Social Sciences

we learn about you and we share it to you

Archive for Desember 9th, 2015

Materi Sosiologi Kelas XI Bab 5 : Integrasi dan Reintegrasi Sosial Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Konflik dan Kekerasan

Indonesia dengan keanekaragam budayanya memiliki banyak unsure-unsur yang berbeda. Unsure yang berbeda tersebut dapat meliputi ras, etnis, kedudukan social, agama, bahasa, kebiasaan, system nilai, dan norma. Setiap unsure yang berbeda inimengalami penyesuaian saling bersatu dan berdampingan agar masyarakat dapat hidup dengan nyaman. Proses penyesuaian unsure-unsur yang berbeda dalam masyarakat ini disebut dengan integrasi social. Menurut kamus besar bahasa Indonesia integrasi sosial adalah pembaruan sesuatu yang tertentu sehingga menjadi kesatuan yang utuh.

integrasi Read more…

posted by Maharani Elma in Sosiologi SMA and have No Comments

Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3 : Perbedaan, Kesetaraan dan Harmoni Sosial

kesetaraan

Indonesia terkenal sebagai Negara kepulauan yang memiliki banyak keragaman budaya. Salah satu dari keragaman yang dimiliki Indonesia adalah keragaman dalam sukubangsanya. Dengan sukubangsa yang beragam ini, maka masyarakat di Indonesia memiliki perbedaan dalam tingkah laku dan budayanya. Perbedaan baik tingkah laku maupun aktivitas merupakan wujud ketidaksamaan sosial. Ketidaksamaan sosial yang terdapat di masyarakat dapat dikaji menjadi dua bagian yaitu:
1. Ketidaksamaan sosial horizontal aadalah perbedaan antarindividu atau kelompok yang tidak menunjukan adanya tingkatan lebih tinggi atau lebih rendah. Ketidaksamaan sosial horizontal disebut juga dengan differensiasi sosial.
Read more…

posted by Maharani Elma in Sosiologi SMA and have No Comments
Lewat ke baris perkakas