Internet di Jakarta lebih Cepat Dibandingkan Kuala Lumpur, Bagaimana dengan di Papua?

Dalam beberapa tahun terakhir, kecepatan internet di tanah air terus mendapatkan sorotan. Terlebih dalam laporan Akamai di awal tahun 2015 lalu, Indonesia menempati posisi ke 122 dengan kecepatan rata-rata sebesar 1,9Mbps. Namun kalau ditilik secara mendetail, Indonesia tidak kalah lho kalau dibandingkan secara parsial dengan negara lain.

kecepatan intenret

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan kalau kecepatan internet di Jakarta lebih tinggi jika dibandingkan dengan ibukota negara tetangga seperti Bangkok, New Delhi ataupun Kuala Lumpur. Seperti dikutip dari Kompas Tekno, Rudiantara mengatakan kalau kecepatan unduh di Bangkok, New Delhi dan Kuala Lumpur masing-masing adalah sebesar 2,33Mbps, 1,89 Mbps dan 5,87Mbps. Sementara kecepatan unduh di Jakarta bisa mencapai angka 6,9Mbps.

Sayangnya, masalah pemerataan infrastruktur menjadi problem tersendiri di Indonesia. Secara keseluruhan, kecepatan unduh rata-rata di Indonesia mencapai angka 5,46Mbps. Dan yang paling membutuhkan perhatian lebih tak lain adalah wilayah Indonesia bagian timur. Rudiantara mengatakan kalau para pengguna internet di Papua dan Maluku hanya bisa menikmati internet dengan kecepatan pengunduhan berkisar antara 200 hingga 300Kbps. Data terkait kecepatan rata-rata internet Indonesia ini pun didapatkan dari laporan Open Signal.

Pemerintah pun tentunya sudah mengerti betul terkait permasalahan yang satu ini. Dan untuk mengatasinya, telah diadakan program Palapa Ring yang berusaha untuk menghadirkan akses internet cepat ke berbagai pelosok tanah air dengan menggunakan kabel optik bawah laut. Jika program ini berjalan dengan baik, maka kecepatan internet di wilayah-wilayah terpencil pun bakal mengalami peningkatan.

sumber : https://www.beritateknologi.com/internet-di-jakarta-lebih-cepat-dibandingkan-kuala-lumpur-bagaimana-dengan-di-papua/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: