Studi: Risiko Serangan Jantung Meningkat Saat Cuaca Dingin

Studi: Risiko Serangan Jantung Meningkat Saat Cuaca Dingin

Serangan jantung kini masuk dalam daftar penyakit yang dipengaruhi oleh cuaca. Penelitian terbaru menunjukkan risiko penyakit jantung meningkat saat cuaca semakin dingin.

Studi yang baru dipublikasikan di JAMA Cardiology ini menganalisis data kejadian serangan jantung dengan cuaca suatu negara. Data suhu udara itu didapat dari berbagai pusat cuaca di beberapa negara.

Lihat juga: Kenali Gejala Awal Prediabetes untuk Cegah Diabetes

“Temuan utamanya adalah ada peningkatan serangan jantung saat suhu rendah, angin kencang, durasi sinar matahari rendah, dan tekanan atmosfer rendah,” kata salah satu peneliti dari Lund University, Swedia, David Erlinge.

Peneliti menemukan risiko serangan jantung yang lebih tinggi pada hari dengan suhu udara di bawah nol derajat Celcius. Tingkat serangan jantung pun menurun seiring kenaikan suhu udara.

“Ketika suhu menurun dari 20 derajat hingga nol derajat Celcius, risiko serangan jantung meningkat 14 persen,” ucap Erlinge.

Peneliti juga mendapati penurunan risiko serangan jantung sebanyak 2,8 persen setiap kenaikan suhu udara sebesar 7,4 derajat Celcius.

Lihat juga: Orang Berbadan Tinggi Lebih Berisiko Terserang Kanker

Studi ini dianggap sebagai penelitian terbesar lantaran menggunakan data lebih dari 274 ribu pasien.

“Ini adalah penelitian terbesar yang memberi informasi umum tentang hubungan antara suhu udara yang lebih rendah dan risiko serangan jantung yang lebih tinggi,” kata Presiden American Heart Association, Ivor Benjamin yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Agar terhindar dari serangan jantung saat cuaca dingin, Benjamin menyarankan untuk tetap berada di dalam ruangan yang hangat dan mengurangi aktivitas fisik yang memicu serangan mendadak itu.

Lihat juga: Penyebab dan Cara Alami Mengobati Asam Urat

Selain serangan jantung, risiko penyakit gangguan afektif musiman dan nyeri sendi juga meningkat saat cuaca dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.