tumblr_nsprdzGvky1uzy76to2_1280

Kuala Lumpur International Airport (KLIA)

Merupakan bandara Internasional utama Kuala Lumpur, Malaysia yang terletak di Sepang, negara bagian Selangor. Bandara ini merupakan pangkalan untuk Malaysia Airlines dan Air Asia, ngga heran pesawat yang sering terlihat itu. Kalau lihat desain KLIA dengan Soekarno Hatta lebih keren KLIA dan terlihat lalu lalang penumpang tertata lebih rapi.

Petronas

Twin Tower atau menara Petronas termasuk menara kembar tertinggi di dunia. Menara ini dirancang oleh Adamson Associates Architects, Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika Serikat. Bangunan ini selesai dibangun tahun 1998 dengan tinggi 452 m dan punya 88 lantai.

Bentuk lantai menara kembar ini berupa dua buah persegi yang berpotongan membentuk bintang berujung delapan dan pada tiap titik perpotongannya ditambahkan sepotong lingkaran. Desain Cesar Pelli ini menggunakan motif yang biasa digunakan dalam seni Islam karena budaya tersebut sudah menjadi ciri khas Malaysia.

Di antara kedua menara tersebut, dibangun sebuah jembatan (Skybridge atau Jejantas Udara) yang menghubungkan kedua menara pada lantai 41 dan 42. Jembatan ini dijadikan tempat tujuan wisata. Para turis bisa naik hingga ke lantai teratas. Tapi, kami ngga masuk karena waktu yang terbatas.

Menara kembar itu juga menyediakan tempat perbelanjaan, tepatnya di lantai bawah. Malam hari Twin Tower terlihat lebih gagah dengan pancaran sinar yang sangat terang. Siap menyambut wisatawan yang ingin foto sebagai background.

Putra Jaya

Putra Jaya adalah pusat administrasi Malaysia yang baru menggantikan posisi Kuala Lumpur. Didirikan pada 19 Oktober 1995. nama diambil dari nama Perdana Menteri Malaysia yang pertama, Tunku Abdul Rahman Putra. Masjidnyapun namanya masjid Putra. Wilayah Putrajaya sekarang ini diambil dari Selangor sebesar 46 km² setelah dilakukan transaksi dengan pemerintah. Selain itu, transaksi ini juga membuat Selangor memiliki 2 buah wilayah persekutuan dalam batas-batasnya yaitu Kuala Lumpur dan Putrajaya. Kota ini terhubung dengan Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) serta Kuala Lumpur dengan KLIA Transit. Waktu kami mengunjungi putra jaya malam hari dan sekadar sholat maghrib dan isya sehingga tidak begitu lama. Arsituktur dan penataan Putrajaya luar biasa dan kita bisa mengerti arti sebuah plan yang baik dan unik.