PENTINGNYA PENDIDIKAN KONSERVASI UNTUK MEMBENTUK RUMAH ILMU MEWUJUDKAN UNIVERSITAS KONSERVASI #2

Konservasi adalah upaya pelestarian lingkungan dengan tetap memperhatikan manfaat yang dapat diperoleh dari lingkungan.
Kesadaran masing-masing individu yang belum ada untuk mengaplikasikan pilar-pilar konservasi membuat konservasi itu sendiri sulit diwujudkan. Bahkan ada pilar-pilar konservasi yang mungkin belum diketahui dalam hal ini oleh beberapa mahasiswa. Apa saja sih pilar konservasi itu?
Ada tujuh pilar konservasi yaitu :
1. Konservasi keanekaragaman hayati
2. Arsitektur hijau dan sistem transportasi internal
3. Pengelolaan limbah
4. Kebijakan nirkertas
5. Energi bersih
6. Konservasi etika, seni, dan budaya
7. Kaderisasi konservasi
Ketujuh pilar tersebut memilki kepentingan yang setara, tidak ada yang diutamakan dan tidak ada yang di kesampingkan atau ditinggalkan. Ketujuh pilar tersebut saling melengkapi, bersinergi, dang saling mendukung. Untuk dapat memahami dan mengaplikasikan ketujuh pilar tersebut, harus ada upaya menanamkan pokok-pokok konservasi kepada seorang individu. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pendidikan konservasi kepada masing-masing individu. Pendidikan konservasi berarti sebuah proses pembelajaran untuk membangun spirit penduduk(mahasiswa), tentang lingkungan untuk pembangunan berwawasan masa kini dan memerhatikan generasi masa mendatang. Dengan adanya pendidikan konservasi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan kesadaran masyarakat tentang isu-isu lingkungan. Ketika masyarakat sudah mengetahui pentingnya konservasi atau peeliharaan lingkungan maka setiap perilakunya pun akan memerhatikan kira-kira ada atau tidak dampaknya terhadap lingkungan. Ketidakadaan pendidikan konservasi akan membuat pengetahuan seseorang akan lingkungan rendah dan setiap perilakunya pasti tidak berwawasan lingkungan, yang kemudian akan menyebabkan kerusakan lingkungan.

eWMLCmhz_400x400
sumber gambar: Konservasi Delapan ‏@konservasi8

Peran serta mahasiswa dalam mewujudkan universitas konservasi sangat signifikan, mengingat mahasiswa adalah kunci atau inti dari sebuah kampus. Mahasiswa sudah selayaknya mau dan bersedia untuk memahami konservasi dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, mereka diharap mampu menularkan kesadaran konservasi kepada pihak atau orang lain agar semakin banyak orang yang sadar akan konservasi. Jika dalam suatu kampus atau universitas didominasi bahkan seluruh mahasiswanya sadar akan konservasi, tujuan untuk mewujudkan universitas konservasi itu pasti akan lebih mudah untuk diwujudkan.
Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: