tumblr_nsps2ao31K1uzy76to1_1280

Plan pertama kami sebenrnya adalah Putrajaya, namun berhubung kondisi hujan deras dan sudah ditunggu pihak KBRI kami langsung menuju kantor KBRI. Di kantor KBRI kami disambut oleh Prof. Dr. Ari Purbayanto yang merupakan Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur, juga sebagi dosen aktif Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB. Beliau memotifasi kami dan menjelaskan tentang kondisi pendidikan yang ada di Malaysia. Hubungan antara Indonesia dan Malaysia menjadi kunci atas suksesnya Pendidikan bagi anak buruh migran yang ada di Malaysia, namun melihat kondisi sekarang pendidikan bagi anak buruh migran sangat minim. Perhatian dari pemerintah yang kurang maksimal, kurang sadarnya orang tua akan pendidikan, juga anak yang tidak mau untuk sekolah merupakan masalah pokok yang bisa kita jumpai.

Sekilas profil, Prof. Ari lulus S2 dan S3 dari Tokyo University of Fisheries, Japan pada bidang Marine Science and Technology. Prof. Ari menghasilkan beberapa inovasi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu inovasi teknologi tersebut adalah Mesin Pemisah Daging dan Tulang Ikan (SuritechTM). SuritechTM telah menjadi salah satu produk inovasi unggulan IPB dan telah digunakan secara meluas oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Dalam upaya pengembangan dan produksi massal mesin SuritechTM untuk komersialisasi, beliau telah menggagas pendirian sebuah perusahaan, yaitu PT.

Samudera Teknik Mandiri (The Innovative Technology Manufacturing) pada tahun 2009 dengan dukungan pendanaan inkubasi dan pengembangan bisnis dari RAMP Indonesia dan Lemelson Foundation USA. Posisi beliau dalam perusahaan saat ini sebagai Ketua Tim Ahli Pengembangan Mesin SuritechTM. Perusahaan ini menjadi satu-satunya perusahaan pengembang mesin SuritechTM untuk diproduksi secara massal memenuhi kebutuhan masyarakat sejak tahun 2010.

Pada saat ini produk mesin SuritechTM telah memasyarakat dan digunakan oleh masyarakat industri kecil hingga menengah dari Aceh sampai Papua. Penggunaan mesin SuritechTM telah meningkatkan efisiensi dalam proses produksi surimi yang memanfaatkan bahan baku jenis-jenis ikan ekonomis rendah. Berbagai media cetak maupun elektronik dan bahkan melalui berbagai forum seminar serta talk show telah banyak diekspose inovasi mesin SuritechTM dan success story para penggunanya.

Semoga, sukses Prof. Ari dapat kita ikuti bersama untuk memajukan Bangsa dan Negara. Inilah pembelajaran langsung yang dapat kita dapat.