Arti Pentingnya Pendidikan

ayo sekolahPendidikan adalah sebuah proses dimana manusia akan dibimbing untuk membentuk jati dirinya menjadi pribadi yang lebih baik, berilmu dan pintar. Dengan pendidikan seseorang akan mulai membangun kerangka kehidupannya, dimana lewat pendidikan seseorang akan dibimbing, diarahkan dan dibekali teori yang cukup bagaimana seharusnya dia menjalani kehidupan yang akan dijalaninya. Karena dalam kehidupan manusia mengemban tanggung jawab, target yang diharapkan dan juga hal-hal penting lainnya yang menyangkut tentang kehidupan yang akan dijalaninya. Pendidikan merupakan pondasi dimana seseorang akan diberi pembekalan dan  pengarahan untuk dapat mewujudkan semua target dan harapan yang dimilikinya.

Setiap orang membutuhkan pendidikan, baik untuk mereka yang telah dianugerahi kecerdasan maupun yang belum memiliki kecerdasan. Pendidikan akan menjadikan manusia tumbuh menjadi lebih baik, berwawasan, bijaksana dan mengenal arti serta tanggung jawabnya dalam mengarungi sebuah realita kehidupan yang semakin kompleks. Pendidikan sejatinya bukan hanya untuk mengajarkan manusia tentang suatu teori dan berpacu pada pembelajar dalam ruang lingkup instansi pendidikan formal yang meliputi SD/MI, SMP/MTS, SMA/MAN dan instansi pendidikan non formal seperti bimbingan belajar atau kursus. Namun sebuah pendidikan mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, karena sebuah pendidikan dapat di mulai dari hal-hal yang kecil dan hal-hal yang berada dalam kehidupan sehari-hari disekitar kita. Seperti contoh seorang ibu yang menyuruh anaknya untuk membuangn sampah pada tempatnya. Dari hal kecil tersebut secara tidak langsung sang ibu telah mengajarkan tentang pendidikan untuk menjaga lingkungan dengan membuang smpah pada tempatnya. Bukankah untuk mengerjakan suatu hal kecil saja kita membutuhkan teori, apalagi untuk mendapatkan sesuatu yang besar. Dengan pendidikan, maka semuanya akan menjadi realistis dan sangat mungkin untuk dapat diwujudkan sehingga pendidikan memberikan sekian banyak dampak positif terhadap perjalanan kehidupan manusia sehingga semua orang membutuhkan pendidikan. Namun ada anggapan mengenai banyak orang sukses tanpa berbekal latar belakang pendidikan tinggi. Apakah itu benar ? Ya, hal tersebut memang benar, tetapi seseorang dengan berbekal pada ilmu akan membuatnya menjadi lebih mudah memahami situasi karena dengan ilmu seseorang  lebih mengerti bagaimana cara mengejar  impiannya dengan cara menerapkan ilmu-ilmu yang telah dimilikinya.

            Lantas bagaimana keadaan pendidikan di Indonesia ? menurut saya sendiri, kata yang tepat untuk menggambarkan keadaan pendidikan di Indonesia adalah “MAHAL” bagaimana tidak, semakin tinggi tingkat pendidikan semakin mahal pula biaya yang perlu dikeluarkan untuk membiayai pendidikan itu sendiri, belum lagi sarana dan prasarana yang telah disediakan pemerintah pada setiap sekolah-sekolah diseluruh penjuru Indonesia yang belum merata, hal itu bisa dilihat dengan perbedaan antara sekolah di daerah perkotaan dengan sekolah dipedesaan. Bagaimana menurut kalian ? kalian bisa menilainya sendiri. Oleh karena itu, siapapun anda tidak ada yang tidak membutuhkan pendidikan. Semuanya dimulai dari awal, karena memang demikianlah proses kehidupan, dan pendidikan akan mempermudah jalan hidup seseorang dan atas dengan izin yang maha kuasa.

2 comments

  1. artikelnya menambah wawasan tentang pendidikan,lanjutkan!

    1. siap laksanankan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: