Monitoring Perubahan Harga Pasar Menjelang Hari Raya Idul Fitri Pasar Gunungpati

Latar Belakang

Peningkatan permintaan dengan tidak diikuti peningkatan penawaran jumlah barang dipasaran disaat hari-hari besar khususnya menjelang hari raya idul fitri akan mengakibatkan harga barang kebutuhan pokok masyarakat menjadi lebih mahal dari harga sebelumnya dan kadang menyebabkan masyarakat merasa keberatan dengan harga-harga yang mendadak naik,sedangkan mereka tetap membutuhkan barang tersebut untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Sehingga terkadang masyarakat merubah menu makanan pokok mereka.

Rumusan Masalah

  • Harga apasajakah yang mengalami perubahan?
  • Seperti apakah perubahan harga pasar tersebut?
  • Apakah dampak terhadap masyarakat akibat perubahan harga menjelang hari raya idul fitri?
  1. Tujuan
  • Untuk mengetahui harga pasar sebelum dan sesudah menjelang hari raya idul fitri
  • Untuk mengetahui respon masyarakat akibat perubahan harga pasar tersebut

Pembahasan

  1. Harga barang meningkat

Menjelang hari raya idul fitri,banyak sekali pedagang yang menaikkan harga barang atau makanan yang dijualnya. Seorang pedagang mengaku bahwa peningkatan harga barang tersebut disebabkan oleh kebutuhan pedagang itu sendiri dalam menyambut hari raya idul fitri,selain itu pedagang juga mengatakan bahwa peningkatan harga barang tersebut disebabkan oleh kelangkaan barang yang didapat dari distributor.

Perubahan harga sebelum dan sesudah menjelang hari raya idul fitri :

No. Nama Barang Sebelum Sesudah
1. Beras 1kg    Rp.   8.000    Rp.   8.000
2. Bawang Merah Rp. 10.000 Rp. 16.000
3. Bawang Putih Rp. 10.000 Rp. 16.000
4. Telur 1kg Rp.15.000 Rp.17.000
5. Cabai Merah 1kg Rp. 20.000 Rp. 6.000
6. Tomat Rp.   9.000 Rp. 6.000

 

Selain terjadi peningkatan harga,ternyata juga terjadi penurunan harga, misalnya penurunan harga cabai merah yang pada mulanya mencapai Rp. 20.000/kg kini menjadi Rp.6.000/kg,hal tersebut terjadi akibat banyaknya pemasukan cabai merah ke pasar karena para petani cabai menghasilkan panen cabai yang banyak sehingga untuk menarik konsumen,para pedagang menurunkan harga cabai tersebut dan hal tersebut jelas menguntungkan bagi konsumen/pembeli.Meskipun terjadi peningkatan dan penurunan harga ,tetapi ada juga harga yang tidak berubah ,misalnya harga beras.

Peningkatan harga bahan makanan pokok terjadi terus-menerus hingga hari raya idul fitri,bahkan terkadang dapat meningkat dua kali lipat dari harga sebenarnya.

  1. Respon Masyarakat terhadap Perubahan Harga
  • Harga yang meningkat

Masyarakat pada umumnya mengeluhkan kenaikan harga tersebut,tetapi masyarakat juga tetap harus membeli barang atau bahan makanan pokok tersebut,sehingga banyak masyarakat yang menambah atau bahkan merubah profesinya ketika bulan ramadhan,yaitu sebagai pedagang makanan. Sehingga,mereka dapat menambah penghasilan tiap harinya. Namun disisi lain, ada pula masyarakat yang mengurangi bahan pokok untuk membuat makanan ataupun membeli bahan makanan yang dianggap murah dan terjangkau.

  • Harga yang menurun

Tentu saja masyarakat merasa senang dengan adanya penurunan harga,karena yang biasanya mereka harus membatasi jumlah barang yang mereka beli kini mereka dapat membeli dengan harga yang murah dan bahkan masyarakat dapat menjual kembali barang yang sudah mereka beli yang berjumlah banyak dengan harga yang murah tadi.Sehingga dengan harga yang menurun akan memberi keuntungan juga kepada masyarakat yang membelinya.

  1. Sebab terjadinya kenaikan harga
  • Produktifitas petani menurun
  • Kebutuhan masyarakat terus meningkat
  • Barang terbatas
  • Barang tersebut sulit untuk didapatkan
  • Kenaikan harga pupuk,sehingga hasil pertanianpun dijual lebih mahal
  1. Sebab terjadinya penurunan harga
  • Produktifitas petani meningkat
  • Kebutuhan masyarakat terus meningkat
  • Barang banyak dan mudah didapat
  • Meningkatnya hasil panen petani

 

 

 

 

Kesimpulan

Dengan adanya perubahan harga pasar,perubahan sosial budayapun terjadi. Misalnya,dengan meningkatnya harga pasar maka masyarakat lebih mengurangi dan selektif terhadap barang-barang yang akan dibelinya,bahkan mereka dapat berganti profesi untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka. Dengan harga yang meningkat,maka masyarakat cenderung akan menghemat,bahkan ada pula masyrakat yang pada mulanya suka berbagi dengan tetangga kini bisa jadi mereka lebih perhitungan ,sehingga dapat menimbulkan permasalahan. Sedangkan dengan adanya penurunan harga,maka masyarakat akan mendapat keuntungan dan juga mereka dapat menggunakan uang mereka untuk kebutuhan lain yang belum sempat terpenuhi. Dari perubahan-perubahan tersebut diharapkan masyarakat dapat menerima dengan lapang dada sehingga tidak menghambat kebutuhan ekonomi dan kebutuhan pokok mereka sendiri.

1 comments

  1. kalau bisa readmorenya diperbaiki lagi ya
    jadi tulisannya lebih banyak yg bisa d baca
    sekaligus artikelnya kurang daftar pustaka kaka

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: