A. Pengertian Ketimpangan Sosial
Ketimpangan sosial adalah ketidakseimbangan dalam masyarakat yang terwujud dalam perbedaan status sosial, ekonomi, dan budaya. Ketimpangan dapat disebabkan oleh dua faktor berikut ini:
a. Faktor internal, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu sendiri. Rendahnya kualitas sumber daya manusia menjadi salah satu penyebab adanya ketimpangan sosial. Yakni karena tingkat pendidikan dan keterampilan yang amsih rendah.
b. Faktor eksternal, yaitu faktor yang berasal dari luar diri individu. Merupakn ketimpangan yang disebabkan oleh hambatan tekanan struktural. Faktor eksternal dapat dikarenakan oleh birokrasi atau kebijakn tertentu, sehingga mempersulit akses individu dalam upaya mendapatkan kesempatan dan peluang yang ada.

B. Ketimpangan Sosial di Masyarakat
Penyebab ketimpangan sosial di masyarakat adalah terjadi karena adanya perbedaan status sosial dan startifikasi sosial yang sangat mencolok. Dimana hal tersebut menjadi ancaman ketimpangan sosial dalam masyarakat yang akan berakumulasi dan bersinergi dengan berbagia persoalan masyarakat yang kompleks. Sehingga pada akhirnya hal tersebut akan mengganggu proses pembangunan terutama dalam pembangunan ekonomi.

C. Ketimpangan Sosial dalam Dunia Pendidikan
Menurut Randall Collins pendidikan formal adalah awal dari proses startifikasi sosial. Hal tersebut didukung dengan adanya pola perjalanan sekolah yang berbeda antara anak yang berasal dari kalangan bawah dengan anak yang berasal dari kalangan atas. Berikut faktor yang mempengaruhi ketimpangan sosial dalam dunia pendidikan.
1. Lingkungan sekolah yang kutrang berkualitas
2. Kurangnya kesempatan memperoleh pendidikan yang berkualitas
3. Kuaitas lulusan yang kurang memadai
4. Fasilitas pendidikan yang tidak sama

D. Menunjukan Rasa Empati terhadapa Ketimpangan Sosial
Dalam masyarakat yang sudah modern, ketimpangan sosial lebih cenderung tampak karena faktor persaingan dalam hidup yang sanagt besar terlibat dalam semua aspek kehidupan. Sehingga perlu masyarakat untuk memiliki sikap empati terhadap adanya ketimpangan sosial, dengan saling menghargai dan membantu satu sama lain.
E. Ketimpangan Sosial sebagai Akibat Perubahan Sosial di tengah Globalisasi
Ketimpangan sosial di bidang ekonomi
Globalisasi menjadi penyebab tumbuhnya perekonomian, didukung dengan adanya praktik kapitalis menyebabkan perbedaan yang kaya dan miskin sangat mencolok. Hal tersebutlah yang memunculkan adanya ketimpangan sosial.
Ketimpangan sosial di bidang politik
Adanya dominasi ekonomi negara maju terhadap negara berkembang meunculkan dominasi di bidang politik
Ketimpangan sosial di bidang
Globalisasi juga menjadi penyebab munculnya westerenisasi yang berakibat pada mengikisnya buadaya lokal.

Sumber:
Mulyadi.dkk.2014.Sosiologi SMA Kelas XII.Jakarta: Yudhistira.