Tugas MK Menulis Karya Ilmiah : Bagian Pendahuluan Skripsi

KOMPETENSI DASAR

Mampu menjelaskan dan mempraktikkan teknik penulisan bagian pendahuluan skripsi.

INDIKATOR

Mampu menyebutkan dan menjelaskan isi bagian-bagian yang termasuk dalam pendahuluan skripsi dan mempraktikkan teknik penulisannya.

Materi

Latar Belakang Masalah

Yang diuraikan di bagian ini adalah ketemalaran/alasan mengapa topik yang dinyatakan pada judul karya tulis itu diteliti. Untuk menerangkan ketemalaran tersebut, perlu dijelaskan lebih dulu pengertian topik yang diteliti. Baru kemudian diterangkan argumen yang melatarbelakangi pemilihan topik itu dilihat dan posisi substansi topik-topik itu dalam keseluruhan sistem yang melingkupi substansi topik itu. Untuk inilah aspek-aspek topik/judul diterangkan lebih dulu dan diterangkan kaitannya dalam sistem. Dan kait-mengait aspek-aspek topik itu akan tampak adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan atau antara teori dan praktek sehingga ada ketemalaran topik itu dipilih untuk diteliti.

Uraian tentang aspek-aspek itu nantinya akan menjadi bahan penyusunan identifikasi masalah, yaitu proses perumusan identitas masalah yang diteliti. Identifikasi masalah ini bisa ditulis menyatu dengan uraian tentang latar belakang masalah, bisa juga ditaruh di bawah judul tersendiri (Identifikasi Masalah). Yang penting identifikasi masalah itu ada di pendahuluan agar timbulnya masalah tidak tiba-tiba, tetapi melalui hubungan logis antara aspek-aspek topik.

Argumen pemilihan topik juga didasarkan kepada kajian pustaka, apakah topik itu sudah pernah diteliti atau belum. Jika belum, kuatlah argumen untuk meneliti topik itu. Jika sudah, harus dikaji apakah masih ada peluang untuk menelitinya kembali. Peluang itu masih ada mungkin karena aspek lain dan topik itu belum diteliti, mungkin karena temuan-temuannya tak meyakinkan, atau karena peneliti akan menggunakan teori atau metode penelitian yang berbeda sehingga diharapkan hasil penelitiannya akan berbeda.

 

Rumusan Masalah

Rumusan masalah adalah rumusan persoalan yang harus dipecahkan atau pertanyaan yang harus dijawab dengan penelitian. Rumusan itu tidak harus dalam bentuk kalimat Tanya, tetapi hendaklah mengandung kata-kata yang menyatakan persoalan atau pertanyaan, yaitu apakah, apa, siapa, berapa, seberapa, sejauh mana, bagaimana (cara atau wujud/keadaan objek), di mana, dan mana, mengapa, dan sebagainya.

Rumusan masalah harus diturunkan dan topik, tidak boleh keluar dan lingkup topik. Maka rumusan masalah hendaklah mencakupi semua variabel yang tergambarkan dalam rumusan topik. Kalau ada variabel umum dan khusus, hendaklah dirumuskan masalah pokok beserta sub-submasalahnya. Jadi. rumusan masalah harus terinci dan terurai dengan jelas agar dapat dipecahkan dan dicarikan datanya untuk pemecahannya.

Jika rumusan masalah sudah terinci dan terurai dengan jelas, tidak perlu ada judul tersendiri tentang cakupan masalah karena tambahan uraian dengan judul ini hanya akan mengulangi rincian dan uraian sub-submasalah dalam rumusan masalah.

Begitu pula tidak selalu perlu adanya judul Pembatasan Masalah dalam bab Pendahuluan. Pembatasan masalah hanya diperlukan kalau masalah yang bisa diteliti banyak dan yang akan diteliti dibatasi pada masalah tertentu.

 

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian mengungkapkan apa yang ingin dicapai dalam penelitian. Rumusannya sejajar dengan rumusan masalah. Misalnya, jika rumusan masalahnya bagaimana sistem morfologi nomina bahasa Jawa, rumusan tujuannya ialah mendeskripsikan sistem morfologi bahasa Jawa (karena yang ditanyakan adalah wujud). Jika rumusan masahnya apakah pendiskusian topik karangan dalam proses belajar mengajar mengarang berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengarang, rumusan tujuannya ialah menentukan signifikan tidaknya pengaruh pendiskusian topik karangan dalam proses belajar mengajar mengarang terhadap kemampuan mengarang.

 

Manfaat Hasil Penelitian

Untuk memperkuat argumen perlunya topik itu diteliti, perlu ditunjukkan manfaat hasil penelitian, baik manfaat dan segi pengembangan ilmu pengetahuan, maupun dan segi keperluan praktis.

 

Sumber:  Prof. Dr. B. Karno Ekowardono

 

TUGAS

  1. Unduhlah media perkuliahan di sini
  2. Kumpulkan tugas sesuai jadwal kuliah pada komting (dalam bentuk file)
  3. Komting mengirim file tugas ke surel [email protected] / [email protected]

About Meina Febriani

Meina Febriani adalah seorang tenaga pengajar di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Semarang.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: