

Berikut ini beberapa penyebab dari terjadinya Global Warming :

  1. Efek rumah kaca
  2. Pemborosan Listrik
  3. Polusi udara dari industri dan pabrik
  4. Hutan Gundul
  5. Pembakaran hutan dan ilegal loging
  6. Jumlah kendaraan terus bertambah

Masih banyak lagi dampak serta penyebab dari Global Warming yang dapat kita temukan. Melalui penghijauan, dampak Global Warming semakin berkurang karena penghijauan adalah salah satu cara mudah menyelamatkan lingkungan.

Dibawah ini beberapa manfaat penghijauan :
1. Penghijauan sebagai penghasil oksigen
2. Penghijauan sebagai penyedia sumber pangan
3. Penghijauan sebagai penahan laju air dan erosi

Berikut ini beberapa manfaat dari sebuah pohon :
Rumah bagi beberapa makhluk hidup
Antisipasi banjir karena fungsi pohon yang menyerap air
Payung alami karena pohon menghalangi sinar matahari secara langsung
 Kehadiran pohon membuat lingkungan menjadi nyaman terutama pada siang hari.
 Pohon dapat menyerap zat-zat yang berbahaya dari udara
 Pohon dapat menjadi filter air yang alami
 Pohon menyerap banyak karbon dioksida untuk mengurangi gas efek rumah kaca
 Pohon dapat menjadi sumber mata pencaharian dan menjadi sumber pendapatan

Dan masih banyak lagi manfaat yang diberikan dari pohon dalam kelangsungan hidup kita sampai dengan hari ini.

Apakah bencana yang terjadi akan dibiarkan terus berulang dan semakin bertambah lagi ?

Kita sebagai bagian dari alam turut bertanggung jawab dan sepatutnya sekarang memperbaiki atas kerusakan yang ada. Biaya yang mahal untuk penanggulangan hutan-hutan yang gundul saat ini tidak sebanding dengan biaya yang akan generasi anak cucu kita hadapi.
Mulai dengan satu langkah kecil namun pasti harus dilakukan oleh setiap individu.

Berikut hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan :

  1. Bila memiliki halaman didepan maupun dibelakang rumah tanamilah dengan tanaman-tanaman kecil ataupun besar.
  2. Tidak merusak tanaman dalam hal ini pohon yang berada di fasilitas publik (taman, trotoar, dll).
  3. Terlibat secara langsung maupun secara tidak langsung dalam aksi penghijauan dan reboisasi yang di lakukan oleh LSM ataupun lembaga yang lainnya.

Dari ketiga cara diatas pasti ada salah satu hal yang dapat kita mulai untuk dilakukan. Kesadaran yang ada haruslah dibangun dan dibarengi dengan langkah sederhana untuk bisa menjaga alam titipan dari anak cucu kita di masa depan. Semua itu bukan tidak mungkin, apabila kita semua memiliki kesadaran dan keinginan yang sama untuk bertindak.

Jadi, mari kita sebagai kader-kader konservasi bersama-sama menjaga alam kita dengan baik. Sehingga bisa memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan saat ini dan untuk anak cucu kita di masa depan.

SALAM KONSERVASI ! \\// 😀

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

Tentang Dinda Febriani

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Perkenalkan nama saya Dinda Febriani, lahir di Pemalang, 28 Februari 1997. Saya anak pertama dari 2 bersaudara, adik saya bernama Bagus Herlambang sekarang dia kelas 1 SMA. Saya Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Semarang tahun 2015, program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni. Hobi saya Memasak, dan berpidato. Cita-cita saya ingin sukses dan membahagiakan kedua orang tuaku, adikku, keluargaku dan orang-orang disekitarku. Just simple future goals :) Itulah perkenalan singkat dari saya, terimakasih sudah membaca. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Tulisan ini dipublikasikan di Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi. Tandai permalink.

One Response to Ayo Menanam Pohon ! #2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: