2 hal yang harus diingat-ingat dan dilupakan

ada 2 hal yang harus diingat-ingat dan 2 hal yang harus dilupakan di dunia ini.
2 hal yang harus diingat yaitu :
  1. ingatlah kebaikan orang lain. dengan ini jika kita ingin membenci seseorang maka kita akan berfikir terlebih dahulu apakah kita pantas membalas semua kebaikannya dengan sebuah rasa benci yang hanya akan meracuni hati dan fikiran kita sendiri. jika kita menginat-ingat semua kebaikannya maka rasa benci itu akan kalah dan dengan sendirinya akan hilang.
  2. ingatlah keburukan diri sendiri. jika kita tahu kesalahan kita sendiri maka kita tidak akan mudah untuk menyalahkan orang lain dan jika kita tahu kesalahan kita maka bisa memperbaikinya dan berusaha menjadi lebih baik.
2 hal yang harus dilupakan yaitu :
  1. lupakanlah keburukan orang lain. allah memberikan sifat lupa pada manusia adalah untuk melupakan kesalahan sesamanya. dengan melupakan kesalahan orang dan mencoba untuk memaafkannya hati kita akan terasa tenang. berbeda dengan orang hatinya dipenuhi kebencian hatinya akan selalu gelisah bila bertemu dengan orang yang dibenci.
  2. lupakanlah kebaikan diri sendiri. jika kita mengingat seberapa banyak kebaikan kita kepada orang lain itu bisa menjadikan kita sombong.

Published by

Siti Jami'atun

Nama : Siti Jami'atun TTL : Grobogan, 20 September 1996 NIM : 4101415067 Prodi : Pendidikan Matematika Jurusan : Matematika Fakultas : MIPA Unnes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: