MENGENAI GEJALA SOSIAL DALAM MASYARAKAT

Konsep dasar yang sudah dipelajari pertemuan kemarin dapat membantu mengenali gejala-gejala sosial yang terjadi dalam kehidupan suatu masyarakat. Gejala-gejala sosial tersebut ada yang dianggap wajar, adapula yang dianggap tidak wajar. Namun, ada pula gejala yang dianggap wajar tersebut adakalanya berlangsung secara tidak normal atau tidak dikehendaki. Misalnya perubahan sosial dan budaya akan selalu terjadi seiring dengan perubahan zaman yang semakin maju, namun perubahan sosial seringkali diiringi oleh perubahan perilaku anggota masyarakat yang cenderung melanggar nilai dan norma sehingga menimbulkan gejala sosial yang negatif seperti kriminalitas, penyimpangan perilaku, dan lain sebagainya

PENGERTIAN MASALAH SOSIAL

Istilah dari masalah sosial ada dua kata, yaitu masalah dan sosial. Kata “ sosial “ mengacu kepada masyarakat, hubungan sosial, struktur sosial dan organisasi sosial. Sedangkan kata “ masalah “ mengacu pada kondisi, situasi atau perilaku yang tidak diinginkan, bertentangan, aneh, tidak benar dan sulit.

Menurut Soerjono Soekanto mengatakan bahwa masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur- unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

  MASALAH SOSIAL DALAM PERSPEKTIF TEORI FUNGSIONAL, KONFLIK DAN INTERAKSI SIMBOLIS.

Teori Tokoh Fokus Pandangan
Teori fungsionalisme ·         Emile Durkheim

·         Talcott Parsons

·         Robert Mertons

Ancaman terhadap tatanan sosial Masalah sosial muncul dari kegagalan institusi sosial, kelompok dan bagian lain dari masyarakat untuk menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya.
Teori Konflik ·         Karl Marx

·         Ralf Dahrendorf

Kontribusi pada konflik sosial Masalah sosial muncul dari eksploitasi kelompok yang kuat terhadap kelompok yang lemah.
Teori interaksi simbolis ·         George H. Mead

·         Carless Cooley

·         Erwing Goffman

Interaksi negatif antar individu Masalah masalah sosial muncul karena pergaulan dengan pelanggar hokum dan pelabelan karakter yang buruk.

 

  1. RAGAM GEJALA SOSIAL
  2. Penurunan kualitas moral (demoralisasi
  3. Terorisme
  4. Disorganisasi keluarga
  5. Kemiskinan
  6. Kenakalan remaja (delinkuensi)
  7. Perilaku menyimpang
  8. Keberagaman kelompok sosial dan budaya
  9. Kesenjangan sosial ekonomi sebagai masalah sosial
  10. kriminalitas

PENGGUNAAN KONSEP DASAR SOSIOLOGI DALAM MENGANALISIS GEJALA SOSIAL

Sosiologi sangat berperan dalam membantu peneliti untuk menganalisis berbagai gejala sosial dalam masyarakat. Analisis tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan konsep-konsep dasar sosiologi yang telah kita pelajari sebelumnya. Misalnya, untuk menganalisis gejala sosial yang menyangkut masalah kenakalan remaja seperti tawuran, maka konsep dasar sosiologi yang digunakan untuk menelaah masalah tersebut  antara lain pola interaksi sosial sosial di kalangan remaja tersebut, solidaritas kelompok sosialnya, kebudayaan yang dianut, hingga perubahan sosial di sekitar remaja tersebut.

Sumber :

maryati, kun dan juju suryaati. 2014. Sosiologi ( kelompok peminatan ilmu- ilmu sosial ). Jakarta: Erlangga.