Gara-gara Gadget

gambar: bali.tribunnews.com

gambar: bali.tribunnews.com

“No one is not have Gadget”

Kemajuan zaman sudah tak bisa dihindari bahkan dicegah lagi. Di era Globalisasi ini, acap kali didengar dan diucap akan istilah gadget. Sebuah perkembangan teknologi yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia dan seakan menjadi kebutuhan pokok dalam kesehariannya.

Seberapa pentingkah dan seberapa besarkah pengaruh gadget dalam kehidupan manusia?

Gadget adalah sebuah istilah dari bahasa inggris yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Merupakan sebuah inovasi teknologi yang selalu memiliki kebaruan. Oleh karenanya, gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis dan efisien.
Keberadaan gadget sendiri tentulah memberikan banyak manfaat, diantaranya :
1. Mempermudah komunikasi
Adanya gadget, jarak ribuan mill tak lagi menjadi penghalang dalam berkomunikasi. Dengan memanfaatkan fitur komunikasi canggih seperti telefon, sms, video call, facebook, whatsapp, bbm, twitter, yahoo messenger dan lainnya, seseorang mudah saja dalam menyampaikan dan menerima pesan.
2. Sumber informasi
Informasi ataupun berita yang up to date bisa diakses melalui gadget ini. Fitur internet yang mendukung dan menunjang proses informasi bisa diakses oleh siapa saja dan dimana saja misalnya, mengakses lokasi dengan google maps, mengakses informasi tiket pesawat di traveloka, ataupun mengetahui informasi berita dan cuaca .
3. Memperluas wawasan
Dengan komunikasi yang lancar dan informasi yang mudah di dapat tentunya akan menambah wawasan sesorang. Misalnya bagaimana mendidik anak dengan baik, bagaimana pendidikan Indonesia, bagaimana pengaruh globalisasi dan hal lainnya.
4. Media Hiburan
Tidak hanya sebagai media komunikasi dan informasi, gadget juga sebagai media hiburan. Fitur hiburan seperti games, music, video dll memberikan daya tarik tersendiri untuk dimiliki. Tak heran anak usia kanak-kanak pun kini sudah memiliki gadget.
5. Manfaat lainnya
Tidak bisa didefinisikan satu per satu akan manfaat gadget karena memang adanya gadget ini memberikan warna tersendiri dalam kehidupan manusia. Selain keempat diatas, gadget juga bisa dijadikan sebagai media berbisnis, media promosi, media dakwah dan lain sebagainya.
Disamping peranannya yang multifungsi dan banyaknya manfaat bagi penggunanya, bnyak juga dampak negatif yang diberikan oleh teknologi canggih ini seperti:
1. Dampak psikologis
Dibalik canggihnya teknologi ini, ternyata radiasi yang ditimbulkan dari penggunaan gadget ini dapat mengganggu jaringan syaraf yang ada pada otak. Selain itu gadget juga memberikan efek ketagihan, fitur-fitur canggih yang disajikan membuat seseorang terhanyut dalam suasananya. Hingga terkadang seseorang akan kelelahan karena lamanya duduk sampai matanya berair dan terasa perih. Terkadang juga keasikan seseorang memainkan gadget ini, ia mengabaikan kewajiban dan pekerjaannya hingga menjadi terbang kalai.
2. Dampak sosial
Generasi muda menjadi generasi yang asosial, mengapa? Karena seorang anak yang dikonsumsi gadget sejak dini, ada keasikan dan kenyamanan saat bermain dengan gadget pribadinya sampai mereka merasa telah menemukan dunianya sendiri. Hal ini menjadikan mereka sulit untuk bersosialisasi, terbukti ketika seseorang meluapkan perasaan negatifnya nya di sosial media seperti marah, ng-judge, mencaci dan lain sebaginya. Ini disebabkan karena kurangnya kepercayaan terhadap orang lain untuk bercerita terlebih kepada orang tuanya.
Kecanduan seseorang terhadap gadget juga menampilkan sisi individualistik, bagaimana tidak? Contoh saja dalam kehidupan kampus, ketika menanti dosen masuk ruangan, tidak sedikit mahasiswa asik dengan gadgetnya masing-masing dan mengabaikan kelakuan teman disampingnya. Kemudian ketika dosen berceramah, kadang-kadang mencuri waktu memainkan gadget bukan untuk membuka referensi belajar melainkan untuk membuka akun social media. Lalu ketika keluar ruangan, masih dengan gadgetnya, walaupun ngumpul sama teman-teman tapi tetap perhatian utamanya adalah gadget. Banar apa benar?
3. Dampak lingkungan
Keberadaan gadget sering disalahgunakan dalam pemakaiannya. To the point saja, adanya gadget ini meningkatkan penyebaran perilaku negative seperti penipuan, pornografi, dan hal lainnya apabila menyalahfungsikan fitur-fitur yang disajikan dalam gadget tersebut. Menghindari hal tersebut, rasa tanggung jawab sangatlah penting dalam penggunaan gadget.
4. Dampak ekonomi
Semakin canggihnya teknologi dan semakin banyaknya pembaharuan-pembaharuan dari gadget justru mengundang sikap pamer dan konsumerisme bagi penggunanya. Seseorang cenderung melupakan fungsi utama dari sebuah gadget. Yang terjadi, tiap-tiap orang berlomba-lomba memiliki gadget ber-merk dan tercanggih. Tak heran tiap orang memiliki lebih dari satu gadget.
Dari poin-poin diatas mungkin masih banyak manfaat-manfaat lain ataupun dampak-dampak lain dari keberadaan gadget di era modern ini. Maka dari itu fungsikanlah gadget sebagaimana fungsinya karena memang gadget ini lahir di zaman yang benar-benar modern dan diterima begitu saja. Gara-gara gadget manfaat itu ada dan gara-gara gadget pula dampak itu ada.
Hal yang baik, jika dimanfaatkan dengan baik, maka akan baik pula keberadaannya.

materi: Kompasiana.com

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:


Skip to toolbar