RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
METODE PENELITIAN SOSIAL
- Identitas
- Nama Sekolah : SMAN 9 BEKASI
- Mata Pelajaran : Sosiologi
- Kelas/Program/Semseter : X (sepuluh)/IIS/2
- Materi Pokok : Metode Penelitian Kualitatif
- Alokasi Waku : 3 x 45
- KKM :75 (tujuh puluh lima)
- Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan peilaku (jujur, disipin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kejasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi s ecara efektif dengan lingkungan sosial dan aam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan penetahuan faktual, konseptual, posedural dalam ilmu pegetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaaan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang sepesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah ilmu.
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
1.1 Memperdalaam ajaran agama sesuai dengan
ajaran yang dianutnya. |
1.1.1 Mampu memperdalam nilai agama yang
dianutnya dan menghormati agama lain melalui metode penelitian kualitatif |
2.1 Menumbuhkan kesadrana individu untuk
memiliki tanggungjawab publik dalam ranah perbedaan sosial.
|
2.1.1 Mampu mensyukuri kebeadaan diri dan
keberagaman sosial melalui metode penelitian kulitatif |
3.1 Memahami secara sosiologis materi tentang
metode penelitian kualitatif. |
3.1.1. Mampu mendefinisikan pengertian
metode penelitian kualitatif secara tepat 3.1.2 Mampu mengidentifkasi ciri-ciri metode penelitian kualitatif minmal 3 dengan tepat. 3.1.3 Mampu mengidentifikasikan hal-hal yang harus diketahui dalam metode penelitian kualitatif minimal 3 dengan tepat. 3.1.4 Mampu mengidentifikasi macam-macam metode kualitatif minimal 3 dengan tepat.
|
4.1 Menyusun laporan penilitan sesuai yang
diajarkan. |
4.1.1 Mampu menyusun laporan penelitian
tentang metode penelitian kualitatif yang terdapat pada masyarakat dengan benar.
|
- Tujuan Pembelajaran
Memalui peroses pencarian informasi, menanya, mengasosiasikan, mengomunikasikan an mendiskusiakan peserta didik dapat:
- Setelah mengamati artikel metode penelitian kualitatif dalam masyarakat peserta ddidik dapat mendefinisikan pengertian metode penelitian kualitatif dengan tepat
- Setelah mengamati artikel metode penelitian kualitatif dalam masyarakat peserta ddidik dapat mengidentifkasi ciri-ciri metode penelitian kualitatif minmal 3 dengan tepat.
- Setelah mengamati artikel metode penelitian kualitatif dalam masyarakat peserta ddidik dapat mengidentifikasikan hal-hal yang harus diketahui dalam metode penelitian kualitatif minimal 3 dengan tepat.
- Setelah mengamati artikel metode penelitian kualitatif dalam masyarakat peserta ddidik dapat mengidentifikasi macam-macam metode penelitian kualitatif minimal 3 dengan tepat.
- Materi Pembelajaran
- Definisi metode penelitian kualitatif
- Ciri-ciri metode penelitian kualitatif
- Hal-hal yang harus diketahui dalam metode penelitian kualitatif
- Macam-macam metode penelitian kualitatif
- Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Saintifik
- Strategi : Discovery Learning
- Metode Pembelajaran : Study Literatur, ceramah, diskusi, prsentasi, penugaan
- Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
- Media : Artikel mengenai metode penelitian kualitatif tentang
- Alat/Bahan : Papan Tulis dan LCD
- Sumber Pembelajaran : Buku Sosiologi kelas X dan referensi lain yang relevan
- Kegiatan Pembelajaran (Discovery Learning)
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Orientasi :
Memusatkan perhatian peserta didik dalam metode penelitian kuliatif
Apersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan stanar kompetensi, kompetensi dasar, serta indikator yang haus dicapai dalam proses pembelajaran
Motivasi : Guru memberikan gambaran manfaat metode penelitian kualitatif
Pemberian Acuan : Ø Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari, yaitu mengenai metode kualitatif Ø Acuan dapat berupa penjelasan materi pokok jenis-jenis dan uraian materi pembelajaran secara garis besar Ø Penjeasan mekanisme pelakanaan pengalamaan belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran)
|
15 menit |
Inti | Stimulation (stimullasi/Pemberian rangsangan)
Ø Disajikan artikel tentang metode kualitatif. Ø Peserta didik melaksanakan pengamatan dan mencoba menggali pertanyaan berhubungan dengan stimulus yang disajikan guru. Ø Guru menilai keterampilan peserta didik dalam mengamati dan menggali pertanyaan mengenai artikel yang disajikan
Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah) Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya setelah mereka mengamati artikel Contoh pertanyaan: Ø Metode apa yang digunakan untuk mengkaji artikel yang disajikan? Ø Apakah metode penelitian harus digunakan ketika akan melaksanakan penelitian?
Data collection (pengumpulan data) Peserta didik mencari berbagai informasi melalui kerja kelompok untuk mengumpulkan informasi. Data -data yang dibahas tentang: Ø Metode yang digunakan Ø Ciri-ciri metode kualitatif Ø Hal yang harus diperhatikan dalam metode kualitatif Ø Macam-macam metode kualiatif yang digunakan dalam mengkaji
Data processing (pengolahan Data) Data-data yang diperoleh dari pengumpulan informasi diatas, dihubung-hubugkan sehingga memperoleh kesimpulan sebagai berikut: Ø Mengidentifikasi metode yang digunakan Ø Menyebutkan ciri-ciri metode kualitatif Ø Mengidentifikasi hal-hal yang harus diperhatikan dalam metode kualitatif Ø Mengidentifikasi macam-macam metode kualitatif Verification (pembuktian) Membuat laporan secara tertulis dan melaporkan hasilnya pada diskusi kelas. Dalam laporan ini secara terbuka menerima masukan-masukan penyempurnaan.
Generalization (menarik kesimpulan) Membuat penyempurnaan hasil kerja kelompok berdasarkan masukan dari kelompok lain .
|
105 menit |
Penutup | Ø Guru bersama peserta didik bersama-sama menyimpulkan materi mengenai metode kualitatif
Ø Guru bersama peserta didik menyimpulkan (generalisasi) berbagai metode kualitatif yang digunakan Ø Bersama peserta didik menympulkan ciri-ciri metode kualitatif Ø Guru memberi Pekerjaan Rumah
|
15 menit |
PENILAIAN
- Penilaian terhadap peserta didik dapat dilakukan selama berlangsungnya proses pembelajaran dan setelah pembelajaran melalui observasi guru. Dalam observasi ini misalnya dilihat dari aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik saat pembelajaran berlangsung, kemampuan menyampaikan pendapat, juga aspek kerjasama, dan tentunya ketepatan peseta didik pada saat menjawab pertanyaan dari guru. Adapun rubik penilaian yang digunakan adalah sebagai berikut.
RUBIK PENILAIAN ASPEK KINERJA DALAM DISKUSI
NO | ASPEK YANG DIUKUR | SKOR |
1 | Pola berpikir menyampaikan informasi runtut/teratur | |
2 | Saat bertanya ada kejelasan fokus/arah pertanyaan | |
3 | Pola berpikir saat memberikan argumentasi runtut/teratur | |
4 | Pola saat memberikan kritik runtut/teratur | |
5 | Kemampuan dalam berbicara (memberikan informasi, berpendapat, berargumentasi) lancar | |
6 | Bahasa yang dipakai (untuk menyampaikan informasi, kritikan ataupun argumentasi) baik/benar | |
JUMLAH SKOR |
Catatan: beri skor 3 jika sesuai kriteria yang ditetapkan
RUBIK PENILAIAN ASPEK SIKAP DALAM DISKUSI
NO | INDIKATOR | SKOR | |||
1 | Kehadiran di kelas | ||||
2 | Aktivitas di kelas | ||||
3 | Ketepatan waktu mengumpukan tugas | ||||
4 | Kerapian atau buku catatan | ||||
5 | Partisipasi kegiatan kelompok | ||||
JUMLAH SKOR |
Keterangan :
1 : Sangat kurang/sangat jarang
2 : Kurang/Jarang
3 : Cukup
4 : Baik/sepenuhnya
- Untuk mengukur pengetahuan peserta didik, guru dapat mengajukan beberapa petanyaan terkait materi :
- Apa definisi metode kualitatif?
- Apa saja ciri-ciri metode kualitatif?
- Apa saja hal yang harus diperhatiakan dalam metode kulitatif?
- Apa saja macam-macam metode kualitatif?
Cntoh rubik penilaian yang digunakan untk mengukur pengetahuan peserta didik adalah sebagai berikut :
NO | NAMA | ASPEK YANG DIUKUR | JUMLAH | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Dst. |
Keterangan :
Aspek 1 = pertanyaan mengungkapkan kemampuan berpikir
Aspek 2 = penjelasan lengkap dari jelas
Aspek 3 = argumen logis dan kuat
Aspek 4 = saran jelas dan lois
Aspek 5 = berbicara lancar
Aspek 6 = bahasa baik/benar
Bekasi, 7 Juli 2015
Mengetahui
Kepala SMAN 9 BEKASI Guru Mata Pelajaran Sosiologi
Totok Rochana Muhayar Abdul Fatah
NIP.16201311985031008 NIM. 3401413076
Recent Comments