Makanan Organik Terbukti Kurangi Risiko Kanker

Makanan Organik Terbukti Kurangi Risiko Kanker

Bahan makanan berlabel organik sudah lama diklaim baik untuk kesehatan. Penelitian terkini baru saja membuktikan makanan organik itu dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Studi yang dipublikasikan di JAMA Internal Medicine itu menunjukkan, semakin sering mengonsumsi makanan organik, risiko kanker akan semakin rendah.

Lihat juga: Kenali Jenis Kanker Yang Menyerang Anak

Secara khusus, orang yang mengonsumsi makanan organik lebih mungkin terhindar dari kanker limfoma non-Hodgkin dan kanker payudara pascamenopause daripada yang jarang atau tidak terbiasa dengan makanan jenis itu.

Hasil ini didapat setelah peneliti menganalisis diet yang dijalani oleh 68.946 orang dewasa di Prancis. Mereka dibagi dalam empat kelompok berdasarkan seberapa sering mereka mengonsumsi 16 jenis makanan organik seperti buah-buahan, sayuran, daging, ikan, makanan siap saji, minyak sayur, bumbu, dan suplemen makanan.

Bahan makanan organik merupakan pangan yang diproduksi menggunakan metode pertanian organik. Metode ini membatasi atau bahkan sama sekali tidak menggunakan bahan kimia.

Lihat juga: Orang Berbadan Tinggi Lebih Berisiko Terserang Kanker

Peneliti menganalisis para peserta selama 4,5 tahun. Selama masa itu, terdapat 1.340 kasus kanker yang ditemui dengan mayoritas 459 kanker payudara, 180 kanker prostat, 135 kanker kulit, 99 kanker usus, dan 47 kanker limfoma non-Hodgkin.

Para peneliti menemukan mereka yang mengonsumsi makanan organik memiliki risiko 25 persen lebih kecil terkena kanker. Secara khusus, berisiko 73 persen lebih rendah terkena limfoma non-Hodgkin dan 21 persen lebih rendah terkena kanker payudara pascamenopause.

Penurunan risiko kanker ini berlaku pula untuk partisipan yang mengonsumsi makanan organik berkualitas rendah hingga menengah.

“Mempromosikan konsumsi makanan organik pada masyarakat dapat menjadi strategi pencegahan yang menjanjikan untuk melawan kanker,” tulis kesimpulan penelitian yang dipimpin oleh ahli epidemiologi Julia Baudry, dikutip dari CNN.

Lihat juga: Ilmuwan Sebut Alien Kemungkinan Berwarna Ungu

Hasil penelitian ini mendukung studi sebelumnya dari International Agency for Research in Cancer. Penelitian itu menemukan bahwa pestisida atau bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi bahan pangan merupakan penyebab kanker pada manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.