A. Konsep Pemberdayaan Komunitas
Komunitas adalah kesatuan unit sosial yang terorganisasikan dalam kelompok-kelompok dengan kepentingan bersama baik secara fungsional maupun teriotrial. Komunitas juga diartikan sebagai sekelompok individu yang hidup secara bersama pada satu wilayah tertentu, yang kemudian membentuk kelompok yang diikat dengan kepentingan yang sama. Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya dalam meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat yang dalam keadaan sekarang tidak mampu untuk lepas dari kemiskinan. Pemberdayaan komunitas berusaha untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memecahkan masalah sosial.

B. Dasar Terbentuknya Pemberdayaan Komunitas
Upaya pemberdayaan komunitas dilatar belakangi oleh ketidakberdayaan masyarakt itu sendiri. Faktor yang menyebabkan ketidakberdayaan tersebut adalah adanya ketimpangansosial baik secra struktural, kelompok maupun personal.

C. Manfaat Pemberdayaan Komunitas
Pemberdayaan komunitas memungkinkan terjadinya perkembangan bakat yang terpendam yang dimiliki individu. Diharapkan hambatan yang secara tradisional dapat dihilangkan, karena pemberdayaan pada dasarnya memberikan berbagai pengetahuan yang kitannya dengan memperoleh kesejahteraan hidup.

D. Strategi Pemberdayaan Komunitas
Menurut Eliot terdapat tiga strategi pendekatan dalam proses pemberdayaan komunitas yaitu:
1. Pendekatan kesejahteraan, yaitu dengan cara memberikan bantuan kepada kelompok tertentu seperti kepada kelompok masyarakat yang sedang tertimpa bencana alam.
2. Pendekatan pembangunan, yaitu menekankan pada proses pembangunan dalam meningkatkan kemandirian, kemampuan, dan kewasdayaan masyarakat.
3. Pendekatan pemberdayaan, yaitu memandang kemiskinan sebagai akibat dari proses politik.

E. Pemberdayaan Komunitas untuk Mengatasi Ketimpangan Sosial
1. Mengatasi ketimpangan sosial berdasarkan kearifam lokal, misalnya gotong royong dalam kegiatan kerja bakti.
2. Mengatasi ketimpangan sosial berdasarkan kelestarian lingkungan, kaitannya dengan upaya melestarikan sumber daya alam agar masyarakat dapat terus memenuhi kbutuhan hidupnya.
3. Mengatasi ketimpangan sosial berdasarkan pembangunan berkelanjutan, yaitu berorientasi pada pemanfaatan sumberdaya alam secara bijaksana demi keberlangsungan generasi berikutnya.

Sumber:
Mulyadi,Yad dkk.2014.Sosiologi SMA Kelas XII.Jakarta:Yudhistira.